• Fagetti

Tak Sekedar Cantik, Batu Marmer Juga Ramah Lingkungan

Updated: Jan 19

Desain sustainable mengacu pada desain yang meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari penggunaan sumber daya yang ada serta mengurangi dampak negatif terhadap manusia dan lingkungan sekitar. Salah satu aspek penting dalam pembangunan desain sustainable adalah pemilihan material yang tepat. Salah satu material bangunan yang sustainable adalah marmer Berikut ini ulasan tentang marmer sebagai sustainable material.


Marmer merupakan material alam


Marmer merupakan produk asli dari alam yang membuatnya sangat ramah lingkungan dan pada saat yang bersamaan menawarkan berbagai kelebihan. Batu alam tersedia dengan bebas tanpa dibutuhkan material dan sumber daya tertentu sebagai bahan pembuatannya. Tidak hanya itu, ketersediaan batu alam sangatlah luas dengan ragam pilihan vein warna, tekstur, bentuk, dan karakteristik teknis yang membuatnya dapat dipergunakan untuk beragam jenis kebutuhan.


Tampilan batu alam marmer yang sangat beragam merupakan hasil dari susunan atau komposisi mineral yang berbeda serta adanya pengaruh perubahan geologis yang berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Batu alam tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan, sehingga aman dipergunakan baik untuk area eksterior maupun interior. Hal ini merupakan salah satu faktor utama dalam desain sustainable.


Baca juga: Pesona Marmer Hitam yang Mewah dan Elegan


Keunggulan lain dari bahan alam yang satu ini adalah ketersediaannya yang melimpah di berbagai penjuru dunia. Artinya, Anda dapat dengan mudah mendapatkan ragam batu alam dari supplier lokal di sekitar Anda. Ketersediaan industri batu alam lokal seperti ini mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dari segi pengurangan emisi selama proses transportasi. Di sisi lain, kemajuan teknologi dan transportasi saat ini juga memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan batu alam jenis tertentu yang berasal dari daerah atau negara lain .


Kuat dan tahan lama


Salah satu kelebihan utama dari batu alam adalah sifatnya yang kuat dan tahan lama. Karakteristik ini menjadi salah satu alasan mengapa material ini disebut sebagai sustainable material. Penggunaan batu alam akan meningkatkan nilai dan daya jual sebuah hunian dan pada saat yang bersamaan mengurangi kebutuhan penggantian material untuk waktu yang sangat lama.


Batu alam marmer dan ragam batu alam lainnya seperti granit, slate, dan travertine akan terlihat lebih menawan seiring dengan berjalannya waktu. Batu alam dapat dipergunakan di berbagai area dalam hunian mulai dari dapur, kamar mandi, ataupun teras dan dapat bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Dengan begini, Anda tidak perlu mengotak-atik sumber daya alam untuk jangka waktu lama dan prinsip ini berjalan seiring dengan prinsip dasar dari konsep sustainable.

Perawatan yang mudah


Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menikmati keindahan batu alam dalam jangka waktu alam. Proses perawatan batu alam itu sendiri terbilang mudah. Terdapat berbagai pilihan finishing yang dapat diaplikasikan pada batu alam untuk memberikan tampilan yang mempesona dan meningkatkan daya tahan terhadap cuaca serta penggunaan sehari-hari.


Untuk perawatan rutin, penggunaan air sudah cukup untuk membersihkan sebagian besar jenis batu alam. Cairan pembersih khusus marmer diperlukan untuk perawatan marmer yang lebih optimal . Untuk perlindungan marmer, Anda perlu memberikan coating atau penambahan lapisan pelindung. Lapisan pada marmer ini bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih terhadap berbagai elemen yang dapat menodai penampilannya. Proses aplikasinya sendiri terbilang mudah dan tidak memakan waktu lama.


Bersifat recyclable atau dapat didaur ulang


Sebagai material alam, batu alam memiliki sifat recyclable atau dapat didaur ulang. Artinya, batu alam memiliki potensi besar untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan. Proses daur ulang ini juga pada dasarnya dapat menghemat penggunaan sumber daya alam seperti air dan listrik yang dipergunakan dalam proses penambangan atau pada proses pengolahan bahan mentah menjadi bahan siap pakai. Penghematan ini membawa dampak positif bagi ekosistem dan ketersediaan sumber daya alam.


Baca juga: Marmer tetap Mewah saat Dipadukan dengan Aneka Material


Hasil daur ulang dari batu alam dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan. Sebagai contoh, batu alam dari bangunan tua dapat dipergunakan kembali sebagai façade, material untuk paving, ataupun sebagai retaining walls. Tidak hanya itu, potongan-potongan batu alam dapat dipergunakan untuk menciptakan desain lantai atau dinding mosaic yang menawan. Pilihan yang ada tidak terbatas, sesuai dengan kreativitas sang desainer.

Proses penambangan dan pengolahan batu alam yang ramah lingkungan


Proses penambangan dan pengolahan batu alam sudah berlangsung sejak lama. Perkembangan teknologi membuat kedua proses tersebut menjadi lebih efektif, efisien, dan lebih ramah lingkungan. Aspek inilah yang menjadi salah satu faktor pendukung mengapa batu alam disebut sebagai sustainable material. Kemajuan teknologi membuat para pelaku industri batu alam mampu mendapatkan produk yang dibutuhkan dengan tetap menjaga sumber daya yang ada, mengurangi tingkat polusi, serta meminimalisir hasil pembuangan.


Tidak hanya itu, teknologi juga memainkan peran penting dalam proses pengolahan batu alam. Penggunaan mesin terbaru yang membuat proses pemotongan batu alam menjadi lebih efisien dan lebih akurat sehingga dapat menghewat waktu dan sumber daya merupakan salah satu contoh penerapan teknologi dalam pengolahan batu alam.

Penyedia marmer terbaik di Indonesia


Penggunaan marmer sebagai sustainable material pada bangunan yang ramah lingkungan kini menjadi pilihan banyak orang. Untuk memastikan bahwa marmer yang Anda pergunakan merupakan sustainable material, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memilih supplier batu alam marmer terpercaya. Supplier marmer terbaik dapat memberikan garansi kualitas produknya. Tidak hanya itu, supplier tersebut juga memiliki teknologi terkini untuk memastikan proses pengolahan marmer sudah sesuai dengan prinsip sustainable.


Baca juga: Kemilap Statuario, Marmer Putih Paling Eksotis


Anda bisa mendapatkan marmer terbaik dari Fagetti. Dukungan teknologi membuat setiap produk marmer Fagetti siap diantarkan tepat waktu. Penggunaan mesin dengan teknologi terbaru memberikan jaminan berupa proses pemotongan yang cepat, presisi, dan konsisten untuk hasil terbaik dan tentu saja tanpa membuang-membuang sumber daya yang ada.

Fagetti memastikan bahwa semua proses yang dilakukan mendukung program sustainability untuk menjaga sumber daya alam bumi untuk masa depan kita semua. Ada garansi selama tiga tahun atas kualitas marmer dan pemasangannya. Jadi tak perlu ragu untuk membeli marmer impor terbaik dari Fagetti. Hubungi Fagetti via WhatsApp dengan klik link berikut ini: Kirim Pesan ke Fagetti.

25 views0 comments