• Fagetti

Kemilap Statuario, Marmer Putih Paling Diminati Pasar

Updated: Sep 10

Marmer Statuario menjadi salah satu jenis marmer yang paling diminati pasar. Permukaan batu marmer ini didominasi warna putih susu dan corak warna abu-abu tipis. Aplikasi marmer Statuario dalam desain interior dan eksterior hunian mampu memberikan kesan mewah dan elegan.


Di Indonesia, marmer impor ini juga sangat populer dan banyak dicari. Jika termasuk salah seorang yang berniat membeli marmer Statuario untuk melapisi hunian, Anda perlu mengetahui fakta-fakta menarik marmer Statuario berikut ini.


Asal mula nama marmer Statuario


Nama ‘Statuario’ atau ‘Statuary’ diberikan kepada marmer ini lantaran sering digunakan sebagai material pembuatan patung. Kecenderungan penggunaan marmer Statuario sebagai material pembuatan patung tidak lepas dari strukturnya yang kompak sehingga lebih mudah dibentuk. Selain itu penamaan ini juga tidak lepas dari eksisnya karya seni berupa patung yang telah dihasilkan oleh seniman masa lampau dengan menggunakan marmer.


Salah satu patung yang melegenda dibuat dengan menggunakan marmer Statuario adalah David oleh seniman bernama Michelangelo. Patung ini memiliki tinggi 5,17 meter yang menggambarkan subjek laki-laki yang bernama David yang identik dengan karya seni khas di kota Firenze. David dianggap mahakarya dari abad renaisans yang menjadi simbol untuk kota Firenze, Italia dan menjadi karya Michelangelo yang paling terkenal.


Baca juga: Yuk, Intip 5 Bangunan Marmer Paling Populer di Dunia!


Lokasi Tambang Marmer Statuario


Marmer Statuario berasal dari satu wilayah tambang di kota Carrara, Tuscany, Italia. Selain Statuario ada dua jenis marmer terkenal lainnya yang berasal dari tambang tersebut yaitu marmer Carrara dan Calacatta.


Tambang Carrara merupakan salah satu tambang marmer terbesar di dunia yang sudah dieksploitasi sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Marmer dari tambang ini telah menjadi material banyak bangunan yang terkenal, tidak hanya di Italia, tetapi di seluruh di dunia.


Situs-situs pertambangan marmer di kota Carrara sendiri terletak di sekitar pegunungan Alpen. Ada lebih dari enam ratus situs tambang di kota tersebut, baik yang sudah ditinggalkan maupun yang masih digali hingga saat ini. Hal tersebut menjadikan kota Carrara sangat identik dengan hasil alam marmernya yang telah ditetapkan sebagai Sumber Daya Batu Warisan Global oleh International Union of Geological Sciences. Tidak banyak tambang batu alam yang mendapatkan gelar tersebut, sehingga menjadi suatu kebanggaan tersendiri.


Baca juga: Ini 5 Lokasi Tambang Marmer Terbesar di Dunia


Corak marmer Statuario


Marmer statuario memiliki warna dasar putih susu dan corak warna abu-abu. Dibandingkan dengan jenis marmer putih lain yang hampir serupa, Statuario dikenali karena warna yang lebih kontras antara warna dasar dan coraknya. Selain itu, guratan-guratan motif yang terdapat pada marmer ini juga cenderung lebih tipis dan tidak terlihat ‘berbulu’. Dengan motif tersebut, marmer Statuario akan tampak lebih sederhana, bersih dan elegan.


Motif yang cenderung netral dan tidak terlalu ramai membuat marmer statuario menjadi salah satu marmer yang paling digemari di dunia. Motif marmer Statuario ini cocok untuk diterapkan pada berbagai jenis gaya desain dan bangunan dari klasik hingga futuristik. Sayangnya, saat ini ketersediaan marmer statuario semakin sedikit langka dan tidak lagi tersedia di semua penyedia batu alam. Hal tersebut membuat harga marmer statuario semakin mahal.


Perbedaan marmer Statuario dengan Carrara dan Calacatta


Meskipun berasal dari wilayah yang sama, marmer yang dihasilkan oleh tambang di kota Carrara tidak seragam. Setidaknya ada tiga jenis marmer Italia yang terkenal dan berasal dari tambang di sekitar pegunungan Alpen tersebut. Ketiganya adalah marmer Carrara, Calacatta dan Statuario yang secara umum mirip yaitu memiliki warna dasar putih, serta corak abu-abu. Ketiga jenis marmer tersebut juga masih akan terbagi lagi dalam banyak jenis, dan beberapa di antaranya hanya memiliki corak dan warna dasar yang sedikit berbeda.


Marmer Carrara dikenal sebagai marmer warna putih keabuan dengan guratan yang halus, tipis dengan corak yang terlihat ‘berbulu’ berwarna abu-abu. Selanjutnya, Calacatta memiliki warna yang lebih putih serta guratan yang lebih tebal. Jenis ini memiliki varian eksklusif yang langka dan sangat berharga yaitu marmer dengan warna dasar atau gurat coklat atau keemasan. Sementara Statuario memiliki bagian yang lebih kontras dan antara warna dasar dan guratannya yang dapat berwarna abu-abu atau keemasan.


Penggunaan marmer Statuario


Seperti yang disampaikan sebelumnya, marmer Statuario sudah digunakan sejak ratusan tahun lalu, terutama untuk pembuatan patung. Seiring dengan berkembangnya teknologi desain dan bangunan, kegunaan marmer ini pun banyak mengalami perubahan.


Saat ini, marmer Statuario banyak digunakan untuk menghias interior serta eksterior bangunan, dengan warna dan coraknya yang elegan dan menarik. Marmer yang tersedia di pasaran biasanya sudah dipoles dan terlihat mengkilap, sehingga dapat langsung digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Marmer statuario dapat digunakan untuk interior rumah seperti lantai dan dinding, hingga meja dapur sebagai material batu yang tidak hanya indah, namun juga kuat dan tahan lama. Selain itu, marmer statuario juga digunakan sebagai pelapis dinding kamar mandi atau toilet yang membuatnya tampak mewah dan berkelas. Sementara untuk eksterior, marmer statuario juga dapat dipakai untuk melapisi dinding luar bangunan sehingga memiliki kesan yang sederhana namun tetap tampak elegan dan mewah.


Baca juga: Kenali Jenis-jenis Marmer untuk Mempercantik Bangunan


Tempat membeli marmer Statuario terbaik


Ketersediaan marmer jenis Statuario yang berkualitas di pasaran tidak terlalu banyak. Anda juga harus teliti jika ada penjual marmer yang menyebut marmer putih miliknya adalah jenis Statuario. Ingat! Tidak semua marmer putih dan bercorak abu-abu adalah Statuario.

Jika ingin membeli marmer Statuario yang cantik dari supplier terpercaya, Anda bisa datang ke butik Fagetti di Cibitung, Bekasi. Di Fagetti, Anda akan mendapatkan marmer Statuario berkualitas dengan stok yang melimpah.


Selain marmer Statuario, Anda juga bisa menemukan ratusan jenis marmer impor lainnya di Fagetti. Kini, perusahaan yang sudah berdiri sejak 1986 ini memiliki koleksi lebih dari 900 jenis batu alam terutama marmer dan granit. Semakin banyak pilihan marmer berkualitas, semakin leluasa pula Anda mewujudkan desain hunian yang diimpikan.


Fagetti memberikan Anda kesempatan untuk #CreateYourPerfection dengan marmer Statuario dan jenis marmer lainnya. Tidak hanya melayani pengadaan marmer dengan jenis dan motif yang unik, Fagetti juga melayani jasa pemrosesan, pemasangan hingga perawatan marmer. Apapun kebutuhan marmer Anda, Fagetti adalah solusinya!

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia