• Fagetti

Inspirasi Penggunaan Batu Onyx untuk Interior Mewah

Updated: Jan 22

Dibandingkan dengan batu marmer, nama batu onyx belum terlalu populer di kalangan awam. Cukup disayangkan lantaran batu onyx memiliki pesona yang begitu menarik. Batu alam ini terkenal dengan sifat tembus cahaya. Sungguh elegan dan mewah, bukan?

Sifat tembus cahayanya ini terbentuk akibat lapisan mineral yang dikandungnya. Mineral yang dimaksud adalah chalcedony, kuarsa halus, kalsedon, silika, dan moganite. Batu onyx akan semakin elegan saat dipadukan dengan indirect lighting. Coraknya juga terlihat lebih jelas. Lantas, seperti apa bentuk aplikasi batu onyx untuk interior? Mari simak inspirasi desain interior batu onyx berikut ini!

Batu onyx untuk meja bar


Memiliki meja bar itu wajar untuk hunian mewah, termasuk di Indonesia. Spot yang identik dengan gaya hidup kelas atas ini pastinya perlu didesain dengan mewah juga. Anda bisa menggunakan batu onyx sebagai meja bar. Baik itu secara keseluruhan atau pada bagian tertentu.


Baca juga: Berkenalan dengan Onyx, Si Cantik Tembus Cahaya


Kemudian tonjolkan sifat tembus cahayanya dengan menambahkan lampu LED dari balik meja bar. Ada dua konsep yang bisa dicoba. Pada siang hari biarkan lampunya mati dan nikmati motif mewah dari batu onyx tersebut. Sedangkan pada malam hari, nyalakan lampunya untuk menikmati kecantikan batu onyx dan larut dalam suasana.


Batu onyx untuk headboard


Headboard adalah bagian kasur atau ranjang yang berfungsi sebagai sandaran punggung. Umumnya headboard ini bersifat empuk dan berukuran besar. Namun seiring berkembangnya zaman dan tren desain, headboard tidak lagi untuk sandaran punggung semata. Tapi juga sebagai elemen dekorasi interior yang mewah.


Bagi Anda yang sedang menentukan desain headboard untuk sekadar dekorasi, coba lirik batu onyx. Ukuran headboard bisa disesuaikan dengan ukuran kamar tidur dan kasur. Kemudian tambahkan pencahayaan dari balik headboard. Nuansa kamar tidur pun semakin mewah dan elegan. Poin plus lainnya adalah headboard onyx tembus cahaya ini dapat dimanfaatkan sebagai lampu tidur. Cukup praktis sehingga Anda tidak perlu menggunakan lampu tidur terpisah.


Baca juga: Kamar Tidur Jadi Mewah Berkat Headboard Marmer


Batu onyx untuk meja kerja


Meski kedengarannya sepele, desain ruang kantor nyatanya dapat mewakili kepribadian pemiliknya. Terlebih lagi ruang milik pemimpin perusahaan berkelas. Salah satu elemen yang perlu diperhatikan adalah meja kerja.


Alih-alih menggunakan material kayu, buatlah meja kerja yang mewah dan unik dengan batu onyx. Desain meja kerja dari batu onyx yang tertutup akan terlihat sangat menawan. Sumber pencahayaan untuk membuatnya berpendar dapat disembunyikan dengan baik.


Jika ada kendala untuk menambahkan cahaya, Anda bisa memanfaatkan sumber cahaya alami yang masuk melalui jendela. Meski tidak sedramatis bila menggunakan pencahayaan khusus, meja batu onyx tetap tampil mewah.


Batu onyx untuk dinding interior


Batu alam dijadikan pelapis dinding itu sudah biasa. Tapi jika dipadukan dengan backlit, itu luar biasa. Hal ini mungkin terjadi apabila batu yang digunakan adalah onyx. Backlit sendiri merupakan suatu bidang yang diberi pencahayaan dari belakang ke seluruh permukaan bidang tersebut.


Dinding interior semacam ini akan menjadi fokus utama sebuah ruangan. Siapa pun yang memasuki ruangan, akan langsung terpukau melihatnya. Apabila Anda tertarik untuk membuatnya, pastikan untuk menyediakan akses khusus menuju pencahayaan. Dengan demikian, Anda lebih mudah mengganti lampu yang rusak atau merapikan sambungan kabel yang dibutuhkan.


Baca juga: Marmer Tetap Mewah Saat Dipadukan dengan Aneka Material


Batu onyx untuk wastafel


Interior mewah tidak boleh tanggung-tanggung. Itulah mengapa bagian kamar mandi juga perlu tampil mewah. Batu onyx yang kerap dipadukan dengan lampu, sangat cocok dijadikan meja wastafel. Nuansa elegan yang terang sangat dibutuhkan orang saat mencuci tangan atau pun membenahi make up.


Untuk area wastafel ini, Anda perlu waspada. Pastikan kalau sumber listrik aman dari sumber air untuk mencegah timbulnya konsleting dan kebakaran. Serahkan kepada ahli di bidangnya demi keselamatan semua pengguna wastafel.


Aneka warna batu onyx


Dari awal sudah dijelaskan kalau batu onyx itu sifatnya tembus cahaya. Tapi, bukan berarti batu onyx benar-benar bening atau transparan. Batu onyx memiliki aneka warna dan corak yang menarik. Untuk memudahkan Anda saat memilih, ketahui dulu jenis batu onyx berikut ini:

  • Multicolor onyx

Jenis yang satu ini didominasi dengan warna cokelat. Coraknya bergelombang dengan warna beige, abu-abu, atau hijau tua. Batu onyx ini paling pas dipadukan dengan pencahayaan warna putih.

  • Tiger onyx

Jenis ini didominasi warna cokelat, namun coraknya berwarna putih dan emas. Coraknya bersifat vertikal. Seperti motif harimau, sangat elegan dan penuh kemewahan.

  • Green onyx

Batu yang satu ini didominasi oleh warna hijau. Kesannya begitu mewah dan alami. Coraknya sendiri beragam. Ada yang bergelombang, melebar seperti peta, hingga menyerupai sisik ular. Apabila Anda berencana untuk menerapkan desain interior yang luxury, jangan abaikan green onyx.

  • Wooden onyx

Sesuai namanya, jenis batu onyx ini memiliki tampilan seperti kayu. Warna dasarnya cokelat dan memiliki corak berupa garis-garis halus. Cocok untuk menghadirkan nuansa mewah namun penuh kehangatan.

  • Honey onyx

Batu onyx jenis ini memiliki corak yang abstrak. Namanya didapatkan karena warna batu ini oranye kekuningan, persis seperti madu. Tampilannya bisa terlihat mewah, bisa juga hangat. Tergantung dari warna cahaya yang digunakan dan bagaimana Anda memadukannya dengan elemen interior lain.

  • Volcano onyx

Untuk tampilan elegan dan fierce, Anda bisa memilih volcano onyx. Warna batu ini didominasi warna merah dengan semburat berwarna putih dan cokelat. Coraknya sendiri ada yang menyerupai aliran lava dan ceruk lava.

  • Ultraviolet onyx

Jenis batu onyx yang satu ini didominasi dengan warna cokelat agak keunguan. Coraknya memiliki ukuran besar. Beberapa batuan memiliki corak yang hampir membulat. Di sekelilingnya ada semburat berupa garis tipis dengan warna putih. Jenis onyx ini cocok untuk menampilkan nuansa elegan.


Baca juga: Tak Sekedar Cantik, Batu Marmer Juga Ramah Lingkungan


Pilih dan beli batu onyx terbaik hanya di Fagetti


Memilih batu onyx yang tepat bukanlah hal yang mudah. Anda harus mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan, ukuran, corak, warna, dan keserasiannya dengan elemen interior lain. Apalagi elemen yang akan dibuat akan digunakan dalam jangka waktu panjang. Salah memilih berarti Anda mengorbankan biaya dan batu secara sia-sia. Agar hal ini tidak perlu dialami oleh Anda, pastikan untuk memilih dan membeli batu onyx di Fagetti.


Fagetti merupakan perusahaan importir batu alam yang sudah beroperasi sejak tahun 1986. Kami menyediakan aneka jenis batu onyx. Dengan demikian, pilihan semakin banyak dan peluang Anda mendapatkan onyx yang diinginkan akan semakin besar pula. Usai memilih dan membeli batu onyx, Anda akan dibantu untuk proses pemotongan dan instalasi sesua desain yang diinginka. Urusan perawatan juga bisa diserahkan kepada kami. Kami tunggu kehadiran Anda untuk #CreateYourPerfection bersama Fagetti. Hubungi Fagetti via WhatsApp dengan klik link berikut ini: Kirim Pesan ke Fagetti.

37 views0 comments