• Fagetti

6 Jenis Batu Alam yang Cocok untuk Area Outdoor

Batu alam dapat dipergunakan sebagai lantai pada area outdoor. Namun, mengingat kondisi luar ruangan yang lebih banyak terpapar elemen alam seperti sinar matahari dan hujan, sangat penting bagi Anda untuk memilih batu alam yang mampu bertahan dalam kondisi tersebut.

Dalam proses pencarian batu alam untuk area outdoor, perhatikan tingkat porosity yang mempengaruhi daya serapnya terhadap air. Batu alam dengan tingkat porosity yang rendah memiliki kemampuan dan daya tahan lebih tinggi terhadap air dan kelembapan udara. Proses perawatan batu alam tersebut juga perlu mendapat perhatian, sehingga Anda akan merasa lebih nyaman dan leluasa dalam menikmati waktu luang bersantai di taman atau halaman belakang rumah.


Simak beberapa pilihan batu alam yang cocok untuk penggunaan di area outdoor berikut ini:


Granit


Di antara semua jenis batu alam lainnya, granit merupakan batu yang paling kuat, paling keras, dan juga batu dengan tingkat porosity yang paling rendah. Sifat granit yang tidak menyerap air dan mampu bertahan terhadap abrasi dan berbagai jenis elemen membuatnya sangat cocok dipergunakan sebagai batu alam di area outdoor. Tidak hanya itu, granit tersedia dalam berbagai pilihan warna, vein, dan pola sehingga memudahkan pemilik rumah untuk memilih granit yang sesuai dengan desain rumah dan selera masing-masing.


Beberapa pilihan finishing untuk batu alam granit adalah polished, honed, flaming, dan leather/brushed. Masing-masing jenis finishing memberikan hasil akhir yang berbeda. Khusus untuk granit yang dipergunakan di area outdoor, jenis finishing yang disarankan adalah flaming dan leather. Kedua jenis finishing tersebut memberikan tekstur yang lebih kasar dan bergelombang pada permukaan granit sehingga membuatnya lebih anti selip.


Marmer


Marmer termasuk dalam jenis batu alam yang kuat dan tangguh sehingga dapat dipergunakan di area outdoor. Batu alam marmer terbentuk melalui proses yang melibatkan tekanan dalam suhu tinggi yang membuatnya kuat dan tahan lama. Namun, bila dibandingkan dengan granit, marmer terbilang lebih porous atau lebih menyerap air, dan juga lebih rentan terhadap noda, sehingga applikasi sealant untuk mencegah hal-hal tersebut merupakan perawatan yang wajib dilakukan.


Untuk penggunaan outdoor, disarankan untuk menggunakan finishing yang membuat tekstur permukaan marmer menjadi sedikit bergelombang untuk membuatnya anti selip. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan jenis finishing tumbled dan brushed/leather.


Baca juga: Kini Beli Marmer Fagetti Bisa Online


Slate


Slate merupakan jenis batu alam yang sangat populer dipergunakan sebagai batu alam berkat fitur dan karakteristik dari batu tersebut. Batu ala mini merupakan jenis batu alam yang non-porous, tahan air, tahan api, anti-noda, dan anti selip. Proses pemasangan dan perawatan yang terbilang sangat mudah membuatnya menjadi pilihan banyak orang untuk dipergunakan pada teras dan jalan masuk rumah. Karakteristik batu ini membuatnya sering disebut sebagai jenis batu alam yang paling aman dipergunakan di area outdoor.


Slate tersedia dalam beberapa pilihan warna yaitu coklat, abu-abu, hijau, dan juga orange. Slate memiliki variasi warna yang menarik dimana potongan yang berbeda akan memiliki variasi warna yang berbeda pula. Hal ini membuatnya mampu memberikan tampilan yang berbeda untuk pemasangan di satu area yang sama.


Limestone


Limestone merupakan batu alam yang umumnya terbentuk di perairan dangkal. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk ditambang dan dikumpulkan. Tidak hanya itu, sifatnya yang lebih mudah untuk dipotong membuatnya cukup populer sebagai material bangunan dan dapat dipergunakan untuk segala area termasuk area outdoor.


Pilihan warna limestone cukup beragam mulai dari putih hingga coklat. Namun, sebagian besar orang memilih batu alam jenis ini karena penampilan dan warnanya yang menyerupai kayu. Bagi Anda yang menyukai kayu sebagai bahan bangunan dapat menggunakan limestone di area outdoor hunian.


Limestone memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap elemen alam. Hal ini sudah dibuktikan dengan keberadaan piramida di Mesir yang terbuat dari limestone dan telah berdiri selama ratusan tahun. Untuk itu, Anda dapat dengan yakin menggunakannya di area outdoor. Namun, mengingat sifatnya yang terbilang sangat porous alias sangat menyerap, penggunaan coating menjadi hal yang wajib dilakukan untuk melindungi batu tersebut dari noda, air, dan untuk memperkuat batu tersebut agar tidak mudah pecah.


Sandstone


Sandstone merupakan salah satu jenis batu alam yang juga ideal dipergunakan untuk area outdoor seperti teras, jalan masuk, area di sisi kolam renang, dan garasi. Sandstone sangat kuat terhadap elemen alam, panas matahari, hingga bahan-bahan yang bersifat asam. Batu alam yang satu ini juga tidak mudah pecah dan tahan lama. Namun perlu diperhatikan bahwa variasi warna sandstone sangat terbatas.


Baca juga: Fagetti dan Pemprov Aceh Siap Kerjasama Kelola Pabrik Batu Alam di Aceh


Flagstone


Untuk pilihan batu alam untuk area outdoor selanjutnya adalah flagstone. Batu alam jenis ini memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya unggul dan cocok dijadikan pilihan untuk penggunaan outdoor. Dari segi ketahanan, flagstone memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap elemen alam, dimana batu ini mampu bertahan terhadap cuaca panas maupun dingin sekalipun tanpa mengalami kerusakan. Flagstone tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik. Batu alam flagstone dapat dipergunakan di teras, patio, sisi kolam renang, dan lain sebagainya.


Terlepas dari berbagai keunggulan yang dimiliki flagstone, ada beberapa kekurangan yang perlu diwaspadai. Batu ini akan menjadi sangat panas apabila terpapar oleh sinar matahari secara langsung dan menjadi sangat dingin saat cuaca sedang dingin. Selain itu, dalam kondisi basah, flagstone terbilang cukup licin sehingga Anda harus lebih berhati-hati.

Tempat Terbaik Mendapatkan Batu Alam untuk Area Outdoor


Setiap jenis batu alam memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan batu alam yang tepat untuk area outdoor dapat dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan masing-masing serta karakteristik dari batu alam itu sendiri.


Selain itu, pertimbangkan pula tempat pembelian batu alam tersebut. Agar tidak salah dalam memilih, pastikan untuk membeli batu alam hanya di tempat terpercaya seperti Fagetti. Fagetti memiliki pengalaman selama puluhan tahun sebagai penyedia aneka jenis batu alam. Dengan lebih dari 900 jenis batu alam, Anda pasti akan menemukan batu alam yang paling tepat.


Baca juga: Sambut New Normal, Fagetti Siap Layani Pelanggan Secara Penuh


Fagetti juga siap membantu Anda dalam aspek lain sehubungan dengan batu alam mulai dari pemasangan hingga perawatan. Jadi, apapun kebutuhan batu alam Anda, Fagetti jawabannya.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia