• Fagetti

Aneka Gaya Desain Interior Mewah

Dalam desain interior, ada beberapa gaya desain mewah yang bisa diaplikasikan pada hunian. Aneka gaya desain interior tersebut dibuat mengikuti zamannya masing-masing, namun tetap aktual untuk diterapkan pada desain hunian kekinian. Anda dapat menelusuri lebih lanjut perihal desain-desain tersebut serta bagaimana cara mengaplikasikannya dalam hunian Anda!


Classical Luxury


Gaya desain interior mewah yang satu ini terinspirasi oleh arsitektur Yunani dan Romawi. Ciri khas dari desain ini adalah penggunaan fitur atau elemen yang berukuran besar seperti pilar tinggi, langit-langit yang super mewah, wall-beading, penggunaan karya seni seperti lukisan atau patung dalam ukuran besar, dan lain sebagainya.

Desain ini umumnya didominasi oleh penggunaan warna putih dengan lampu gantung super besar dan langit-langit dengan desain yang rumit. Hingga saat ini, jenis desain classical luxury ini masih dianggap sebagai desain yang paling mewah diantara yang lain. Anda dapat menerapkan desain ini dengan tambahan elemen modern untuk mendapatkan hasil terbaik. Penggunaan batu alam seperti marmer dan granit yang dikenal dengan tampilan yang mewah merupakan salah satu strategi yang juga dapat Anda terapkan dalam desain ini.


Victorian Luxury


Sesuai dengan namanya, desain interior luxury yang satu ini terinspirasi dari desain yang populer pada jaman Victoria. Desain ini merupakan gabungan dari beberapa desain bersejarah lainnya seperti Yunani, Romawi, Baroque, Rococo, dan lain sebagainya. Jenis desain Victorian luxury juga mendapat pengaruh dari Asia dan area Timur Tengah.


Baca juga: 8 Inspirasi Niche Marmer untuk Hunian Mewah ala Romawi


Desain ini umumnya menggunakan warna-warna hangat dengan furniture tradisional serta berbagai aksesoris lainnya. Mengingat gaya desain Victorian luxury merupakan gabungan dari beberapa desain independen, tidak heran bila desain ini menonjolkan banyak stimulasi visual. Artinya, desain ini lebih cocok diterapkan dalam area yang berukuran besar.


Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan hunian dengan desain interior bergaya Victorian. Ada dapat mulai dengan menggunakan wallpaper bertema alam seperti floral dan daun. Anda juga dapat menggunakan korden jendela yang terbuat dari kain yang berat dan digantung pada palang/rods berkilau. Untuk membuat korden tersebut terlihat lebih mewah, berikan lapisan tambahan berupa kain sutra, velvet, dan sejenisnya.


Rococo Luxury


Desain Rococo luxury merupakan desain yang populer pada akhir abad ke 18. Desain ini sangat populer terutama di kalangan bangsawan Prancis. Desain ini berkembang di akhir masa Baroque dan memilliki beberapa ciri khas , salah satunya adalah penggunaan warna pastel lembut dengan aksen berwarna emas.


Penerapan gaya desain Rococo luxury saat ini dilakukan dengan menggunakan warna putih sebagai latar belakang dengan furniture bertema warna pastel. Umumnya, lantai ruangan memiliki motif yang super besar dengan langit-langit yang tinggi dan dilengkapi dengan moulding. Ornamen desain yang berukuran super besar diimbangi dengan penggunaan warna pastel lembut. Desain Rococo lebih cocok diterapkan dalam ruangan berukuran besar seperti hall dan ballroom.


Anda dapat memberikan sentuhan luxury ala Rococo dengan berbagai cara. Untuk furniture dan perlengkapan lainnya, pergunakan segala sesuatu yang berbentuk lingkaran dan bukan kotak/persegi panjang. Pada dinding ruangan, berikan aksen dengan warna emas. Sementara untuk lantai, Anda dapat mengkombinasikan antara kayu dan juga batu alam seperti marmer.


Baroque Luxury


Desain Baroque luxury hadir sebagai bentuk pemberontakan terhadap gaya desain interio yang menekankan pada kesederhanaan serta menentang adanya karya seni, patung, ataupun bentuk dekorasi dalam bentuk apapun. Sebagai bentuk pemberontakan, tidak heran bila desain baroque menampilkan segala hal yang terlihat berani dalam bentuk penggunaan warna-warna cerah, lukisan besar, serta patung dan ukiran dalam berbagai bentuk dan ukuran.


Aplikasi dari desain baroque dimasa kini tetap menggunakan pendekatan yang sama. Penggunaan warna-warna cerah dan berani, ukiran, patung, ragam jenis aksesori, aksen warna emas dan ornament berat menjadi ciri khas gaya baroque yang sangat mudah dikenali. Penggunaan batu alam seperti marmer dengan pola vein yang menonjol ataupun marmer dengan warna-warna cerah menjadi salah satu cara untuk menghadirkan kemewahan ala baroque dalam sebuah bangunan.


Baca juga: Pesona Marmer Hitam yang Mewah dan Elegan


Traditional Luxury


Desain traditional luxury memiliki ciri khas berupa penggunaan aksen kayu dan dominasi warna hangat. Hal paling menarik dari desain ini terletak pada detail yang rumit dan super. Dapat dikatakan bahwa penekanan terbesar dari desain ini adalah detail ukiran kayu serta molding pada furniture. Padukan semua aspek tersebut dengan pencahayaan yang hangat serta fixture lampu berukuran besar. Detail pada furniture serta ukiran kayu menjadi ciri utama dari desain ini, dan semuanya akan terlihat menarik bila diaplikasikan dalam ruangan berukuran besar.


Modern Luxury


Konsep dari modern luxury menekankan pada ruangan yang luas tanpa terhalang oleh struktur yang tidak perlu serta lebih mengarah pada komposisi warna netral. Fungsionalitas menjadi aspek utama dalam penataan ruang serta pemilihan perlengkapan dan furniture didalamnya.


Kemewahan interior dibangun dengan menggunakan bahan atau material berkualitas, mengandalkan penerangan alami dari cahaya matahari, desain yang bersih serta bebas dari clutter serta lebih mengarah ke gaya minimalis. Hasilnya adalah tampilan yang chic dan elegan. Material berkualitas yang dipergunakan dalam desain ini mencakup setiap aspek dalam bangunan tersebut misalnya saja batu alam marmer dan granit yang menampilkan kesan elegan dan mengkilat.


Gaya minimalis yang ditekankan dalam desain modern luxury membuatnya dapat diaplikasikan untuk ruangan berukuran besar maupun kecil. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan dengan gaya desain luxury lain yang umumnya lebih cocok dipergunakan dalam ruangan besar.


Contemporary Luxury


Desain yang satu ini pada dasarnya merupakan gabungan dari berbagai desain interior yang populer sejak pertengahan abad ke 20. Gaya dari desain contemporary luxury cukup bervariasi, tergantung dari hasil akhir atau tampilan yang diinginkan. Untuk Anda yang menyukai gaya flamboyan, pergunakan warna-warna berani serta desain elemen yang menonjol seperti langit-langit dengan ukiran atau fixture lampu yang super mewah.


Sementara untuk Anda yang menyukai tampilan yang cenderung dingin, pergunakan kombinasi material kayu dan warna putih plus sedikit sentuhan vintage. Terlepas dari perbedaan tampilan yang ada, ada beberapa elemen yang dapat disebut sebagai ciri dari contemporary luxury berupa langit-langit yang tinggi, furniture yang unik, serta karya seni yang menonjol.


Batu alam Fagetti sebagai pelengkap desain interior mewah


Batu alam merupakan salah satu material utama yang banyak dipergunakan dalam desain interior luxury. Batu alam dengan penampilannya yang mewah dan elegan, menghadirkan pesona yang tidak lekang oleh waktu. Ada beragam jenis batu alam yang bisa dipilih seperti marmer, granit, onyx, travertine, sandstone dan lain-lain.


Baca juga: Tips Memilih Marmer untuk Hunian Mewah


Bagi Anda yang ingin menghadirkan interior mewah dengan menggunakan marmer dan batu alam lainnya, maka pemilihan supplier batu alam sangat penting. Carilah supplier batu alam yang menyediakan jenis, warna dan corak yang lengkap. Semakin lengkap, maka semakin leluasa pula desain interior yang bisa diciptakan. Anda bisa mendapatkannya dari Fagetti.


Sebagai supplier batu alam premium di Indonesia, Fagetti memiliki pengalaman selama lebih dari 34 tahun di bidang batu alam. Perusahaan ini menyediakan lebih dari 900 jenis batu alam terutama marmer, granit, onyx dan travertine. Didukung dengan mesin teknologi terbaru, setiap bongkahan marmer akan diolah menjadi sebuah maha karya untuk menghadirkan kemewahan abadi dalam hunian Anda.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia