• Fagetti

Bukan Cuma Luas, Kenali 9 Karakteristik Desain Rumah Mewah!

Memiliki rumah mewah tentu menjadi impian banyak orang. Jika mengacu pada Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2013, definisi rumah mewah adalah rumah komersial yang harga jualnya enam kali lebih besar dibandingkan rumah sederhana.


Definisi rumah mewah yang mengacu pada harga jual tersebut tidak selalu bisa menjadi patokan. Maklum, harga rumah kecil di pusat kota saat ini sudah sangat mahal dan bisa melebihi enam kali harga rumah sederhana atau biasa disebut rumah subsidi. Apakah rumah kecil tersebut layak disebut rumah mewah?


Nah selain dari harga jual, sebuah rumah dapat dikatakan mewah berdasarkan desain dan ruangan yang dimiliki. Selengkapnya, kenali ciri khas desain rumah mewah berikut ini!


1. Fasad megah


Rumah yang mewah sudah terlihat jelas dari bagian eksteriornya, terutama fasad. Pada umumnya, fasad rumah mewah dibuat dengan beragam dekorasi. Di antaranya adalah patung berukuran besar atau cladding wall dari batu alam.


Warna fasad tidak mencolok, namun menggunakan warna yang identik dengan kemewahan seperti emas, cokelat, dan putih. Jika dilihat dari jauh, fasad rumah mewah akan terlihat kontras dengan rumah lainnya.



2. Pagar tinggi


Selain fasad, elemen eksterior rumah mewah yang khas terletak pada pagarnya. Pagar rumah mewah dibuat tinggi dan begitu kokoh. Beberapa pagar bahkan didesain dengan dekorasi yang menawan seperti hiasan kepala singa atau naga dari kuningan.


Pagar rumah mewah yang tinggi ini utamanya berfungsi sebagai pengaman rumah. Tidak jarang pagar rumah mewah dilengkapi dengan sistem pengunci otomatis, CCTV, dan menyatu dengan pos penjaga. Pagar rumah juga dibuat tinggi supaya tampilannya seimbang dengan ukuran rumah yang ada. Material yang kerap digunakan sebagai pagar adalah kayu, besi, dan beton.


Baca Juga: 6 Bangunan Menakjubkan yang Terbuat dari Batu Travertine


3. Memiliki pilar


Hampir semua rumah mewah bertingkat memiliki pilar. Terutama rumah-rumah mewah yang menerapkan gaya klasik, ala Roma Kuno dan Yunani. Pilar-pilar besar ini dibuat untuk menjalankan dua fungsi. Fungsi pertama adalah memperkuat konstruksi bangunan, terutama di bagian balkon dan pintu utama rumah. Sedangkan fungsi kedua adalah menambah kesan mewah. Pilar sendiri mengingatkan kita akan bangunan khas atau kuil di Yunani.


Jumlah pilar pada satu area berkisar 2 hingga 4 buah, tergantung dengan luas area yang akan ditopang. Pilar ini berbentuk silinder, tinggi, dan simetris satu sama lain. Ada yang didesain dengan permukaan polos, atau pun diberi tambahan ukiran dan tekstur.



4. Terdapat foyer yang luas


Foyer merupakan area pemisah antara teras dan jalur menuju bagian dalam rumah. Fungsinya untuk menghalangi pandangan orang asing langsung ke dalam rumah. Pada negara empat musim, foyer berfungsi untuk menghalangi udara dingin langsung masuk ke rumah ketika pintu dibuka. Area foyer ini dihias dengan aneka karya seni, tempat duduk, cermin, dan area untuk meletakkan sepatu atau jaket.


Di Indonesia sendiri, kehadiran foyer hanya ditemui di rumah mewah. Lantaran tanpa kehadiran foyer, rumah biasa tetap bisa terasa nyaman. Ditambah lagi kehadiran foyer pada rumah biasa hanya akan mempersempit lahan.


Baca Juga: Marmer Tetap Mewah Saat Dipadukan dengan Aneka Material


5. Kamar tidur luas dengan fungsi maksimal


Kamar tidur di dalam rumah mewah, bukanlah kamar tidur biasa yang diisi dengan ranjang dan lemari pakaian. Rumah mewah memiliki kamar tidur yang lengkap dengan fungsi maksimal, bagai suite room di hotel bintang 5. Beberapa area yang terdapat di kamar tidur rumah mewah adalah balkon, area baca yang lengkap dengan kursi dan meja, area santai dengan kursi empuk, area kerja, bahkan walk in closet.


Kamar tidur di rumah mewah juga memiliki dekorasi yang khas. Di antaranya adalah ranjang dengan kanopi. Lalu di bagian ujung ranjang biasanya diletakkan bench. Tidak ketinggalan, karpet dan lukisan turut menyempurnakan kemewahannya.


6. Dapur tidak sekedar untuk masak


Dapur adalah sebuah ruangan yang wajib ada di setiap rumah. Baik itu ukurannya kecil atau besar. Fungsi utamanya jelas untuk memasak dan mengolah makanan. Bisa dikatakan kalau dapur adalah jantung rumah dan penghuninya.


Tapi di rumah mewah, dapur tidak hanya berfungsi untuk memasak. Melainkan juga untuk menunjang gaya hidup dan mewakili kemapanan finansial pemiliknya. Dapur rumah mewah dilengkapi dengan kitchen island dan juga mini bar. Kitchen island dan mini bar ini digunakan untuk menyajikan sajian ringan.


Peralatan memasak di dapur rumah mewah pun sangat lengkap dan menggunakan teknologi terbaru. Sebut saja seperti kulkas dua pintu, oven, microwave, cooker hood, aneka mesin blender, aneka jenis pisau, dan deretan wajan cantik.


Area dapur kerap dibuat terpisah dari ruang makan. Beberapa di antaranya dihias dengan dekorasi menawan seperti tanaman hijau dalam pot dan patung-patung mungil.


7. Keberadaan kolam renang


Pada rumah biasa, kolam renang jelas tidak ada. Pasalnya lahan rumah terbatas dan perawatan kolam renang cukup rumit. Berbeda dengan rumah mewah yang memang memiliki lahan luas. Kolam renang biasanya dibuat di halaman belakang rumah, dekat dengan taman. Suasananya sangat privat sekaligus asri.


Baca juga: Tips Agar Hunian Minimalis Bisa Tampil Mewah


Ukuran kolamnya bervariasi, lengkap dengan sistem pengairan yang baik. Kolam renang yang dilengkapi dengan air terjun mini juga digemari karena bisa menciptakan suasana yang damai dan rileks. Area dek kolam renang pun dilengkapi dengan area santai bahkan spot untuk BBQ. Selain ruang keluarga, penghuni rumah dapat berkumpul di sini.


8. Ruang tamu yang nyaman dan apik


Pemilik hunian harus menjaga citranya di depan para tamu, baik itu kerabat atau rekan kerja. Oleh karenanya ruang tamu dibuat dengan nyaman dan desainnya sangat apik. Ruang tamu rumah mewah identik dengan sofa berukuran besar berlapis material kulit. Unsur dekoratifnya mencerminkan kemewahan. Mulai dari bantal duduk yang empuk, karpet berbulu, lampu gantung, lukisan, guci besar, dan sebagainya.


9. Penggunaan batu alam yang mewah


Hampir semua rumah mewah menggunakan material batu alam, meski hanya pada beberapa elemen saja. Material batu alam yang digunakan untuk menonjolkan kemewahan adalah marmer, granit, onyx, travertine, hingga limestone. Material batu alam yang mewah ini biasanya diaplikasikan pada lantai, permukaan pilar, sebagian dinding, dan dekorasi di taman.


Bukan tanpa alasan kalau batu alam tersebut dikatakan mewah. Pasalnya batu alam tersebut memang memiliki harga jual yang mahal, apalagi yang jenisnya langka seperti statuario. Ditambah lagi, corak batu alam tersebut sangat menawan dan daya tahannya amat tinggi.


Sempurnakan kemewahan rumah dengan batu alam di Fagetti


Fagetti adalah importir batu alam, terutama marmer dan granit. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1986. Rencanakan keinginan rumah mewah Anda dan konsultasikan bersama tim Fagetti, mulai dari pemilihan warna, corak hingga desain yang mewah. Setelah menemukan marmer yang tepat, Fagetti akan bantu proses pemotongan dan pemasangan sesuai keinginan customer.


Proses pemotongan di Fagetti menggunakan mesin berteknologi tinggi sehingga hasil akhirnya lebih presisi dan konsisten. Untuk pemasangan, Anda akan dibantu tim yang profesional. Tidak ketinggalan, Fagetti juga melayani perawatan jangka panjang. Alhasil, kemewahan rumah Anda akan terjaga.


Tunggu apalagi, segera sempurnakan kemewahan rumah Anda dan #CreateYourPerfection bersama Fagetti! Hubungi Fagetti via WhatsApp 0811-8887-359.


10 views0 comments