• Fagetti

Kenali Jenis-jenis Marmer untuk Mempercantik Bangunan

Updated: Aug 11



Sebagai batu alam, marmer dapat ditemui di berbagai belahan dunia dengan jenis-jenisnya yang beragam. Jenis-jenis marmer tersebut masing-masing memiliki ciri khas, warna dan corak yang memukau. Para arsitek dan desainer membawa keindahan dan kemewahan marmer untuk mempercantik sebuah bangunan.


Dikenal sebagai batuan yang indah dan kuat, marmer kerap dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan baik interior maupun eksterior bangunan. Meskipun memiliki tekstur yang kompak, batu ini dapat dipahat dan dibentuk menjadi lantai, dinding, meja, dapur, kamar mandi, dan lain-lain.


Bagi yang tertarik menggunakan batu marmer untuk mempercantik bangunan gedung dan hunian, Anda sebaiknya mengetahui berbagai jenis marmer sehingga dapat menentukan pilihan yang tepat.


Jenis-jenis marmer dari berbagai negara


Batuan marmer umumnya ditemukan di wilayah pegunungan atau goa dan tersebar di berbagai wilayah di dunia. Berikut adalah beberapa jenis marmer yang terkenal dari berbagai belahan dunia dengan keunikannya masing-masing.


Carrara


Italia dikenal dengan marmer berwarna biru-abu-abunya yang disebut Carrara marble atau marmer Carrara. Marmer ini telah digunakan sejak zaman Romawi Kuno untuk membangun kuil-kuil seperti Kuil Proserpina, The Pantheon dan lain-lain.


Selain itu, ada banyak sekali bangunan dan patung di seluruh dunia yang menjadikan batuan ini sebagai materialnya. Marmer carrara juga telah ditunjuk sebagai Sumber Daya Batua Warisan Global oleh International Union of Geological Sciences.


Statuario


Nama Statuary atau Statuario diberikan karena jenis ini adalah marmer yang kerap dipakai untuk banyak patung ternama dunia. Sama halnya dengan marmer carrara, marmer statuario juga berasa dari daerah Carrara, Italia.


Karakteristiknya adalah warna putih cerah dengan sedikit sekali variasi warna pada coraknya. Gurat-gurat pola pada batuan ini umumnya berwarna abu-abu sehingga tidak memiliki bagian yang sangat kontras. Jenis ini sangat digemari di Indonesia karena memberikan kesan sederhana namun elegan dan juga mudah disatukan ke dalam desain dan interior bangunan.


Pentelic


Yunani memiliki gunung kapur bernama Gunung Pentelicus atau Pentelikon yang dikenal sebagai penghasil marmer kualitas tinggi. Karakteristik marmer dari gunung ini adalah berwarna putih dengan tekstur berbutir halus. Uniknya, marmer Pentelic atau Pentelic marble ini juga bersifat semi-translucent atau agak bening dan tembus cahaya.


Baca juga: Kini Beli Marmer Fagetti Bisa Online


Marmer ini memiliki nilai sangat tinggi karena telah digunakan untuk membuat sebagian besar Akropolis Athena. Selain itu, peradaban Romawi juga mengimpor marmer ini untuk membuat berbagai konstruksi pahatan.


Kreol


Berasal dari daerah tambang di Pickens County, Georgia, marmer Kreol atau Creole marble juga kerap dikenal sebagai marmer georgia. Marmer ini memiliki tekstur berbutir kasar dengan campuran warna yang terdiri dari putih, biru, biru tua, abu-abu dan hitam.


Biasanya marmel Kreol dijual berdasarkan kecerahan warnanya yaitu cerah, sedang hingga gelap. Berbagai bangunan dan monumen di Amerika Serikat menggunakan marmer ini sebagai salah satu materialnya.


Etowah


Masih berasal dari daerah Georgia, marmer Etowah atau Etowah marble dikenal dengan warnanya yang tidak umum yaitu merah muda. Variasi warna merah muda pada marmer etowah mulai dari pink, salmon, hingga rose merupakan warna unik yang membuat batuan ini digemari, terutama di Amerika Serikat. Salah satu bangunan yang dibangun dengan menggunakan marmer ini adalah Joslyn Art Museum yang terletak di negara bagian Nebraska.


Makrana


Makrana marble atau marmer Makrana adalah batuan yang digunakan untuk membangun Taj Mahal di India. Marmer ini memiliki warna dasar putih dan terbagi menjadi empat kategori berdasarkan coraknya.


Ada banyak bangunan sakral dan keagamaan yang dibangun dengan menggunakan marmer Makrana, baik di India maupun diekspor ke negara-negara lainnya. Sejak tahun 2019, marmer Makrana terdaftar sebagai salah satu Sumber Daya Batu Warisan Global oleh International Union of Geological Sciences.


Breksi


Marmer Breksi atau Breccia marble adalah batu kapur yang memiliki ciri khas tekstur dan corak yang cenderung kasar. Batuan ini umumnya berasal dari Italia dengan warna krem yang khas dan terkadang juga terdiri dari kombinasi sentuhan warna merah mudah dan coklat. Warna dan tekstur batuan ini membuatkan diminati karena dianggap mudah menyatu dengan berbagai desain.


Cipollino


Batuan ini sering disebut sebagai onion stone atau batu bawang karena coraknya yang berlapis-lapis. Warna dasar pada marmer Cipollino atau Cipolin marble adalah putih dan hijau dengan guratan corak berwarna dari kehitaman atau abu-abu. Marmer Cipollino ditemukan di Yunani dan termasuk batuan yang sudah digunakan sejak zaman Yunani dan Romawi kuno.


Baca juga: Sambut New Normal, Fagetti Siap Layani Pelanggan Secara Penuh


Ruin marble


Marmer Puing atau Ruin marble berasal dari Italia Tengah yang dikenal dengan pola gelap dan terangnya yang kontras. Variasi warna yang dapat terlihat dari jenis ini adalah abu-abu, coklat, kemerahan dan terkadang biru atau hitam yang memberikan kesan seperti lukisan yang rusak. Daya tarik utama yang menjadikan jenis ini populer adalah corak kontrasnya yang dekoratif.


Shell marble


Marmer Shell atau Shell marble dikenal dengan coraknya yang sangat cantik dan estetik. Meskipun sangat terkenal, nyatanya jenis ini termasuk marmer yang langka. Batuannya terbentuk dari fosil atau sisa-sisa makhluk hidup dengan warna dasar hitam atau coklat serta pola corak berwarna putih. Keindahan corak pada batuan ini menjadi daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang mencarinya.


Tempat beli marmer terlengkap di Indonesia


Dengan banyaknya jenis marmer yang tersedia, para arsitek, desainer dan pemilik properti bisa mendapatkan banyak pilihan untuk mempercantik hunian atau gedung yang sedang dibangun. Marmer-marmer tersebut harus didatangkan dari berbagai negara di dunia. Tapi tak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan jenis-jenis marmer impor yang sangat lengkap di dalam negeri.


Untuk kebutuhan marmer, Anda bisa mempercayakannya pada Fagetti. Perusahaan ini menyediakan ratusan jenis marmer yang diimpor dari seluruh dunia. Totalnya, Fagetti memiliki 900 jenis batu alam, terutama marmer dan granit.


Baca juga: Marmer Fagetti Penuhi Ekspektasi Tinggi Para Pemilik Proyek Prestisius


Segala kebutuhan marmer Anda bisa dipenuhi oleh Fagetti lewat #CreateYourPerfection. Tidak hanya menyediakan jenis-jenis marmer yang sangat lengkap, Fagetti juga menyediakan jasa pemrosesan marmer dengan teknologi tinggi sesuai desain yang diinginkan pelanggan, instalasi atau pemasangan hingga perawatan marmer. Cukup di satu tempat, Fagetti akan menjadi total solution untuk kebutuhan marmer Anda.

48 views

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia