• Fagetti

Yuk, Intip 5 Bangunan Marmer Paling Populer di Dunia!

Updated: Oct 6

Penggunaan marmer sebagai bahan bangunan sudah dilakukan selama berabad-abad. Hal ini terlihat dari sejumlah bangunan marmer peninggalan peradaban masa lampau yang masih terjaga keindahannya hingga saat ini. Sebagai material bangunan, batu marmer memang memiliki daya tahan hingga ratusan tahun. Tak heran jika marmer kerap dijadikan material untuk membangun monumen peringatan.


Berikut adalah beberapa bangunan terkenal di berbagai belahan dunia yang menggunakan marmer sebagai material pembuatannya.


Taj Mahal


Bangunan ini merupakan sebuah bangunan berupa mausoleum di Agra, India yang berdiri di atas tanah seluas tujuh belas hektar, dan ketinggian 73 meter. Taj Mahal dibangun pada tahun 1632 dan selesai pada tahun 1653 atas perintah Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai tempat untuk makam istrinya, Mumtaz Mahal. Bangunan ini juga kemudian menjadi tempat di mana Shan Jahan sendiri dimakamkan saat ia wafat pada tahun 1666.


Taj Mahal menjadi salah satu bangunan paling banyak dikunjungi di dunia dan telah ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1983. Keindahan Taj Mahal yang merupakan rancangan arsitek Ustad Ahmad Lauhari ini dikagumi dan dinilai sebagai salah satu karya terbaik dalam arsitektur Mughal. Penggunaan marmer putih pada bangunan ini seolah mengukuhkan marmer sebagai batuan yang identik dengan kemewahan dan kekuasaan.


The Washington Monument


The Washington Monument adalah sebuah monumen obelisk yang dibuat untuk mengenang presiden pertama Amerika Serikat, George Washington. Bangunan ini berlokasi di National Mall, Washington DC, dan pernah menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia pada tahun 1884-1889 sebelum dikalahkan oleh menara Eiffel. Meski demikian, bangunan ini masih menjadi bangunan berstruktur batu dan obelisk tertinggi di dunia hingga saat ini dengan ketinggian sekitar 169m.


Monumen ini terbuat dari berbagai batuan alam seperti marmer, granit dan gneiss biru yang menjadikannya sebagai salah satu bangunan dengan struktur batu yang ternama. Pembangunannya diawali pada tahun 1848 hingga 1854 dan mengalami penghentian selama 23 tahun. Hal ini membuat adanya perbedaan marmer yang tampak dari di ketinggian 46 meter ke atas lataran marmer yang digunakan berasal dari sumber yang berbeda.


The Pantheon


Pantheon adalah sebuah kuil Romawi yang sesuai namanya, "rumah semua dewa", didedikasikan sebagai tempat pemujaan bagi semua Dewa. Bangunan ini merupakan salah satu bangunan tertua di dunia yang menjadi bukti peradaban bangsa Romawi kuno dan telah menjadi saksi sejarah yang panjang peradaban dunia. Terletak di kota Roma, Italia, The Pantheon dikenal sebagai salah satu bangunan yang menggunakan marmer untuk material lantai dan dindingnya.


Baca juga: Ini 5 Lokasi Tambang Marmer Terbesar di Dunia


Salah satu jenis marmer yang digunakan dalam pembuatannya adalah pentelic marble atau marmer penteli yang ditambang di Yunani. Material lainnya antara lain adalah marmer kuning Numidian dan juga granit. Bangunan ini sempat beralih fungsi menjadi gereja dan pernah hancur sebagiannya akibat serangan. Sebagian besar marmer pada Parthenon telah hilang akibat penjarahan dan kini telah menjadi koleksi museum di Inggris.


Marble Arch


Marble Arch adalah monumen dalam bentuk gerbang kejayaan yang dibuat sebagai perayaan kemenangan Inggris dalam perang Napoleon. Gerbang ini rencananya akan dijadikan gerbang ke Istana Buckingham yang waktu itu sedang dibangun. Rancangan awal banguna ini berkiblat pada bangunan yang serupa di Roma dan Paris. Namun, sempat terjadi penghentian pengerjaan akibat wafatnya raja dan baru dilanjutkan kembali beberapa tahun kemudian.


Lengkungan ini dibuat dengan marmer Carrara yang berasal dari tambang di dekat Seravezza, Italia. Bentuk yang kita lihat saat ini sudah jauh berbeda dari rancangan aslinya yang awalnya akan ditempatkan di dekat istana. Setelah pengerjaan selesai, Marble Arch dianggap tidak cukup besar sehingga dipindahkan ke lokasinya sekarang yaitu di salah satu sudut taman kerajaan, Hyde Park. Hingga saat ini, Marble Arch masih menjadi salah satu daya tarik yang bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke London.


Marble Boat


Bangunan selanjutnya yang juga terbuat dari marmer adalah Marble Boat yang terletak di Summer Palace, Beijing, Tiongkok. Perahu ini tidak dapat dilayari dan merupakan dekorasi taman klasik untuk memperkaya pemandangan yang indah serta dapat menjadi tempat untuk bersantai dan berpesta. Selain itu, pembuatan perahu marmer berukuran besar ini juga dimaksudkan sebagai perlambangkan pemerintahan Dinasti Qing.


Bangunan kapal ini didirikan tahun 1755 dengan material alat dasar balok batu besar untuk menopang superstruktur kayu. Namun, paviliun tersebut hancur dalam sebuah perang pada tahun 1860 yang menyisikan bagian alas marmernya saja. Setelah mengalami perombakan, bangunan kapal ini dibuat bergaya ala barat sehingga menjadi satu-satunya dekorasi bergaya barat di Summer Palace. Keberadaannya kapal ini sebagai dekorasi juga menjadi daya tarik sendiri bagi setiap pengunjung Summer Palace.


Baca juga: Kenali Jenis-jenis Marmer untuk Mempercantik BangunanBangunan Marmer Lainnya


Selain beberapa bangunan di atas, Anda juga akan menemukan marmer digunakan untuk tempat ibadah seperti masjid atau gereja. Misalnya adalah Masjid Agung Sheikh Zayed (Abu Dhabi, UEA) yang merupakan masjid terbesar di dunia. Atau gereja Fransiskan yang bernama Basilica of Santa Croce di Florence, Italia, yang merupakan makam tokoh terkenal dunia termasuk Galileo Galilei. Penggunaan marmer juga terdapat pada kuil marmer Wat Benchamabophit Dusitvanaram yang terletak di Bangkok, Thailand.


Marmer juga digunakan sebagai bahan bangunan modern yang fungsional seperti gedung Mahkamah Agung Amerika Serikat di Washington DC. Selain itu, ada monumen konstitusi di Turkmenistan yang mendapat rekor dunia sebagai bangunan dengan lapisan marmer terputih yang pernah ada. Penggunaan marmer ini juga diterapkan dalam pembuatan jembatan marmer seperti yang ada di Rusia yaitu Marble Bridge Catherine Park.


Tempat Membeli Marmer Terlengkap untuk Bangunan Anda


Ada banyak sekali bangunan bersejarah serta bangunan penting di seluruh dunia yang dibangun dengan menggunakan marmer. Hal ini menunjukkan kualitas marmer sebagai material pembangunan yang tahan lama serta bernilai karena keindahannya. Di banyak peradaban, batu alam tersebut juga identik dengan simbol kejayaan dan kekuasaan yang megah. Meskipun telah dibangun berabad-abad lalu, beberapa bangunan masih sangat terjaga keindahannya hingga saat ini.


Baca juga: Berniat Pasang Lantai Marmer? 7 Hal Penting Ini Wajib Anda Ketahui


Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan marmer atau pengadaan marmer untuk project bangunan yang sedang dikerjakan, Fagetti adalah tempat yang tepat untuk Anda. Perusahaan ini menyediakan 900 jenis batu alam untuk dekorasi, termasuk marmer dan granit. Melalui #CreateYourPerfection Fagetti juga menawarkan penyesuaian desain dan gaya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Anda juga dapat menggunakan layanan Fagetti mulai dari instalasi hingga perawatan marmer.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia