• Fagetti

Ini 5 Lokasi Tambang Marmer Terbesar di Dunia

Updated: 6 days ago

Batu marmer dapat ditemukan di berbagai pertambangan di wilayah pegunungan dan perbukitan di seluruh dunia. Nah, kali ini akan dibahas mengenai beberapa lokasi penambangan batu marmer terbesar di dunia, beserta jenis marmer yang dihasilkannya.


Berikut ini ulasan 5 tambang batu marmer terbesar di dunia:


Carrara, Italia


Carrara merupakan salah satu kota di Italia yang berlokasi di sekitar pegunungan Alpen. Wilayah tersebut memiliki banyak sumber daya marmer yang menjadikannya pusat pertambangan terbesar marmer di dunia. Setidaknya ada sekitar 650 situs tambang yang berada di lokasi tersebut, baik yang masih digunakan maupun yang sudah ditinggalkan.


Marmer hasil dari tambang Carrara telah digunakan sejak zaman Romawi kuno yang disebut dengan "marmer luni". Sejak sekitar abad ke-16, pertambangan di lokasi tersebut mulai dikelola dengan baik oleh keluarga Cybo and Malaspina yang berkuasa di Carrara pada masa itu. Pengelolaan ini pun kemudian kerap berpindah tangan seiring dengan kerap bergantinya penguasa daerah tersebut.


Tambang di wilayah Carrara ini menghasilkan berbagai jenis marmer di antaranya adalah marmer pure white yang menjadi ciri khas marmer Carrara. Selain itu, ada pula jenis Statuario yang biasa digunakan untuk pembuatan monumen dan patung. Beberapa marmer eksklusif seperti Calacatta Gold, Calacatta Borghini, Calacatta Macchia Vecchia, Arabescato Cervaiole dan Arabescato Vagli juga dihasilkan dari wilayah pertambangan Carrara.

Marmer Carrara ini telah ditetapkan oleh International Union of Geological Sciences sebagai Sumber Daya Batu Warisan Global.


Baca juga: Berniat Pasang Lantai Marmer? 7 Hal Penting Ini Wajib Anda Ketahui


Gunung Pentelicus, Yunani


Yunani memiliki salah satu tambang marmer yang juga mendunia di sekitar gunung Penteli, Attica, di wilayah Timur Laut Athena. Tambang ini dikenal sejak ribuan tahun lalu dengan marmernya yang menjadi salah satu produk ekspor utama Athena. Selama ribuan tahun pula tambang ini tidak henti menyediakan marmer dengan kualitas yang sama untuk berbagai jenis arsitektur dunia.


Marmer Penteli dikenal dengan keindahan marmer putihnya yang memiliki rona kuning yang samar. Marmer ini akan terlihat berkilau dengan rona emas di bawah sinar matahari, sehingga menjadi sangat indah. Selain itu, marmer penteli juga dikenal dengan kualitasnya yang sangat tinggi dari segi komposisi.


Marmer ini adalah bahan utama untuk membangun sebagian besar Akropolis Athena. Bangunan kuil utama Yunani yaitu Parthenon juga dibangun dengan material utama marmer penteli. Tidak hanya itu, jenis marmer ini juga digunakan untuk membangun Academy of Athens, Perpustakaan Nasional, restorasi "Stoa of Attalos" hingga Stadion Panathenaic tempat olimpiade modern pertama diadakan.


Vermont, Amerika Serikat


Vermont, Amerika Serikat adalah salah satu lokasi bagi tambang marmer yang terkemuka di dunia. Salah satu lokasi pertambangan berada di Rutland yang menghasilkan marmer berkualitas tinggi dengan lokasi tambang yang tidak terlalu dalam. Keberadaan marmer di wilayah ini telah ditemukan sejak tahun 1830 dan sekitar tahun 1840 beberapa tambang kecil sempat beroperasi di sana.


Tidak terbatas di Rutland, Vermont memiliki banyak situs pertambangan marmer yang dikelola oleh beberapa perusahaan tambang besar. Satu di antaranya adalah perusahaan tambang bawah tanah yang terbesar di dunia, Danby Marble Quarry yang berlokasi di Gunung Dorset Vermont. Jenis marmer yang dihasilkan pertambangan ini cukup variatif dengan keunggulannya dari segi kepadatan yang membuatnya jauh lebih tidak menyerap noda.


Baca juga: Kenali Jenis-jenis Marmer untuk Mempercantik Bangunan


Marmer dari pertambangan di Vermont ini telah digunakan untuk membuat berbagai bangunan penting di Amerika Serikat. Monumen Thomas Jefferson, Mahkamah Agung Amerika Serikat, Amfiteater Nasional Arlington di DC, Gedung Negara Bagian Massachusetts di Boston dan lain-lain. Marmer dari Vermont ini juga menjadi salah satu sumber daya alam kebanggaan bagi masyarakat Amerika Serikat.


Turki


Turki memiliki sumber daya alam berupa marmer yang besar karena terletak di kawasan sabuk orogenik Alpine Himalaya. Pertambangan marmer di lokasi ini termasuk yang terbesar di dunia dan telah membuat turki berhasil menjadi negara pengekspor marmer terbesar di dunia. Situs pertambangan di Turki berpusat di Aegean, Marmara dan Anatolia dan semuanya dikelola oleh pihak swasta.


Jenis marmer yang dihasilkan oleh berbagai tambang di Turki sangat variatif baik dari segi warna dan pola. Salah satu yang paling dikenal adalah Marmer Prokonnesos yang merupakan hasil tambang di Pulau Marmara. Marmer Prokonnesos dikenal dengan warna putihnya dan masih menjadi salah satu marmer yang sering digunakan hingga saat ini.


Marmer Prokonnesos merupakan ekspor utama Pulau Marmara dan telah secara luas digunakan di Hagia Sophia di Konstantinopel. Marmer ini juga digunakan untuk sarkofagus atau peti penyimpanan jenazah tokoh penting pada peradaban Romawi kuno. Salah satu sarkofagus terkenal yang diukir dengan marmer ini adalah Herculean Sarcophagus of Genzano yang saat ini disimpan di British Museum.


Pinoso, Spanyol


Lokasi ini merupakan wilayah tambang marmer terbesar di Eropa yang terletak di Kota Pinoso, Valencia, Spanyol. Tambang ini menghasilkan jenis marmer dengan warna krem klasik dengan undertone berwarna kecoklatan yang disebut Crema Marfil. Lokasi tambang Crema Marfil ini berada di dua gunung yang berbeda yaitu Monte Coto dan Monte Zafra. Perbedaan lokasi tambang tersebut membuat Crema Marfil terbagi menjadi dua varian yaitu Marfil Coto dan Marfil Zafra.


Tambang marmer di kota Pinoso dikelola oleh banyak perusahaan tambang, mulai dari yang berskala kecil hingga skala besar. Kualitas Crema Marfil yang dihasilkan pun sebenarnya beragam, namun hanya kualitas terbaiklah yang dipilih untuk diekspor. Hal tersebut menjadi salah satu pendapatan ekspor untuk Pinoso dan bahkan Spanyol. Tambang ini mengambil bagian dalam membuat Spanyol sebagai salah satu negara pengekspor marmer terbesar di dunia.


Meski tambangnya tidak setua yang berada di tambang di Carrara, Italia atau Pentelicus, Yunani, marmer Crema marfil termasuk hasil tambang yang populer di dunia saat ini. Marmer ini banyak dicari karena memiliki warna beige yang hangat dan cantik. Warna dan coraknya membuat marmer ini cocok untuk digunakan di setiap bagian rumah mulai dari ruang tamu, hingga dapur dan kamar mandi.


Baca juga: Jangan Salah Pilih! Kenali 5 Perbedaan Marmer dan Keramik


Tempat Marmer dari Berbagai Belahan Dunia Dapat Ditemukan


Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan marmer sebagai material untuk membangun hunian atau gedung, Fagetti adalah supplier yang Anda butuhkan. Fagetti menyediakan hingga 900 jenis batu alam, termasuk marmer, yang dapat Anda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan.


Melalui #CreateYourPerfection, Fagetti tidak hanya menyediakan batu marmer untuk Anda, namun juga menyediakan jasa penyesuaian desain yang cocok dengan keinginan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jasa Fagetti mulai dari instalasi, hingga perawatan batu marmer.

26 views

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia