• Fagetti

Cermati Efek Psikologi Pada Warna-Warna Marmer

Batu marmer tersedia dalam aneka pilihan warna dan kombinasinya yang unik. Anda dapat leluasa menentukan warna marmer yang cocok untuk menyempurnakan tampilan interior hunian. Dalam pemilihan warna marmer, selain harus menyesuaikan dengan konsep interior, Anda harus memperhatikan efek psikologi yang ditimbulkan.


Selengkapnya, mari simak pembahasan mengenai efek psikologi dari warna-warna marmer dan seperti apa penempatan yang sesuai. Supaya hunian Anda tidak sekedar mewah, tapi membawa dampak positif di keseharian!



Marmer warna biru


Dalam dunia psikologi, warna biru dipercaya dapat memberikan efek yang menenangkan. Warna ini begitu lembut, baik yang muda maupun yang tua. Saat seseorang merasakan ketenangan, mereka akan mampu untuk mengatasi insomnia, kecemasan, dan migraine.

Beberapa orang pun merasa lebih mudah untuk berkonsentrasi saat bekerja atau pun belajar. Oleh karenanya marmer warna biru cocok digunakan di kamar tidur dan ruang kerja.


Untuk Anda yang berencana menggunakan marmer di kantor atau tempat usaha, warna biru juga menjadi pilihan tepat. Terutama warna biru tua. Pasalnya warna biru tua dapat memberikan kesan profesional dan kredibilitas. Tidak heran kalau warna ini juga digunakan pada logo perusahaan. Beberapa contoh marmer warna biru yang bisa Anda lirik adalah Blue Monterrey, Palissandro Blue, dan Crystal Blue.


Marmer warna putih


Banyak orang yang memilih marmer warna putih karena dinilai minimalis dan mudah dikombinasikan dengan warna apa saja. Tapi di balik warna putih yang netral, ternyata ada efek psikologi seperti mengurangi rasa nyeri. Alasannya, warna putih memberi kesan bebas dan terbuka. Beberapa contoh marmer warna putih yang dapat Anda pilih adalah White Thassos Extra, Statuario, White Carrara, White Sivec, dan Solto White.


Marmer warna merah


Orang awam pun rasanya sudah tahu kalau warna merah itu melambangkan keberanian dan kekuatan. Ya, warna merah memang memiliki aura yang begitu kuat. Terkadang, melambangkan gairah dan kekuatan. Warna merah sangat kuat sehingga tidak disarankan untuk menggunakan marmer merah di kamar tidur. Karena efeknya dapat membuat Anda bersemangat dan sulit beristirahat. Gunakan marmer merah untuk melengkapi suasana mewah nan bergairah di ruang makan. Warna merah di ruang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Banyak restoran yang menerapkan trik ini untuk menggaet konsumen. Contoh marmer dengan warna merah adalah Red Ravel Jasper.


Marmer warna merah muda


Pada dasarnya warna merah muda adalah campuran merah dan putih. Namun, efek psikologi warna merah muda berbeda dengan merah dan putih. Warna merah muda sendiri memiliki karakter dan efek yang penuh romansa dan kelembutan. Gunakan marmer merah muda untuk menambah kemewahan dan kelembutan di kamar tidur, ruang dandan, atau walk-in closet. Beberapa jenis marmer yang berwarna merah muda adalah Tea Rose, Rosso Verona, dan Rosso Alicante.


Marmer warna hijau


Marmer berwarna hijau identik dengan nuansa alam yang menyejukkan. Efek psikologinya bisa memberikan ketenangan, keseimbangan emosi, dan menyegarkan. Penggunaan marmer warna hijau dapat mengurangi resiko terjadinya konflik. Stres pun dapat berkurang karena orang-orang merasa lebih tenang dan damai.


Selain itu, warna hijau juga dapat menenangkan mata. Misalnya ketika mata lelah bekerja di depan layar komputer, tataplah benda berwarna hijau untuk mengistirahatkannya sejenak. Marmer warna hijau pun identik dengan nuansa yang elegan. Pasalnya tampilan marmer warna hijau tampak seperti zamrud.


Marmer warna hijau cocok diaplikasikan di ruang keluarga, tempat di mana seluruh anggota keluarga berkumpul. Bisa juga untuk kamar mandi supaya kegiatan relaksasi menjadi lebih sempurna. Salah satu pilihan marmer berwarna hijau adalah Verde Patricia.


Marmer warna hitam


Kebanyakan orang menghindari marmer warna hitam karena kesan yang gelap dan menakutkan. Padahal warna hitam melambangkan keeleganan, kemakmuran, dan independensi. Marmer warna hitam biasanya digunakan sebagai pelapis lantai dan aneka furnitur. Jika ingin menggunakannya sebagai pelapis dinding, Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan pencahayaan atau mengkombinasikannya dengan material lain yang cerah. Hal ini untuk menghindari kesan gelap yang menakutkan. Aneka marmer berwarna hitam yang bisa Anda pilih untuk hunian adalah Belgian Black, Black Italian Portoro, Picasso Black, dan Serpegiante Black.


Marmer warna cokelat


Marmer dengan warna cokelat melambangkan unsur bumi. Alhasil penggunaan marmer warna cokelat dapat menciptakan suasana hangat dan nyaman di hati pemiliknya. Interior hunian pun terlihat mewah nan klasik jika menggunakan marmer warna cokelat. Sayangnya marmer warna cokelat agak sulit dikombinasikan dengan sembarang warna. Marmer warna cokelat cocok untuk semua sudut hunian maupun gedung komersil. Contoh jenis marmer yang berwarna cokelat adalah Light Emperador, Antique Brown, dan Antique Wood.


Baca juga: 7 Alasan Batu Alam Travertine Cocok untuk Area Outdoor


Marmer warna abu-abu


Salah satu cara menciptakan suasana sejuk di hunian mewah adalah dengan menggunakan marmer warna abu-abu. Ya, warna abu-abu dari sisi psikologi dinilai dapat mendinginkan suasana. Posisinya juga netral dan modern. Anda bisa menggunakan marmer warna abu-abu di ruangan apa saja. Namun, berhati-hatilah agar tidak menimbulkan kesan suram. Terutama ketika memakai marmer abu-abu tua. Siasati hal ini dengan perpaduan aksen warna emas atau furnitur yang berkilau. Beberapa rekomendasi untuk marmer warna abu-abu adalah Nuvolato, Serpeggiante Grey, dan Nestos.


Marmer warna ungu


Marmer warna ungu identik dengan kemewahan dan keeleganan. Sedangkan dari sisi psikologi, warna ungu dapat meningkatkan daya pikir dan imajinasi seseorang. Marmer berwarna ungu cocok untuk dihadirkan di dalam kamar tidur, ruang kerja, dan ruang tamu.

Jika Anda hendak menggunakan marmer warna ungu, hindari aplikasi yang berlebihan. Hal ini dikarenakan warna ungu yang berlebihan dapat menciptakan nuansa suram dan mistis. Sebaiknya gunakan marmer ungu untuk aksen atau dipadukan dengan warna-warna cerah. Salah satu jenis marmer warna ungu adalah Rosso Levanto.


Baca juga: Inspirasi Penggunaan Marmer untuk Ruang Keluarga Mewah


Marmer warna kuning


Warna kuning itu identik dengan keceriaan dan semangat. Oleh karenanya, orang yang berada di ruangan dengan marmer warna kuning akan merasa lebih optimis, semangat, dan ceria. Penggunaan marmer warna kuning sangat tepat untuk ruang bermain anak dan dapur.

Sebagai bonus, warna kuning juga mampu menciptakan kesan ruangan yang lebih lapang. Kalau ada ruangan mungil di hunian Anda, jangan segan gunakan marmer warna kuning. Salah satu jenis marmer yang berwarna kuning adalah Giallo Siena.


Baca juga: Tips Agar Hunian Minimalis Bisa Tampil Mewah


Fagetti menyediakan aneka warna marmer


Apakah sudah menentukan warna marmer yang tepat untuk hunian atau gedung komersial Anda? Selanjutnya hubungi Fagetti untuk mendapatkan marmer tersebut. Fagetti adalah perusahaan importir batu alam dari seluruh dunia, terutama marmer. Perusahaan ini menyediakan pilihan warna marmer yang sangat lengkap. Anda akan menemukan lebih dari 900 jenis, motif dan warna marmer di Fagetti. Semakin banyak pilihan, semakin leluasa desainer atau arsitek menentukan desain yang terbaik.


Fagetti adalah ahlinya marmer. Semua kebutuhan marmer dari mulai pemotongan, pemolesan, pemasangan hingga perawatan marmer dapat Anda temukan di tempat ini . Tunggu apalagi, segera hubungi Fagetti lewat WhatsApp 0811-8887-359 dan #CreateYourPerfection.

4 views0 comments

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia