• Fagetti

Travertine Punya Banyak Lubang, Lebih Baik Diisi atau Dibiarkan Terbuka?



Yang membedakan batu travertine dengan jenis batu alam lainnya adalah adanya lubang-lubang yang tersebar di permukaan batu. Lubang-lubang tersebut sangat unik namun membutuhkan perawatan ekstra dan kurang aman. Apa yang seharusnya dilakukan pada lubang-lubang batu travertine?

Batu travertine secara alami memiliki lubang-lubang di dalam batunya. Alam menciptakan batu travertine begitu unik karena proses pembentukannya yang tidak biasa. Batu travertine terbentuk di muara mata air panas atau gua-gua kapur. Lubang-lubang batu terbentuk dari aliran air atau gas di sela-sela batu selama ribuan tahun.


Sebagai material bangunan, batu travertine dapat digunakan untuk area indoor maupun outdoor. Travertine dapat digunakan untuk lantai, dinding di semua ruangan termasuk kamar mandi. Batu travertine juga banyak digunakan untuk fasad bangunan agar tampak megah dan mewah.


Baca juga: Travertine, Batu Alam Nan Eksotis untuk Material Dinding dan Lantai


Sebagian besar orang memasang travertine dengan menutup lubangnya. Tapi tidak sedikit juga yang membiarkan lubang-lubang travertine terbuka. Pada dasarnya, mengisi lubang-lubang batu travertine agar tertutup atau membiarkan lubang-lubang tetap terbuka sama-sama memberikan tampilan yang mengesankan. Namun Anda perlu memahami kelebihan dan kekurangan dua metode pemasangan travertine tersebut.


Menutup atau mengisi lubang travertine


Penutupan lubang-lubang pada batu travertine dilakukan dengan mengisi lubang-lubang batu dengan resin yang berwarna transparan. Lubang-lubang tersebut tetap akan terlihat oleh mata, namun jika disentuh permukaan batunya rata tanpa lubang-lubang. Dengan demikian, menutup lubang-lubang dengan resin warna transparan tidak akan mengurangi keunikan batu travertine dengan lubang-lubangnya yang unik.


Mengisi lubang travertine dengan resin membuatnya bisa dipasang di berbagai elemen ruangan baik indoor maupun outdoor. Dengan menutup lubang batu, risiko tangan tergores batu dapat dihindari sehingga batu travertine lebih aman jika bersentuhan dengan tangan atau kulit.


Baca juga: 7 Alasan Batu Alam Travertine Cocok untuk Area Outdoor


Selain itu, perawatan batu travertine yang telah ditutup dengan resin juga lebih mudah. Karena cairan, debu, daun kering, potongan rambut atau kotoran tidak dapat masuk ke dalam pori-pori batu lagi. Jenis finishing yang tepat untuk batu travertine yang diisi adalah polish filled dengan hasil akhir mengkilap, honed filled yang matte atau doff serta special finish filled dengan hasil akhir yang kasar atau bertekstur.


Membiarkan lubang travertine tetap terbuka


Bagi orang yang menyukai batu travertine yang alami dan apa adanya, lubang-lubang batu travertine dibiarkan tetap terbuka. Lubang-lubang travertine dianggap sebagai keunikan utama dari batu ini. Jadi menutup lubang-lubang batu dapat mengurangi estetika batu yang natural.


Dari sisi perawatan, batu travertine dengan lubang-lubang yang terbuka membutuhkan perawatan ekstra. Lubang-lubang travertine harus sering dibersihkan sebab debu dan kotoran termasuk bahan organik seperti dedaunan, potongan rumput atau rambut dapat dengan mudah masuk. Di area yang rentan lembab, jamur juga dapat dengan cepat berkembang di lubang travertine yang tidak terisi.


Meskipun permukaan batu telah diberi lapisan pelindung atau coating, tidak dapat mencegah cairan dan kotoran masuk ke lubang-lubang batu yang besar. Cairan dan kotoran yang masuk ke pori-pori batu lama kelamaan dapat merusak dan mengubah warna batu sehingga terlihat kusam.


Baca juga: 9 Inspirasi Desain Travertine Nan Memesona


Pilihan untuk menutup atau membiarkan lubang-lubang batu travertine terbuka tergantung preferensi masing-masing. Dengan ulasan di atas, Anda dapat mempertimbangkan dengan sebaik-baiknya saat akan membeli dan memasang batu travertine.


Bagaimana pun batu travertine merupakan batu istimewa yang dapat melengkapi keindahan dan kemegahan hunian Anda. Jika berniat menggunakan batu travertine untuk hunian atau project yang sedang Anda kerjakan, sebaiknya pilih supplier batu travertine yang memiliki koleksi travertine yang lengkap serta berpengalaman puluhan tahun.


Anda bisa datang ke Fagetti yang memiliki lebih dari 900 jenis batu alam untuk dipilih termasuk travertine. Perusahaan ini juga menggunakan mesin teknologi tinggi dari Italia untuk memproses batu alam agar hasilnya sempurna sesuai desain yang Anda inginkan. Untuk menjamin kepuasan pelanggan, Fagetti memberikan garansi selama 3 tahun. Anda bisa menghubungi Fagetti lewat WhatsApp 0811-8887-359.

14 views0 comments