• Fagetti

Marmer Tetap Mewah Saat Dipadukan dengan Aneka Material

Dalam dunia arsitektur dan bangunan, ada banyak material yang umum digunakan. Di antaranya adalah marmer, kayu, kaca, stainless steel dan beton. Pada penggunaannya, material-material tersebut tidak bersifat individual. Anda bisa memadukan penggunaan dua material yang berbeda atau bahkan lebih. Bagaimana dengan marmer? Tentu saja bisa. Kombinasi marmer dengan aneka material bangunan lainnya akan menciptakan nuansa mewah yang lebih fresh.


Selengkapnya, mari simak beberapa inspirasi perpaduan marmer dengan aneka material untuk elemen interior seperti lantai, dinding, dan furnitur berikut ini:


Marmer dan kayu


Marmer dikenal sebagai salah satu material yang memiliki sifat dingin. Beberapa orang menginginkan kemewahan, tapi dengan nuansa yang hangat. Memadukan marmer dan kayu adalah solusi yang dapat Anda jajal.


Perpaduan kedua material ini dapat diterapkan pada furnitur besar seperti meja. Misalnya kerangka meja menggunakan kayu, sedangkan permukaannya menggunakan marmer. Selain itu bisa berupa anak tangga berlapis marmer dengan pegangan kayu.


Baca juga: Mengenal Konsep Luxury Interior Design dan Karakteristiknya


Selanjutnya, Anda bisa menentukan warna yang akan digunakan. Material kayu yang dibiarkan sesuai dengan warna alaminya, cokelat, akan menambahkan kesan klasik dan hangat. Warna ini cocok dipadukan dengan marmer putih dan cokelat.


Sedangkan material kayu berwarna putih akan menambah kesan minimalis dan modern. Pada dasarnya, kayu warna putih sifatnya netral sehingga akan cocok untuk semua warna marmer. Tapi, paling serasi jika dipadukan dengan marmer putih dan hitam.


Marmer dan stainless steel


Material stainless steel mampu menghadirkan suasana yang lebih modern dan mewah. Tidak heran kalau material ini kerap dipadukan dengan marmer untuk menambah unsur kemewahan. Stainless steel ini sifatnya anti karat dan kokoh. Artinya, material ini cocok dijadikan aksen dan juga kerangka furnitur. Perpaduan material marmer dan stainless steel dapat ditemukan pada aneka furnitur seperti meja, kursi, countertop, wastafel, bahkan pada dinding.


Untuk kesan minimalis modern, gunakan perpaduan marmer dengan stainless steel berwarna alami. Apabila Anda ingin menonjolkan kemewahan marmer, jangan ragu untuk mengecat material stainless steel dengan warna emas. Furnitur dari marmer dan stainless steel akan semakin mewah apabila disorot dengan lampu khusus. Siapa pun yang melihatnya akan terpukau.


Saat memadukan marmer dengan stainless steel, Anda bebas menentukan motif semburatnya. Mau sederhana atau berukuran bebas, semuanya cocok dengan stainless steel.


Marmer dan beton


Perpaduan antara marmer dan beton mungkin masih terdengar asing di telinga Anda. Tampilan keduanya seolah bertolak belakang, padahal sifatnya tidak jauh berbeda. Sifat material beton itu dingin, maskulin, dan kokoh.


Anda bisa menggunakan perpaduan material marmer dan beton untuk hunian bergaya industrial mewah. Kali ini, material marmer dijadikan aksen di antara beton. Misalnya sebagai backsplash dapur dengan dinding beton di sekelilingnya. Agar tampil serasi, pilihlah marmer yang berwarna hitam, putih, atau abu-abu.


Jika ingin marmer lebih mendominasi interior, Anda bisa memanfaatkan marmer sebagai permukaan kitchen island. Sedangkan bagian bawahnya menggunakan beton. Untuk urusan yang satu ini sifatnya permanen, sehingga perlu didesain dengan matang.


Baca juga: Keindahan Ashgabat, Ibu Kota Negara Berlapis Marmer Putih


Interior bergaya industrial biasa didominasi dengan warna-warna gelap, terutama hitam dan abu-abu. Anda bisa memperbanyak sumber pencahayaan supaya hunian tidak terasa sumpek. Bila perlu, arahkan pencahayaan ke furnitur yang menggunakan marmer. Dengan demikian, kesan mewahnya semakin menonjol.


Marmer dan kaca


Kaca adalah material yang kerap digunakan untuk hunian dengan lahan terbatas. Sifatnya yang transparan menjadikan hunian terasa lebih lapang dan bersih. Tidak hanya itu, kaca juga mampu menciptakan kesan modern. Apabila dipadukan dengan marmer, maka hunian akan tampil mewah memikat.


Salah satu contoh furnitur yang dapat dibuat menggunakan kaca dan marmer adalah meja kopi. Bagian atasnya menggunakan kaca, sedangkan penyangganya menggunakan marmer. Bisa juga membuat meja kopi spesial dengan permukaan marmer yang dibelah, kemudian disisipkan kaca pada sela-sela tersebut.


Perpaduan material marmer dan kaca juga cocok untuk area kamar mandi. Misalnya untuk meja wastafel atau area penyimpanan peralatan mandi. Namun, pastikan untuk segera mengeringkannya dengan kain supaya cipratan air tidak membekas dan menjadikan kedua material ini kusam.


Pemilihan warna marmer kali ini boleh disesuaikan dengan selera atau konsep interior masing-masing. Pasalnya, semua warna marmer cocok bersanding dengan kaca di hunian Anda. Untuk meningkatkan keamanan, pastikan menggunakan kaca tempered. Kaca jenis ini tebal dan kuat menahan beban. Kalau pun pecah, pecahannya akan tumpul sehingga tidak melukai orang atau merusak marmer di sekitarnya.


Marmer dan kain


Lantai marmer sebaiknya tidak dipijak menggunakan alas kaki yang bertekstur kasar atau tajam. Hal tersebut dapat membuat permukaan lantai marmer mudah terbaret. Sebaiknya Anda menggunakan sandal rumah atau bertelanjang kaki. Tapi, cara ini akan membuat kaki merasa kurang nyaman karena marmer bersifat dingin.


Untungnya ada solusi mudah untuk permasalahan ini. Anda dapat menambahkan material kain di atas lantai marmer, khususnya di ruangan yang sering dikunjungi. Misalnya ruang keluarga dan kamar tidur. Material kain yang kami maksud adalah karpet.


Memilih karpet untuk lantai marmer membutuhkan pertimbangan khusus. Untuk motif, sebaiknya pilih yang polos saja. Kemudian pilih warna yang senada dengan warna lantai marmer. Ukurannya juga tidak boleh menutupi seluruh bagian lantai. Setidaknya, cukup setengah dari luas lantai ruangan. Dengan demikian, kemewahan lantai marmer akan tetap terpancar.


Sedangkan jenis bulu karpet dapat disesuaikan dengan selera. Karpet berbulu sedang dapat menciptakan suasana ala Skandinavia dan minimalis. Kalau karpet berbulu panjang dapat menyempurnakan kesan mewah dan elegan. Ingin tampilan mewah tapi anti ribet? Cukup gunakan karpet berbulu pendek.


Temukan marmer terbaik di Fagetti


Setelah membaca pembahasan perpaduan marmer dengan aneka material, tentu Anda memiliki tambahan inspirasi untuk hunian mewah. Ya, tampil mewah itu tidak selalu harus murni menggunakan marmer saja. Menemukan material seperti kayu, kaca, kain, beton, dan sebagainya cukup mudah karena ada banyak profesional di bidang tersebut. Tapi untuk urusan marmer, pastikan untuk menemukannya di Fagetti.


Baca juga: Tips Memilih Marmer untuk Hunian Mewah


Fagetti adalah perusahaan yang bergerak di bidang importir batu alam, terutama marmer. Profesionalitas kami sudah terbukti sejak tahun 1986. Fagetti akan memastikan bahwa Anda hanya mendapatkan marmer berkualitas terbaik dengan motif dan warna yang diharapkan. Memadukan material marmer dengan aneka material lainnya menjadi hal yang mudah lantaran Fagetti menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi.


Layanan yang diberikan Fagetti tidak sebatas pada penjualan marmer, tapi meliputi pemotongan, pemasangan, perbaikan, dan perawatan jangka panjang. Mari #CreateYourPerfection bersama Fagetti!

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia