• Fagetti

Berkenalan dengan Onyx, Si Cantik Tembus Cahaya

Updated: Sep 23

Saat mendengar kata batu onyx, kebanyakan orang akan teringat dengan batu cincin yang berwarna hitam. Padahal ada juga onyx yang memiliki corak indah dan tembus pandang. Warnanya ada merah, oranye, cokelat, hijau, dan putih.


Onyx cocok untuk menghiasi bangunan komersial atau pun hunian. Kemewahannya tidak kalah dari marmer dan granit yang lebih populer dijadikan pelapis bangunan. Apalagi jika dipadukan dengan indirect lighting. Cahaya akan menembus batu onyx sehingga siapa pun yang melihatnya dijamin akan terpukau.


Sebenarnya, apa yang membuat batu alam onyx bersifat tembus cahaya? Lalu, seperti apa kriteria batu onyx ini? Selengkapnya, kita bahas bersama yuk.


Aplikasi batu alam onyx pada meja resepsionis

Pembentukan batu onyx


Batu onyx atau ada yang menyebutnya marmer onyx terbentuk melalui endapan silika di dalam rongga gas lava. Endapan tersebut yang menciptakan corak pada batu onyx. Sedangkan sifat tembus pandangnya tercipta berkat lapisan mineral yang dikandungnya. Mineral tersebut adalah chalcedony dan cryptocrystalline yang terdiri dari intergrowtha, kuarsa halus kalsedon, silika, serta moganite.


Kepercayaan Yunani Kuno terhadap batu onyx


Nama batu onyx dalam bahasa Yunani berarti kuku. Hal ini dikarenakan warna batu onyx menyerupai warna kuku (tembus pandang, putih-krem). Orang Yunani percaya kalau batu onyx ini merupakan potongan kuku Dewi Venus.


Konon, Dewi Venus tengah beristirahat di tepi Sungai Indus. Pada saat itu, Cupid memotong kuku Dewi Venus menggunakan anak panahnya. Semua bagian tubuh dewi itu suci. Sehingga saat tenggelam ke dasar sungai, potongan kuku berubah menjadi batu onyx.


Selanjutnya batu onyx dijadikan batu pelindung. Batu ini kerap dibawa saat perang dan menyusuri jalan pada tengah malam. Pada upacara tertentu, batu onyx diukir dengan gambar dewa dan pahlawan kemudian dipajang. Sedangkan masyarakat India dan Persia percaya kalau batu onyx dapat melindungi mereka dari kuasa jahat dan mengurangi rasa sakit.


Baca juga: Berkenalan Lebih Dekat dengan Batu Alam Quartzite


Keunggulan Batu Onyx


Kembali lagi ke pembahasan batu onyx untuk bangunan. Batu ini memiliki ragam keunggulan yang belum tentu dimiliki oleh batu alam lainnya, di antaranya adalah

  • Batu onyx terdiri dari aneka corak

Layaknya marmer, batu onyx ini terdiri dari aneka corak. Tidak ada yang bisa menyamainya karena corak ini dibuat oleh alam. Hal ini akan membuat bangunan Anda lebih unggul dari segi desain dan tidak ada duanya. Apabila Anda membutuhkan batu onyx dalam skala besar, sebaiknya diserahkan saja kepada importir batu alam yang profesional. Mereka akan membantu Anda menemukan batu onyx corak terbaik dengan jumlah banyak agar seluruh sudut interior terlihat seragam.

  • Ruang sederhana jadi mewah

Kemewahan yang dimiliki batu onyx tidak akan pudar meski diaplikasikan pada ruangan sederhana. Malahan batu ini akan menjadikan ruangan terlihat mewah tanpa usaha yang berlebihan.

  • Cocok untuk interior klasik dan modern

Secara umum, batu onyx cocok untuk segala jenis interior. Misalnya saja interior klasik yang akan terlihat lebih elegan dan berkelas jika menggunakan batu onyx. Serta interior modern yang akan tampil lebih mewah karenanya. Untuk kesan yang lebih dramatis, Anda bisa menambahkan pencahayaan dari balik batu onyx.

  • Menambah nilai jual bangunan

Penggunaan batu onyx pada suatu bangunan merupakan salah satu bentuk investasi. Pasalnya, batu onyx ini sangat cantik dan dapat menambah nilai jual bangunan di kemudian hari.


Baca juga: 8 Tips Memilih Marmer Putih untuk Kitchen Countertop


Aneka jenis batu onyx


Batu onyx dibagi menjadi 7 jenis berdasarkan kategori warna dan corak. Untuk memudahkan Anda mencari jenis onyx yang diinginkan, simak daftarnya berikut ini:

  • Multicolor onyx lighting

Multicolor onyx lighting memiliki warna dominasi cokelat. Sedangkan coraknya membentuk gelombang dengan aneka warna. Umumnya seperti beige, abu-abu, dan hijau tua.

  • Tiger onyx

Batu onyx itu mewah, tapi jika menggunakan tiger onyx dijamin akan lebih mewah lagi. Jenis batu onyx yang satu ini didominasi warna cokelat. Menariknya, corak tiger onyx memiliki warna putih dan emas. Corak batu ini cenderung ke arah vertikal.

  • Green onyx

Kebanyakan batu alam didominasi warna putih, hitam, cokelat, dan merah. Bagaimana untuk batu untuk para penggemar warna hijau? Tenang, karena ada green onyx. Sesuai dengan namanya, batu ini didominasi warna hijau. Coraknya sangat beragam. Ada yang yang bergelombang, membentuk peta, hingga menyerupai sisik ular. Penggunaan batu onyx warna hijau dapat membuat interior tampak alami dan menenangkan.

  • Wooden onyx

Wooden onyx diberi nama demikian karena penampilannya mirip dengan material kayu. Warnanya didominasi oleh cokelat. Sedangkan coraknya seperti tekstur kayu dengan garis-garis yang halus. Tidak hanya menawarkan kemewahan, batu onyx jenis ini dapat menciptakan nuansa hangat dan natural. Sangat cocok untuk interior hunian.

  • Honey onyx

Corak honey onyx sangat abstrak. Jika menemukan yang tepat, estetika interior bangunan akan terlihat sempurna. Warna honey onyx ini oranye kekuningan, layaknya madu. Bila dipadukan dengan indirect lighting warna kuning, jadi semakin cantik.

  • Volcano onyx

Jenis volcano onyx didominasi warna merah dengan sedikit semburat berwarna putih serta cokelat. Coraknya bisa dibilang abstrak. Di satu sisi seperti aliran lava, di sisi lainnya bagai ceruk lava.

  • Ultraviolet onyx

Jenis ultraviolet onyx memiliki warna cokelat keunguan. Coraknya besar-besar dengan bentuk yang hampir bulat. Tepinya diiringi dengan semburat garis-garis tipis berwarna putih.


Aplikasi batu Onyx pada bangunan


Batu onyx memiliki sifat yang tembus pandang. Oleh karenanya batu onyx paling cocok dijadikan pelapis backlit. Backlit sendiri merupakan dinding atau bidang tertutup yang dilengkapi dengan sumber cahaya dari bagian belakang. Cahaya ini akan berpendar melalui batu onyx dan tampilannya sangat memukau. Coraknya akan terlihat lebih tegas. Berbeda dengan pencahayaan dari bawah atau samping. Selain untuk dinding, batu onyx juga cocok untuk backlit pada area meja, bar, dan wastafel.


Baca juga: Kemilap Statuario, Marmer Putih Paling Diminati Pasar


Menemukan batu onyx di tempat terbaik


Seperti yang sudah dijelaskan, batu onyx memiliki banyak jenis dan coraknya terbuat secara alami. Untuk menemukan batu onyx yang paling pas dengan keinginan, Anda perlu mencari banyak referensi dan membandingkan masing-masing corak. Semakin banyak pilihan, semakin besar peluang Anda mendapatkannya.


Fagetti adalah perusahaan yang bergerak di bidang batu alam dan menyediakan lebih dari 900 jenis batu alam. Membantu Anda untuk mencari corak batu onyx dalam skala besar adalah salah satu bentuk pelayanan Fagetti.


Usai menemukan batu onyx, silakan #CreateYourPerfection. Fagetti turut menyediakan jasa pemotongan batu alam menggunakan mesin dengan fitur high speed cutting. Hasilnya dijamin presisi dan konsisten.


Demikian pembahasan Fagetti terkait batu onyx, si cantik yang tembus pandang. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan batu onyx, segera hubungi tim Fagetti. Selamat memilih!

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia