• Fagetti

Aneka Desain Marmer Statuario dari Lantai hingga Meja Resepsionis

Bicara soal marmer, kita tidak bisa melewatkan pembahasan tentang jenis marmer Statuario. Marmer impor Italia ini memiliki warna putih yang dominan dengan corak berwarna abu-abu tipis. Jenis marmer ini cukup eksklusif dan langka. Alhasil, bangunan yang menggunakan marmer Statuario seketika terlihat mewah dan elegan. Dengan desain yang tepat, keindahan marmer Statuario akan semakin terpancar.

Sebelum melihat ragam desain marmer Statuario yang tidak mengurangi nilainya, mari kita pahami marmer ini secara singkat. Statuario adalah jenis marmer yang berasal dari tambang di Carrara, Italia, tempat yang sama untuk menambang marmer Carrara dan Calacatta. Area ini sudah ditambang sejak ratusan tahun lalu dan marmernya banyak digunakan untuk membangun sejumlah bangunan terkenal dan situs bersejarah. Di antaranya adalah Pantheon, Marble Arch, dan Harvard Medical School.


Baca juga: 5 Jenis Batu Alam yang Cocok untuk Courtyard Mewah


Nama Statuario sendiri berasal dari kata ‘Statuario’ atau ‘Statuary’ yang berarti patung. Pasalnya, marmer ini kerap dijadikan material pembuatan patung. Salah satu patung dari Statuario yang terkenal adalah David oleh Michael Angelo. Usia tambang yang sudah terlampau tua, jumlah batu yang terbatas, dan tingginya permintaan pasar menjadi penyebab utama marmer Statuario menjadi langka serta harganya melonjak.


Salah satu karakteristik unik dari marmer Statuario adalah strukturnya yang kompak sehingga mudah dibentuk menjadi apa saja. Mulai dari patung, meja, pelapis lantai, pelapis dinding, dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa desain marmer Statuario yang bisa menjadi inspirasi:


Hamparan lantai Statuario



Corak marmer Statuario begitu indah dan elegan sehingga amat disayangkan jika diaplikasikan dalam ukuran kecil. Oleh karena itu, aplikasikan marmer ini pada bidang luas seperti permukaan lantai. Desain marmer Statuario ini memiliki corak yang besar dan tampak kontras dengan warna dasarnya. Sangat cocok untuk menghiasi ruangan yang berukuran besar juga.


Supaya tampil semakin prestisius, Anda bisa pertimbangkan pemasangan marmer dengan teknik bookmatch. Teknik ini pada dasarnya dilakukan dengan membelah sebongkah marmer lalu memasangnya pada posisi mirroring. Tampilan akhir pun menjadi simetris, bahkan bisa membentuk pola baru yang lebih indah.


Elegan di setiap sudut



Marmer Statuario juga cocok untuk pada desain kamar mandi mewah. Tidak tanggung-tanggung, marmer ini diaplikasikan sekaligus pada lantai, dinding, meja wastafel, rak, dan bak mandi. Pada ragam desain ini, ukuran kamar mandi sedang. Pemilihan marmer Statuario dengan corak yang tipis namun ramai adalah pilihan yang tepat.


Desain marmer Statuario ini tidak diberi dekorasi tambahan. Hanya ada pencahayaan maksimal yang jatuh ke permukaan marmer sehingga seisi kamar mandi jadi berkilau dan semakin mewah.


Baca juga: Gaya Arsitektur Marmer dari Masa ke Masa


Meja marmer Statuario yang unik


Foto: Archiexpo.com

Marmer Statuario sangat menarik dijadikan meja makan. Agar seluruh perhatian tetap terfokuskan pada marmer ini, sebaiknya desain meja dibuat full marmer Statuario. Mulai dari permukaan hingga kakinya. Ukurannya juga dibuat lebar supaya tidak mengurangi nilai prestisius dan keindahan marmer tersebut.


Bentuk meja makan ini persegi panjang pada bagian permukaannya. Sedangkan kakinya cukup unik. Bentuknya balok yang menyerupai jajar genjang. Ada efek miring yang ditampilkan, namun tetap aman dan nyaman digunakan untuk makan.


Backdrop Statuario yang mewah



Ingin menghadirkan kesan prestisius marmer Statuario pada bangunan dengan langit-langit tinggi? Anda bisa menggunakan desain backdrop yang mewah seperti ini. Pilih corak marmer Statuario yang memanjang. Lalu aplikasikan secara vertikal. Interior bangunan terlihat semakin menjulang, kemewahan pun tercipta. Mustahil para pengunjung akan mengabaikan keindahannya yang terpampang di tengah lobi. Jika Anda kesulitan mencari Statuario dengan corak memanjang, jangan segan untuk melakukan teknik bookmatch untuk desain yang sempurna.


Pola zig zag yang menarik



Corak marmer Statuario sudah indah secara alami tanpa campur tangan manusia. Namun, untuk Anda yang menginginkan nuansa berbeda bolehlah sesekali membuat pola sendiri. Misalnya desain marmer Statuario dengan pola zig zag. Warna dasar permukaan lantai putih, lalu polanya berwarna abu-abu khas marmer Statuario. Desain yang kontras ini dijamin akan memanjakan mata.


Meja resepsionis yang menjadi focal point



Untuk bangunan komersial, meja resepsionis dapat dikatakan sebagai ‘wajah’ dari bangunan tersebut. Pengunjung yang berdatangan akan melirik ke arah meja resepsionis begitu tiba di lobi. Oleh karenanya meja resepsionis juga perlu didesain dengan mewah menggunakan marmer Statuario. Lebih tepatnya pada bagian depan meja.


Desain marmer Statuario ini memiliki corak menyerupai segitiga yang dibuat dengan teknik bookmatch. Sisi atas dan bawah dibingkai dengan warna cokelat. Hasilnya, desain meja resepsionis terlihat lebih menonjol dibandingkan elemen lainnya pada area lobi.


Baca juga: Faktor-faktor Pembentuk Warna dan Corak Marmer yang Variatif


Dinding kamar mandi yang memukau


Foto: Trendir.com

Beberapa marmer Statuario memiliki corak yang memukau dan amat sayang jika dipotong dalam ukuran kecil hingga sedang. Pasanglah marmer Statuario pada bidang dinding yang amat luas seperti kamar mandi di atas. Coraknya yang berwarna abu-abu terdiri dari guratan tipis dan tebal.


Tidak tanggung-tanggung, kamar mandi ini juga menggunakan cermin berukuran besar. Alhasil tercipta pula bayangan dari dinding marmer Statuario. Semakin luas dan mewah saja kamar mandinya.


Namun, pastikan untuk memberi coating marmer secara berkala. Tujuannya supaya cipratan air tidak langsung terserap oleh marmer. Dengan demikian, permasalahan marmer kusam dan berlubang dapat diminimalisir. Kemewahan marmer Statuario pun dapat dinikmati sepanjang masa.


Realiasikan ide desain marmer Statuario


Jika menginginkan marmer yang mewah, marmer Statuario adalah pilihan yang tepat. Tapi, bagaimana cara menemukan marmer Statuario yang berkualitas ini? Tenang, Anda bisa menghubungi Fagetti yang importir batu alam yang sudah berpengalaman sejak tahun 1986. Fagetti menyediakan beragam jenis batu alam termasuk marmer, granit, dan lainnya dari seluruh dunia. Marmer Statuario yang sudah tergolong langka pun tersedia di warehouse Fagetti.


Untuk kualitas, tidak perlu diragukan lagi karena Fagetti sudah melakukan quality control yang ketat. Anda tinggal pilih corak marmer Statuario yang disukai. Prestisius marmer Statuario begitu luar biasa. Ditambah juga dengan tingkat kelangkaannya, tentu pengerjaan marmer ini harus ditangani oleh profesional. Fagetti akan memudahkannya untuk Anda.


Usai memilih marmer yang Anda sukai, Fagetti akan bantu proses pemotongan menggunakan mesin berteknologi tercanggih asal Italia. Hasilnya sangat presisi dan akurat. Pemasangan pun dilakukan dengan seksama agar marmer Statuario tidak mudah retak, apalagi terlepas dari bangunan. Selain itu, Fagetti juga akan memberikan finishing terbaik agar kilau marmer ini tidak kunjung redup.


Untuk Anda yang sudah tidak sabar untuk memamerkan kemewahan dan prestisius dari marmer Statuario, segera hubungi Fagetti di nomor WhatsApp 0811-8887-359.

16 views0 comments