• Fagetti

Ragam Marmer Warna Hitam Nan Misterius

Updated: Apr 4

Untuk Anda yang ingin tampil beda, misalnya lebih misterius tapi berkesan mewah, coba lirik marmer warna hitam. Jumlah marmer warna hitam tidak sebanyak marmer warna putih. Bahkan beberapa jenis di antaranya tergolong langka. Jadi selain bisa menghadirkan nuansa misterius, penggunaan marmer warna hitam bisa membuat bangunan Anda anti-mainstream dan lebih prestisius.


Faktor yang berperan penting untuk memberikan warna dominan pada marmer adalah kandungan aneka material. Untuk marmer hitam, setidaknya ada tiga kombinasi material di antaranya adalah senyawa grafit, bitumen, dan batu bara.


Bagi Anda yang tertarik menggunakan marmer hitam, mari simak jenis-jenisnya berikut ini.


Noir Saint Laurent


Sumber: Houzz.com

Marmer warna hitam pertama yang akan kita bahas adalah Noir Saint Laurent. Marmer ini berasal dari tambang di area selatan Perancis, tepatnya di Badarieux dan Beziers. Warna dasar hitam diiringi dengan corak khas marmer berwarna putih dan emas. Ciri utama dari marmer Noir Saint Laurent ini adalah perpaduan ukuran corak yang besar dan kecil.


Aplikasi marmer Noir Saint Laurent pada bangunan tergolong cukup umum, yakni pada permukaan yang berukuran besar. Di antaranya adalah pelapis dinding, countertop, lantai, cladding dinding eksterior, dinding kolam, serta back drop air mancur.


Nero Marquina


Marmer warna hitam Nero Marquina sering disebut juga dengan nama Black Marquina. Marmer ini berasal dari Spanyol. Lokasi tambangnya ada di bagian utara Spanyol, tepatnya di Markina, Basque Country. Negara Spanyol mungkin bukanlah negara penghasil marmer terbesar di dunia. Namun marmer Nero Marquina ini bisa dibilang sebagai salah satu marmer hitam yang memiliki nilai dan kualitas tinggi di dunia.


Baca juga: Cermati Efek Psikologi Pada Warna-Warna Marmer


Ciri khas dari Nero Marquina ini adalah warna dasar hitam yang amat pekat. Lalu corak marmernya berwarna putih bersih. Selain untuk menampilkan kesan misterius, marmer ini juga cocok untuk menghiasi rumah modern minimalis dan kontemporer. Nero Marquina paling sering diaplikasikan dengan finishing polished untuk menampilkan kilau dan kemewahannya.


Nero Dorato


Berikutnya ada marmer warna hitam yang berasal dari Tunisia. Marmer ini bernama Nero Dorato, terkadang dikenal juga dengan sebutan Sahara Noir. Lokasi tambang berada di area Zaghouan, di sebelah timur laut Tunisia.


Dibandingkan dengan marmer warna hitam lainnya, marmer Nero Dorato bisa dikatakan memiliki banyak variasi tampilan. Untuk warna dasarnya sendiri, ada pada kisaran abu-abu tua hingga hitam pekat. Begitu pula dengan coraknya. Ada yang berwarna putih, emas, dan cokelat. Hal ini dipengaruhi oleh rekristalisasi kalsit yang terkandung pada batu marmer tersebut. Coraknya juga memiliki pola linier unik. Baik itu yang sifatnya vertikal, horizontal, atau bahkan kombinasi dari keduanya.


Baca juga: Pesona Marmer Hitam yang Mewah dan Elegan


Karena coraknya memiliki pola linier, maka marmer ini tetap akan menawan meski diaplikasikan pada bidang yang kecil. Di antaranya seperti anak tangga, bingkai interior, lis pada pilar, atau karya mosaik.


Port Saint Laurent


Negara Maroko, Afrika Utara, juga tidak ketinggalan dengan hasil tambang marmer hitam. Jenis yang dimaksud adalah Port Saint Laurent. Marmer ini berasal dari tambang di wilayah Biougra dan Agadir. Meski terkenal dengan warna hitamnya, marmer Port Saint Laurent ini sebenarnya juga tersedia dalam aneka warna gelap lainnya. Salah satunya adalah cokelat tua yang citranya lebih ke klasik mewah.


Marmer warna hitam Port Saint Laurent memiliki corak dengan kombinasi warna putih dan emas. Saat tertimpa sinar matahari, warna corak tersebut tampak berkilau cantik. Tidak heran kalau marmer Port Saint Laurent lebih sering diaplikasikan untuk eksterior. Contohnya seperti aksen pada kolam renang, bench di taman, bahkan pelapis dinding pagar. Supaya tampilannya sempurna, pastikan untuk menggunakan finishing polished.


Fossil Black


Marmer Fossil Black berasal dari tambang marmer di area Erfoud, Maroko. Marmer ini memiliki kandungan fosil asli sehingga diberi nama demikian. Fosil yang biasanya ditemukan pada marmer Fossil Black adalah cangkang hewan laut, ammonites dan orthoceras. Warna coraknya sendiri adalah putih bersih.


Dengan kehadiran fosil di dalam marmer, nilai estetika dan historis sebuah bangunan pun akan bertambah. Fossil Black dengan tatanan fosil yang unik pun akan memiliki harga jual yang lebih tinggi. Marmer ini cocok untuk area interior dan eksterior bangunan. Begitu pula dengan finishing yang akan digunakan. Anda bisa memilih tipe polished, rockfaced, atau sandblasted. Sesuaikan saja dengan selera, kebutuhan, dan fisik Fossil Black yang digunakan.


Alexander Black


Selanjutnya ada marmer Alexander Black yang berasal dari tambang di Turki. Marmer ini memiliki warna dasar hitam pekat dengan corak yang tidak seperti marmer pada umumnya. Corak Alexander Black terdiri dari garis-garis yang tegas dengan beragam ketebalan. Corak ini berwarna putih bersih yang tampil kontras dengan warna dasarnya.


Tidak hanya itu, corak Alexander Black ada yang memenuhi hampir seluruh permukaan marmer. Ada pula yang hanya mengisi beberapa spot saja. Coraknya sendiri tidak memiliki cabang. Tampilan interior bangunan yang menggunakan Alexander Black akan terlihat misterius, kuat, dan disegani.


Black & Gold


Jenis marmer hitam yang terakhir ini bernama Black & Gold. Sesuai dengan namanya, marmer yang berasal dari Pegunungan Balochistan, Pakistan, memiliki warna dasar hitam dengan semburat corak warna emas. Sebenarnya, marmer ini ada juga yang coraknya berwarna putih. Namun seringkali kualitasnya kurang baik.


Baca juga: Aneka Jenis Marmer Hitam dari Berbagai Negara


Marmer Black & Gold memiliki corak emas yang agak gelap. Kriteria marmer ini tidak hanya menjadikan sebuah bangunan tampil misterius. Tapi juga ada kesan yang elegan dan menarik perhatian banyak orang secara effortless.


Dapatkan marmer hitam berkualitas di Indonesia


Setelah menyimak pembahasan tadi, Anda pasti jadi bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan marmer hitam di Indonesia. Pasalnya, marmer-marmer hitam tadi berasal dari luar negeri. Untung saja ada Fagetti, importir marmer yang sudah hadir sejak tahun 1986.

Sekedar informasi, Fagetti tidak hanya menyediakan marmer impor berwarna hitam saja. Tapi juga aneka marmer langka dan beragam jenis batu alam lainnya seperti onyx, travertine, sandstone, serta kuarsit.


Anda bisa menemukan marmer hitam pilihan dengan corak yang elegan. Interior dan eksterior bangunan akan terlihat anti maintsream dibandingkan milik bangunan lainnya. Fagetti juga melayani pemotongan dan pemasangan marmer menggunakan mesin canggih yang dioperasikan oleh tim profesional. Marmer yang Anda beli dilengkapi dengan garansi selama 3 tahun.


Tunggu apalagi, hadirkan kesan misterius dengan marmer warna hitam dan #CreateYourPerfection bersama Fagetti. Hubungi kami pada nomor WhatsApp 0811-8887-359 untuk jadwalkan janji temu konsultasi.

37 views0 comments