• Fagetti

5 Keunggulan Batu Alam untuk Fasad Bangunan

Updated: Feb 10



Sebagai elemen pertama yang dilihat orang dari luar bangunan, fasad memiliki peran yang sangat penting bagi hunian mewah. Pemilihan material untuk fasad pun harus dilakukan secara tepat. Fasad batu alam menjadi pilihan untuk menonjolkan kemewahan dan keindahan sebuah bangunan.


Penggunaan fasad batu alam sendiri bukan hal baru. Sejak ribuan tahun silam, orang sudah memanfaatkan batu alam untuk fasad karena dapat memperindah bangunan. Hasilnya pun terlihat nyata karena sejumlah bangunan kuno masih berdiri megah dan terlihat indah hingga sekarang. Batu alam menjadikan wajah dari sebuah bangunan tampak lebih berkesan.


Batu alam dipilih menjadi material fasad bangunan bukan tanpa alasan. Ada sejumlah keunggulan dan manfaat yang bisa kita peroleh dari pengunaan batu alam untuk fasad. Berikut ini ulasannya.

1. Material alami yang sangat kuat

Ada beragam jenis batu alam dengan karakteristik yang berbeda-beda. Setiap jenis batu juga memiliki ketahanan yang bervariasi. Misalnya saja, batu granit yang merupakan salah satu material batu alam paling kuat untuk menutup fasad bangunan atau cladding. Tingkat kekerasan batu granit lebih tinggi dari marmer, onyx atau travertine.


Apapun jenis batu yang digunakan untuk fasad, tampilannya akan sangat natural. Anda yang menginginkan bangunan bernuansa alami dan ramah lingkungan bisa memilih batu alam sebagai material fasad. Material alami ini juga sangat kuat hingga ribuan tahun. Jenis batu alam ini.


Baca juga: Ini 4 Alasan Pentingnya Membeli Marmer Bergaransi


Dengan posisi fasad yang berada di bagian paling depan bangunan, batu alam akan terus terpapar sinar matahari dan hujan. Dalam hal ini, batu alam bisa bertahan dengan terpaan cuaca ekstrem hingga bertahun-tahun.


2. Ramah lingkungan


Batu alam termasuk dalam kategori material yang ramah lingkungan. Proses pertambangan dan pengolahan di pabrik menggunakan mesin dengan teknologi terbaru dan canggih. Proses ini membutuhkan biaya energi yang lebih sedikit serta tingkat emisi yang sangat rendah.


Baca juga: Travertine Punya Banyak Lubang, Lebih Baik Diisi atau Dibiarkan Terbuka?


Selain itu, batu alam merupakan produk yang dapat didaur ulang. Batu alam bisa bertahan selama ratusan bahkan ribuan tahun. Dengan instalasi yang tepat, batu alam dapat dilepas untuk dipasang kembali di bangunan lain. Jikapun tampilannya sudah kusam, batu alam masih bisa dipoles ulang sehingga warna dan motifnya akan kembali terlihat indah.


3. Insulasi alami


Batu alam dapat menjadi insulasi termal alami yang paling ideal. Ketika diaplikasikan dalam fasad bangunan, batu alam dapat mencegah dan menghambat perpindahan panas dari sinar matahari atau cuaca ekstrem yang lain. Pengunaan fasad dengan material batu alam dapat membuat ruangan menjadi lebih sejuk.


Fasad batu alam akan menjamin insulasi yang luar biasa. Bukan hanya menahan panas, fasad batu alam dapat membuat rumah tetap hangat saat dingin ekstrem menerpa. Fasad batu alam juga dapat menjadi insulasi akustik yang meredam kebisingan suara yang berasal dari luar bangunan.


4. Cocok untuk semua desain

Batu alam tersedia dalam jenis, warna dan motif dalam jumlah yang melimpah. Anda tak akan kesulitan untuk mencari batu alam yang unik untuk dijadikan sebagai fasad bangunan. Apapun desain fasad yang diinginkan, material batu alam bisa dipergunakan. Apalagi dengan dukungan teknologi tinggi, desain yang rumit dan kompleks pun dapat dibuat dari batu alam.


Baca juga: Teknologi Pemotongan Marmer untuk Desain yang Rumit dan Kompleks dengan Hasil Presisi


Jika Anda merancang desain bangunan yang klasik atau tradisional, maka batu alam merupakan material ideal. Sebaliknya, desain fasad yang paling inovatif dan kekinian pun bisa disajikan dengan material batu alam dengan sangat menawan.

5. Desain batu alam tak lekang oleh waktu


Batu alam bukan diproduksi oleh manusia, tapi diciptakan oleh tuhan di alam raya. Batuan ini dapat ditambang baik di permukaan maupun di perut bumi. Proses pembentukan batu di alam raya juga tidak sebentar tapi membutuhkan waktu ribuan tahun.


Alhasil, warna dan motif batu alam yang tercipta sangat unik dan tak bisa diulang. Berbeda dengan bahan bangunan yang lain seperti keramik yang bisa dibuat ulang jika permintaan pasarnya tinggi, warna dan motif batu alam tak ada yang sama persis satu sama lainnya. Dengan demikian, desain batu alam akan bersifat timeless dan tak pernah ketinggalan tren.


Dengan melihat berbagai keunggulan di atas, tak diragunakan lagi batu alam merupakan material paling ideal untuk fasad bangunan rumah mewah. Jika tertarik untuk membangun fasad batu alam import terbaik, Anda bisa datang ke supplier batu alam terbaik di Indonesia, Fagetti.


Perusahaan ini memiliki koleksi lebih dari 900 jenis batu alam seperti marmer, granit, travertine, sandstone dan lain-lain. Fagetti menawarkan total solution untuk kebutuhan batu alam Anda dari penyediaan material, pemotongan, poles, pemasangan hingga perawatan. Yang berbeda dari Fagetti, perusahaan ini berani memberikan garansi produk dan pemasangannya selama 3 tahun. Segera hubungi lewat WhatsApp 0811-8887-359 untuk membuat janji temu dengan tim marketing Fagetti.

105 views0 comments