• Fagetti

Mengenal Konsep Luxury Interior Design dan Karakteristiknya

Updated: Nov 12

Dalam desain interior, Anda mungkin pernah mendengar tentang luxury design atau desain mewah. Luxury design akan memberikan kesan yang mewah dan nyaman pada bagian interior bangunan, baik itu rumah maupun gedung. Seringkali kita dapat mengenali dengan mudah desain yang diterapkan adalah desain yang mewah, tetapi sulit untuk menjabarkannya. Sebenarnya, apa itu luxury interior design?


Konsep luxury atau kemewahan sendiri memiliki arti yang luas. Luxury bisa diartikan sebagai keindahan yang luar biasa, atau orisinalitas yang autentik, hingga sifat-sifat yang mendefinisikan gaya hidup yang serba nyaman. Meski demikian, konsep kemewahan dalam desain interior adalah sesuatu yang dapat diidentifikasi karakteristik dan ciri-cirinya. Berikut ini beberapa karakteristik desain interior luxury:


Menyeluruh


Luxury design bukan sekedar penggunaan barang-barang yang mahal atau mencolok pada bagian dalam hunian atau bangunan. Konsep utama yang ditonjolkan dari desain mewah ini adalah perpaduan yang menyeluruh dari setiap aspek yang ingin ditampilkan. Jika Anda hanya menggunakan satu atau dua item yang tampak mewah dan berkelas, hal itu belum dapat dikatakan luxury interior.


Untuk menghadirkan desain yang menyeluruh tersebut, Anda perlu berkonsultasi dengan luxury interior designer. Sebagaimana diketahui, desain adalah sesuatu yang berkenaan dengan selera atau preferensi, serta kebutuhan. Desainer Anda biasanya akan mengaplikasikan konsep luxury interior yang menyeluruh berdasarkan hal-hal dan preferensi yang Anda sebutkan.

Utamakan kenyamanan


Hal selanjutnya yang sangat penting untuk diperhatikan dalam luxury interior adalah kenyamanan. Anda bisa saja tertarik dengan gaya dan pilihan peralatan yang unik, mewah, dan mahal. Meski demikian, Anda harus tetap memperhatikan kenyamanan dan sisi fungsional barang-barang tersebut. Terutama jika luxury interior diterapkan pada rumah hunian atau tempat yang Anda tinggali sehari-hari.


Sebenarnya, yang membuat luxury design terasa sangat berkelas bukan hanya dari barang-barang yang digunakan, tetapi juga nuansa yang dihadirkan. Tidak hanya dengan mengedepankan kemewahan, luxury design yang ideal haruslah dapat memberikan perasaan “hidup”, “terpelihara”, dan “nyaman”. Mewah, namun tetap fungsional dan tidak mengganggu aktivitas di dalam ruangan tersebut.


Baca juga: 8 Inspirasi Niche Marmer untuk Hunian Mewah Ala Romawi


Konsistensi desain


Konsistensi desain adalah hal berikutnya yang dapat menjadi penanda bagi penerapan konsep luxury design yang ideal. Hal ini masih sangat terkait dengan selera dan preferensi dari Anda sebagai pengguna. Di mana setiap orang memiliki gambaran yang berbeda mengenai konsep kemewahan dan hal yang ingin ditonjolkan dalam pengaplikasiannya pada ruangan.


Ada yang mungkin hanya ingin menonjolkan kemewahan pada ruang tamu, ada yang mungkin yang ingin membuat dapur dan ruang makan menjadi super istimewa. Ada pula yang ingin merasakan kemewahan di ruangan yang lebih pribadi seperti kamar atau kamar mandi. Meski demikian, hal yang perlu ada tegaskan adalah konsistensi desain untuk apapun hal yang ingin Anda kedepankan.


Detail pelengkap


Luxury interior akan membawa Anda pada berbagai macam gaya desain atau inspirasi desain. Misalnya Anda dapat terinspirasi dengan gaya klasik, ultra-modern atau bahkan minimalis kontemporer yang masing-masingnya memiliki karakteristik tersendiri pula. Oleh karena itu, detail aksen yang menonjolkan konsep desain tersebut sangat penting untuk Anda perhatikan.


Misalnya jika Anda ingin hunian Anda bergaya skandinavia, maka Anda perlu mematangkan penggunaan bahan-bahan kayu, serta pewarnaan serba putih. Lain lagi jika Anda ingin menonjolkan desain klasik tradisional, maka Anda dapat menampilkan lukisan mural di ruang tamu, atau dinding dengan aksen boiserie, sofa dengan material pelapis hingga tirai penutup jendela yang tebal.


Seimbang dan tidak berlebihan


Keseimbangan adalah hal terpenting dalam setiap hal yang berkaitan dengan desain dan tata letak, termasuk dalam luxury interior design. Sebenarnya, keseimbangan antara setiap item dalam desain akan menghadirkan kesan mewah yang tidak dibuat-buat dan berlebihan. Daripada menata semua barang mewah dan mahal di ruang tamu, Anda dapat membagikan pada ruangan dan titik lain di dalam rumah.


Perlu diingat bahwa meskipun luxury design identik dengan kemewahan, bukan berarti Anda dapat membuatnya berlebihan dan “heboh”. Hal ini karena luxury design juga dapat memberikan kesan yang indah dan mewah tanpa harus memamerkan banyak hal sekaligus. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu melakukan desain berlebihan atau membeli semua furnitur super mahal. Anda hanya butuh berkonsultasi dengan luxury interior designer yang tepat.


Baca juga: Berkenalan dengan Onyx, Si Cantik Tembus Cahaya


Menggunakan material alami


Penggunaan material alami juga merupakan karakteristik yang tidak terpisahkan dari luxury interior design. Bahan alami akan memberikan kesan yang asli dan autentik sehingga akan dengan mudah memperlihatkan kemewahan hanya dengan sekali pandang. Oleh karena itu, hal ini merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan untuk menghadirkan luxury interior design yang indah dan menawan.


Anda bisa menggunakan material alami seperti kayu untuk furnitur seperti kursi, meja, lemari dan lain-lain, tentunya dengan desain yang sesuai. Penggunaan material lain, seperti kulit, juga dapat menghadirkan kesan dan nuansa mewah yang tidak berlebihan jika digunakan dengan tepat. Selain itu, sentuhan alami juga dapat diperlihatkan dengan penempatan tanaman hidup di dalam ruangan.


Penggunaan batu alam


Salah satu hal yang selalu identik dengan kemurnian dan kealamian desain interior mewah adalah penggunaan batu alam seperti marmer, granit, onyx, travertine, kuarsit dan lainnya. Berbagai jenis batu alam tersebut identik dengan kemewahan dan umumnya didapatkan dengan harga yang mahal.


Baca juga: 5 Ide Penggunaan Marmer dalam Desain Interior


Penggunaan batuan ini yang paling umum adalah untuk lantai ataupun dinding bagian dalam ruangan. Namun tidak terbatas, material batu alam dapat dipergunakan untuk kolom, countertop, kitchen table dan lain-lain. Batu alam yang mewah tetap kuat dari sisi fungsional. Anda juga mungkin dapat menggunakan batu alam seperti onyx sebagai hiasan, dengan sentuhan pencahayaan backlit yang membuatnya bersinar. Dengan penggunaan yang tepat, keindahan material alami ini dapat menjadi kemewahan yang sesungguhnya.


Penyedia batu alam terlengkap untuk luxury design


Berbagai jenis batu alam untuk kebutuhan menghadirkan luxury interior dapat Anda temukan di Fagetti. Ada sekitar 900 jenis batu alam yang dapat Anda pilih untuk berbagai kebutuhan hunian mewah. Koleksi yang sangat beragam tersebut berasal dari dalam negeri dan luar negeri sehingga Anda leluasa dalam menentukan pilihan sesuai keinginan.

Melalui #CreateYourPerfection, Fagetti berkomitmen untuk membantu Anda menghadirkan kesempurnaan dengan penggunaan batu alam. Anda dapat mendiskusikan preferensi desain yang Anda inginkan dan Fagetti akan mewujudkannya dengan menggunakan teknologi termutakhir. Anda juga dapat mengandalkan Fagetti dalam hal instalasi dan perawatan batu alam yang semuanya dikerjakan oleh staf yang berpengalaman dan profesional.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia