• Fagetti

7 Alasan Batu Alam Travertine Cocok untuk Area Outdoor

Updated: Aug 23

Tidak semua yang berasal dari alam mampu bertahan terhadap serangan cuaca ekstrim. Marmer misalnya. Meski batu ini tergolong awet dalam waktu puluhan hingga ratusan tahun, paparan air dan sinar matahari berlebihan akan mengurangi usia pemakaiannya sehingga tidak cocok untuk pemakaian outdoor. Untuk penggunaan di area outdoor, salah satu pilihan batu alam yang tepat adalah travertine.


Batu alam yang satu ini merupakan batu alam yang proses pembentukannya melibatkan air. Prosesnya dimulai saat aliran air melewati bagian batu lime. Lalu mengumpulkan kalsium dan melepaskan karbondioksida. Dibentuk oleh air, maka batu travertine cocok untuk area luar ruangan yang kerap terkena air. Di antaranya adalah dek kolam renang, jalan setapak, dan patio. Itulah salah satu alasan mengapa travertine cocok untuk area luar ruangan. Sedangkan alasan lainnya adalah sebagai berikut:


1. Daya tahan yang tinggi


Bicara soal batu alam, semua jenisnya terkenal memiliki daya tahan tinggi. Hal ini menjadikan batu alam awet dalam waktu yang sangat lama. Hal ini juga berlaku untuk batu travertine. Daya tahan sebuah material dipengaruhi juga oleh tingkat kekerasannya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, batu travertine berhasil mendapatkan poin pada angka 5 skala Mohs. Skala Mohs sendiri terdiri dari angka 1 hingga 10. Semakin kecil angkanya, maka semakin kecil juga tingkat kekerasannya.


Baca juga: Travertine, Batu Alam Nan Eksotis untuk Material Dinding dan Lantai


Daya tahan tinggi yang dimiliki batu travertine sudah dibuktikan oleh beragam bangunan bersejarah. Bukan hanya berusia puluhan tahun, tapi mencapai ribuan tahun. Beberapa contohnya adalah The Colosseum dan Hierapolis. Tidak ada yang lebih akurat dibandingkan contoh nyata tersebut, bukan? Ditambah lagi dengan daya tahannya terhadap air. Kualitas travertine pun semakin meningkat. Air kolam renang atau air hujan bukanlah masalah untuk travertine.



2. Memiliki tekstur anti slip


Material untuk area luar ruangan sebaiknya tidak memiliki permukaan yang licin. Pasalnya hal tersebut dapat membahayakan orang ketika melintas dalam keadaan basah. Jika material lain membutuhkan finishing khusus untuk memberikan tekstur anti slip, tidak demikian untuk travertine.


Batu travertine secara alami memiliki tekstur anti slip. Anda pun bisa menggunakan finishing mengkilap tanpa khawatir menjadikannya licin. Tekstur anti slip travertine ditandai dengan permukaan berpori dan tidak rata. Telapak kaki maupun alas kaki akan lebih mudah mencengkeram permukaan travertine saat melintasinya. Karakteristik batu travertine yang satu ini menjadikannya sempurna untuk lantai di sekitar kolam renang maupun kamar mandi.


3. Memiliki sifat anti panas


Ada satu hal menyebalkan yang kerap terjadi ketika keluar dari kolam renang. Yaitu kaki terasa panas begitu menapak di area dek. Apabila harus memakai alas kaki terlebih dulu, rasanya repot sekali. Lain cerita jika Anda menggunakan travertine untuk melapisi area dek kolam renang.


Baca juga: Inspirasi Penggunaan Batu Onyx untuk Interior Mewah


Batu travertine memiliki sifat anti panas. Meski terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu lama, suhu permukaan travertine akan tetap sejuk. Telapak kaki pun terasa nyaman saat menginjaknya secara langsung. Karakteristik yang satu ini juga membuat travertine cocok dijadikan pelapis lantai di sunroom atau patio.


4. Mudah dipotong dan dibentuk


Keinginan masing-masing individu dan ukuran bangunan jelas berbeda-beda. Oleh karena itu, material perlu dipotong dengan sempurna. Batu travertine sendiri sifatnya mudah dipotong, kemudian dijadikan bentuk apa pun. Alhasil ukuran travertine menjadi presisi, mudah dipasang, menempel dengan baik, dan terlihat sempurna.


Anda ingin tampil unik atau lebih megah lagi? Manfaatkan sifat travertine yang mudah dibentuk dan jadikan dekorasi. Misalnya saja patung atau ukiran untuk menghias dinding eksterior.


5. Tampilan ala bangunan bersejarah


Batu travertine memiliki tampilan yang unik. Selain mewah dan alami, travertine juga tidak lekang waktu. Batu travertine yang baru terbentuk pun akan terlihat seperti batu yang berusia ribuan tahun. Area yang menggunakan travertine pun akan tampak seperti bangunan bersejarah. Warna dan polanya juga sangat beragam. Dengan demikian, Anda dapat mewujudkan desain eksterior impian sedetail mungkin.


Baca juga: 6 Bangunan Menakjubkan yang Terbuat dari Travertine


6. Travertine cocok untuk semua konsep bangunan


Meskipun dikatakan memiliki tampilan yang kuno dan “bersejarah”, travertine tetap cocok untuk semua konsep bangunan. Hal ini disebabkan oleh ragam warna travertine yang netral. Di antaranya ada putih, beige, dan cokelat.


Menghias eksterior hunian minimalis dengan travertine? Tentu bisa. Malahan nilai estetika dan investasi semakin meningkat. Apabila memiliki hunian dengan konsep ala Romawi, tampilan hunian akan semakin megah. Sedangkan hunian dengan konsep Mediterania akan terlihat lebih eksotis dan alami berkat penggunaan travertine. Sudah tidak lekang oleh waktu, cocok untuk aneka konsep bangunan, tampilan bangunan pun jadi lebih megah.


7. Harga travertine lebih terjangkau


Daya tahan batu travertine kerap disandingkan dengan daya tahan marmer. Keduanya memang memiliki level yang sama. Harganya tidak terlalu berbeda. Namun dibandingkan dengan keunggulan spesial di mana travertine tahan terhadap air dan panas, harga batu travertine jadi terasa lebih terjangkau.


Pertimbangan sebelum menggunakan travertine


Ketika sudah mendapatkan alasan untuk menggunakan travertine, Anda tetap perlu mencari bahan pertimbangan lain. Misalnya dengan mempertimbangkan perawatan di kemudian hari. Sebagai batu alam, travertine memiliki resiko untuk menyerap noda. Hal ini bisa dicegah dengan menggunakan produk khusus untuk melapisi permukaan travertine. Selain itu, segera bersihkan permukaan ketika terkena tumpahan minuman, makanan, tanah, dan sebagainya.


Travertine juga rentan terhadap paparan zat asam. Jadi, alangkah baiknya jika Anda tidak menggunakan travertine sebagai material countertop atau meja makan. Baik itu di area dalam atau luar ruangan.


Temukan travertine terbaik di Fagetti


Saat sudah yakin kalau batu travertine adalah material terbaik untuk eksterior Anda, langkah selanjutnya adalah menemukan travertine itu sendiri. Pada saat memilih, pastikan Anda melakukannya secara detail. Mulai dari jenis, warna, pola, ukuran, kualitas serta pelayanan dari penyedia batu alam.


Fagetti merupakan perusahaan importir penyedia aneka batu alam. Setidaknya ada 900 jenis batu alam yang ditawarkan. Batu-batu alam ini didatangkan dari segala penjuru dunia dengan kualitas terbaik. Di antaranya adalah marmer, granit, onyx, dan travertine. Semakin banyak pilihan, tentu semakin besar pula peluang Anda menemukan travertine impian.


Mulai dari desain, pengukuran, pemotongan, pemasangan, hingga perawatan jangka panjang, semua bisa diserahkan kepada Fagetti. Menghadirkan eksterior hunian yang terbuat dari batu travertine pun menjadi lebih mudah. Terlebih lagi di masa pandemi seperti ini, Fagetti turut menghadirkan layanan secara online. Anda bisa menghubungi Fagetti lewat WhatsApp 0811-8887-359.


Pengalaman Fagetti pada bidangnya selama 34 tahun menjadi bekal untuk melayani seluruh konsumen, baik hunian atau bangunan komersial. Tunggu apalagi, segera temukan travertine terbaik dan #CreateYourPerfection bersama Fagetti.

48 views0 comments