• Fagetti

9 Inspirasi Desain Travertine Nan Memesona

Travertine mungkin tidak sepopuler marmer dan granit. Padahal, jenis batu alam ini memiliki tampilan yang mewah. Apakah Anda termasuk salah satu yang baru mendengar nama travertine dan masih meragukan kemewahannya? Kalau begitu, simak beberapa desain travertine untuk interior bangunan berikut ini.


Travertine tersedia dalam pilihan warna-warna yang netral. Di antaranya putih gading, krem, keemasan, cokelat, abu-abu, dan hijau keperakan. Warna ini dipengaruhi oleh tingkat kandungan mineral yang ada di lokasi tambang. Corak batu alam travertine didominasi dengan garis-garis yang halus dalam satu arah dan hampir memenuhi seluruh bidangnya. Hal ini juga yang menyebabkan batu travertine tidak memiliki warna solid. Namun, tidak perlu ragu karena karakteristik ini merupakan salah satu pendukung kemewahan dan keindahannya.


Durasi batu travertine memang ada di bawah marmer dan granit. Meski demikian, durasi pemakaiannya tetap bisa mencapai ratusan tahun. Masih tergolong fantastis, bukan? Sangat ideal untuk aplikasi interior bangunan.


Batu travertine sendiri banyak digunakan untuk bangunan kuil dan monumen bersejarah yang masih bertahan hingga saat ini. Sebut saja seperti Colosseum, Basilika Santo Petrus, Getty Center, dan Shell-Haus.


Berikut ini 9 desain tranvertine yang bisa menjadi bahan inspirasi:


1. Nuansa Emas Super Mewah


desain travertine apartemen
Fagetti - The Voila Apartment Surabaya

Walaupun hanya digunakan sesaat, toilet juga perlu didesain dengan mewah mengikuti interior bangunan. Dengan begitu, semua akan tampil sempurna. Toilet yang satu ini menggunakan travertine berwarna cokelat dengan corak yang memiliki tone lebih tua. Batu alam mewah menyelimuti dinding dan lantai. Elemen-elemen di dalamnya juga turut menyesuaikan. Ada cermin dengan bingkai emas dan meja wastafel dari marmer. Pencahayaan warna kuning memperkuat nuansa keemasan di area toilet.


2. Penataan Simetris


desain marmer travertine
Source: Hommes.studio

Dalam kesederhanaan sekalipun, batu travertine bisa tampil begitu mewah. Desain wastafel di atas hanya menggunakan travertine yang coraknya minimalis. Batunya dipotong dalam bentuk persegi panjang yang amat lazim. Susunannya dibuat simetris pada sisi kiri dan kanan. Tiang pengapit meja wastafel dibuat menjulang hingga ke langit-langit bangunan. Di kedua sisi pun terdapat cermin yang memantulkan kemewahan travertine.


3. Bagian dari Kitchen Island


desain travertine kitchen island
Source: Consentino.com

Tampil mewah di dapur bergaya minimalis tentu bisa. Misalnya dengan menggunakan travertine sebagai material kitchen island, lebih tepatnya di bagian permukaan. Warnanya krem, cukup kontras dengan warna putih di sekitarnya namun tetap terlihat senada.

Supaya kemewahan dan keindahan travertine ini terpancar dengan baik, pastikan untuk menggunakan perabotan yang mampu menyempurnakan. Kompor induksi yang permukaannya terbuat dari kaca terlihat serasi dengan travertine.


Baca juga: 5 Karakteristik Batu Travertine yang Wajib Anda Ketahui


4. Aksen Dinding yang Menawan


desain dinding travertine
Source: Houzz.com/Angela Wells

Travertine tidak selalu harus diaplikasikan sebagai bidang yang permukaannya lebar. Anda bisa coba melapisi dinding dengan potongan batu travertine. Potongan-potongan batu ini berukuran kecil, kemudian disusun rapi. Tinggi permukaannya dibuat berbeda-beda sehingga tercipta tekstur yang unik dan menarik perhatian dari kejauhan. Meski dipotong dalam ukuran kecil, corak dan warna travertine tetap dapat dinikmati.


Tampilan desain travertine seperti ini juga membuat interior bangunan tampak bagaikan bangunan bersejarah. Bila perlu, tambahkan pencahayaan dari atas untuk memperjelas tekstur dinding dan memberi efek dramatis.


5. Background Patio Mini


desain travertine patio mini
Source: Sareenstone.com.au/Maddalena Vienna

Bagi Anda yang memiliki area outdoor seperti patio mini seperti ini, jangan ragu juga untuk menggunakan travertine. Batu alam yang satu ini dapat tampil mewah sebagai dinding atau background patio tersebut. Lembaran travertine yang digunakan memiliki ukuran berbeda. Ketika diaplikasikan, tampilannya menyerupai kolase. Warna cokelatnya cocok dipadukan dengan material kayu pada lantai interior dan meja makan.


Tidak sampai di sini. Batu travertine juga digunakan untuk melapisi area pot permanen. Seakan-akan tanaman muncul dari balik batu. Penggunaan batu travertine di luar ruangan tidak akan mengurangi keindahan atau daya tahannya selama Anda melakukan coating secara rutin.


Baca juga: 6 Bangunan Menakjubkan yang Terbuat dari Batu Travertine


6. Perpaduan Tradisional dan Modern


desain cafe travertine
Source: Sprudge.com

Keinginan untuk memadukan interior bergaya tradisional dan modern bisa saja terwujud dengan penggunaan travertine, seperti yang diusung oleh kafe ini. Pilih travertine berwarna cokelat untuk melapisi lantai. Untuk elemen furnitur, ada banyak material kayu yang tampil apa adanya tanpa potongan yang rapi.


Nuansa modern kafe ini didukung dengan penggunaan elemen besi pada furnitur lainnya. Serta kaca untuk dinding dan pintu. Tidak hanya mewah, interior pun memiliki sentuhan hangat.


7. Kamar Mandi Full Travertine


Desain bathroom kamar mandi travertine
Source: Dluxeinternacional.com

Tampil mewah maksimal dengan penggunaan batu travertine secara menyeluruh. Desain interior kamar mandi ini menggunakannya pada area lantai dan dinding, tanpa kombinasi material lain. Hanya ada meja wastafel dan rak yang menggunakan material berwarna hitam. Batu travertine untuk desain ini berwarna krem dengan corak abu-abu. Corak garisnya vertikal sehingga menambahkan efek lorong yang lebih panjang. Ditambah dengan skylight di area pancuran, travertine semakin mewah saja saat tertimpa sinar matahari.


8. Dinding Lorong


Source: Movenpick Hotel

Masih seputar desain dinding. Kali ini ada batu travertine dengan corak yang amat tipis. Warnanya mendekati putih gading. Tampilannya elegan berpadu dengan aksen marmer pada lantai. Dinding travertine ini pun disusun menyerupai batu bata sehingga tidak terlihat membosankan.


9. Area Display


desain  travertine unik
Source: Dezeen.com/Halleroed

Travertine juga menarik untuk dijadikan display. Bukan sekedar material pelapis, tapi secara utuh alias dipahat. Ya, bongkahan batu travertine ini dipahat dan diberi tekstur pada beberapa sisi. Bagian permukaan atas dibuat rata untuk meletakkan produk. Ada pula rak dan gerbang koridor yang menggunakan pahatan travertine. Warnanya kuning kecokelatan. Coraknya sangat mirip dengan serat kayu. Alhasil tampilannya mewah dan unik. Dari satu sisi seperti batu alam. Dari sisi lain malah terlihat seperti kayu. Sedangkan lantai dan dindingnya menggunakan material beton yang tidak dilapisi cat atau material lain.


Baca juga: Travertine, Batu Alam Nan Eksotis untuk Material Dinding dan Lantai


Desain dan Travertine yang Tepat untuk Anda


Kami paham betul kalau setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Begitu pula dengan desain impian yang menggunakan travertine. Kesembilan desain interior mewah yang menggunakan travertine hanyalah sebagian kecil dari desain yang ada. Anda sendiri yang berhak menentukan desain akhir dan travertine seperti apa yang akan digunakan.


Fagetti hadir sebagai wadah untuk mewujudkan desain tersebut. Setelah menentukan desain, tentu Anda perlu mencari batu travertine yang tepat. Mulai dari ukuran dan warna. Sebagai importir batu alam yang sudah bergerak sejak 1986 akan membantu Anda.


Setidaknya ada lebih dari 900 jenis batu alam yang kami sediakan. Semakin banyak pilihan, semakin banyak pula peluang Anda untuk menemukan batu travertine impian. Tidak perlu ragu akan kualitas karena Fagetti memiliki prosedur quality control yang ketat.

Hubungi Fagetti pada nomor WhatsApp 0811-8887-359 untuk membuat janji temu. Kami tidak sabar untuk #CreateYourPerfection!

29 views0 comments