top of page
  • Writer's pictureFagetti

Fagetti dan Pemprov Aceh Siap Kerja Sama Kelola Pabrik Batu Alam di Aceh

Updated: Jul 21, 2020



PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) dan Pemerintah Provinsi Aceh akan menjalin kerja sama pembangunan pabrik dan pengelolaan batu alam di Aceh. Keseriusan kerja sama ini ditunjukkan dengan kunjungan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah MT. ke pabrik Fagetti di Cibitung, Bekasi pada Senin, 27 Januari 2019.


Presiden Direktur Fagetti Ferdinand Gumanti menyambut baik kunjungan kerja Plt Gubernur beserta para pejabat Pemprov Aceh ke pabrik Fagetti. Dalam kesempatan tersebut, Gumanti menyatakan perusahaannya siap bekerja sama untuk mengelola sumber daya alam (SDA) terutama batu alam di provinsi Aceh. “Fagetti juga siap melakukan transfer of knowledge kepada putra-putri daerah Aceh,” kata Gumanti.


Gumanti memberikan gambaran tentang nilai investasi, infrastruktur, teknologi, sumber daya manusia (SDM) serta strategi pemasaran yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis pertambangan. Selain pembangunan pabrik, dia menyarankan pengembangan bisnis tambang batu alam juga melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan modal yang relatif kecil.



Ferdinand Gumanti merupakan pendiri Fagetti, sebuah perusahaan produsen dan supplier batu alam grade premium dengan marmer sebagai produk utamanya. Perusahaan tersebut didirikan pada tahun 1986. Atas dedikasinya terhadap industri batu alam, Ferdinand Gumanti mendapatkan penghargaan prestisius dari Antica Libera Corporazione Dell'Arte Della Pietra, Italia sebagai Master of Art Stone pada tahun 2014. Ini merupakan penghargaan satu-satunya yang diberikan oleh lembaga tersebut kepada tokoh di Asia.


Dalam kunjungannya ke pabrik Fagetti, Nova Iriansyah menyampaikan Fagetti dipilih sebagai partner untuk mengelola tambang batu alam di Aceh karena sudah memiliki pengalaman di bisnis batu alam selama puluhan tahun. "Dengan adanya kunjungan kerja ini, kita berharap akan ada kerja sama dengan PT Fajar Gelora Inti. Selain sudah berpengalaman, mereka juga punya jaringan luas secara nasional," ujar Nova.



Aceh sendiri memiliki sejumlah potensi tambang batu alam yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian daerah. Menurut Nova, Aceh memiliki kandungan batu marmer atau granit dengan nilai jual tinggi di pasar nasional. Hal tersebut juga diakui langsung oleh Ferdinand Gumanti yang sebelumnya telah berkunjung ke Aceh. Untuk itu, Nova berharap kerja sama antara Pemerintah Aceh dan Fagetti dapat berlanjut pada tahap berikutnya.


"Inti dari kerja sama ini bukan saja pembangunan pabrik yang nantinya akan berlokasi di Ladong, Aceh Besar, namun sekaligus pula melakukan transfer of knowledge kepada pemuda-pemudi Aceh dalam rangka peningkatan SDM di Aceh," ungkap Nova.


Pabrik tersebut akan menjadi pabrik pertama yang menjadi contoh dan bisa saja tumbuh di daerah lainnya yang memiliki batu-batu alam yang punya nilai jual tinggi baik di pasar nasional bahkan internasional.

353 views0 comments

Recent Posts

See All
79dc31280371b8ffbe56ec656418e122.png
bottom of page