• Fagetti

Keindahan Ashgabat, Ibu Kota Negara Berlapis Marmer Putih

Menemukan bangunan yang didominasi oleh material marmer putih tidaklah sulit. Tapi kalau kota yang semua bangunannya dibuat menggunakan marmer putih, itu luar biasa. Kota yang dimaksud adalah Ashgabat, ibu kota Turkmenistan. Setidaknya ada 543 bangunan yang dibuat atau dilapisi dengan marmer putih. Sejauh mata memandang, hanya ada kilau mewah marmer putih.


Pada 23 Maret 2013, Ashgabat dinobatkan oleh Guinness Book of World Record sebagai kota dengan jumlah bangunan dari marmer putih terbanyak di dunia. Kota Ashgabat dijuluki sebagai The City of White Marble.

Keindahan dan kemegahan Kota Ashgabat (Foto: www.turkmenistan.gov.tm)

Kota Ashgabat yang berubah jadi The City of White Marble


Di balik kemewahan kota modern ini, ada kisah yang menarik untuk disimak. Turkmenistan sebelumnya merupakan bagian dari Uni Soviet. Kemudian merdeka pada 25 Desember 1991 usai Uni Soviet bubar. Pada tahun 1948 terjadi gempa besar yang menghancurkan banyak bangunan di kota Ashgabat. Suasana kota Ashgabat pada waktu itu bagaikan kota tua di Rusia.


Di bawah kepemimpinan Saparmurat Niyazov, Ashgabat pun dibangun kembali dengan konsep White City (Kota Putih). Semua gedung pemerintahan dan pemukiman warga diminta untuk menggunakan marmer putih. Supaya konsep White City ini kian sempurna, Presiden Gurbanguly Berdymukhammedov, menambahkan sebuah peraturan ketat. Beliau hanya mengizinkan kendaraan berwarna putih dan perak untuk melintas di Ashgabat.


Mobil dinas pemerintahan pun diganti dengan warna putih dan perak. Masyarakat juga diminta untuk mengganti warna mobil mereka. Pemilik mobil warna gelap terpaksa merogoh kocek hingga puluhan juta untuk mengganti warna tersebut.


Baca juga: Kemilap Statuario, Marmer Putih Paling Eksotis


Material marmer putih berhasil menjadikan kota Ashgabat terlihat sangat mewah. Apalagi ada beberapa bangunan yang menambahkan aksen dari emas. Perkembangan kota ini begitu pesat. Sejumlah masyarakat merasa kagum. Tapi sebagian lagi merasa kota jadi terlalu dingin.


Bangunan marmer putih terkenal di Ashgabat


Di antara 543 bangunan dari material marmer putih, ada sejumlah bangunan yang terkenal, di antaranya adalah:


Alem Cultural and Entertainment Center


Bangunan komersil ini dibuka untuk publik secara resmi pada 18 Mei 2012. Bentuk bangunan menyerupai piramida dengan bianglala di bagian atasnya. Tinggi bangunan ini mencapai 95 meter dan terdiri dari 6 lantai. Empat lantai di atas tanah dan 2 lantai lainnya ada di bawah tanah.


Bagian bianglala memiliki diameter 57 meter. Wahana ini dilengkapi dengan kaca dan kerangka besi putih. Bianglala milik Alem Cultural and Entertainment Center ini diakui oleh Guinness World Records sebagai yang tertinggi di dunia.


Seluruh bagian bangunan ini dilapisi oleh marmer putih. Pada malam hari, permukaan bangunan disorot menggunakan lampu warna-warni yang menjadikannya kian mewah dan indah.


The Wedding Palace/Palace of Happiness


The Wedding Palace merupakan gedung catatan sipil yang dibangun pada tahun 2011. Perusahaan konstruksi yang bertanggung jawab adalah Polimeks. Dilihat dari luar, bangunan ini memiliki globe emas yang dibingkai dengan kerangka bentuk oktagram. Ukuran diameternya 32 meter.


Secara keseluruhan, The Wedding Palace memiliki 11 lantai dengan total luas 38.000 meter persegi. Setidaknya ada 6 ruang registrasi pernikahan, 3 aula resepsi, aula utama, dan 22 kamar hotel. Ada pula 2 kafe dan 36 toko untuk memenuhi kebutuhan pernikahan. Bagian eksterior dilapisi dengan marmer putih. Sedangkan bagian dalamnya dibuat dengan gaya khas Turkmen.


Baca juga: Simak! Ini Perbedaan Marmer Statuario, Calacatta dan Carrara


Masjid Ertugrul Gazi


Masjid berlapis marmer putih ini dibangun oleh Hilmi Senalp. Nama masjid diambil dari Pendiri Kekaisaran Ottoman, Ertugrul. Ciri khas masjid ini adalah kubah pusat dengan 4 buah menara. Sekilas, Masjid Ertugrul Gazi mirip dengan Masjid Biru di Istanbul.


Kemewahan marmer putih pada bagian eksterior kian sempurna berkat dekorasi tambahan dari kaca patri. Sedangkan interior masjid ini dilapisi dengan marmer putih bergurat abu-abu. Beberapa elemen memiliki lapisan emas, seperti pada pilar. Masjid ini dapat menampung 5 ribu jemaat.


National Independence Park


Selain disebut sebagai The City of White Marble, Ashgabat juga dikenal sebagai Kota Seribu Air Mancur. Kedua sebutan ini dapat terlihat pada National Independence Park. Luas area ini mencapai 140 hektar, hampir setengah dari ruang terbuka di Ashgabat.


Monumennya sendiri berdiri setinggi 91 meter dengan tambahan 27 meter ujung monument yang berlapis emas. Area menuju monumen ini dilengkapi dengan jalan setapak, hamparan bunga, bangku taman, serta tangga dan teras dari marmer putih.


Masjid Kipchak


Selain Masjid Ertugrul Gazi, ada lagi Masjid Kipchak yang menggunakan material marmer putih. Masjid iini dibangun oleh Turkmenbashi untuk mengenang almarhum sang ibu. Masjid Kipchak memiliki sebuah kubah besar berlapis emas dengan 4 buah menara di sisinya. Kubahnya berukuran diameter 50 meter dan menaranya setinggi 91 meter. Aula utama masjid dapat menampung 10.000 jemaah.


Asal marmer putih


Dari 543 bangunan di Ashgabat, setidaknya ada 4,5 juta meter kubik marmer putih yang digunakan. Marmer putih ini diperoleh dari pertambangan di Italia dan Turki. Pasalnya, Turkmenistan tidak memiliki tambang marmer sendiri. Impor marmer putih dari kedua negara tadi bukanlah hal yang sulit bagi Turkmenistan. Negara ini cukup kaya berkat bidang ekspor gas dan minyak mentah yang nilainya ribuan miliar dollar AS.


Baca juga: 8 Tips Memilih Marmer Putih untuk Kitchen Countertop


https://www.fagetti.com/post/8-tips-memilih-marmer-putih-untuk-kitchen-countertop

Marmer yang digunakan serba berwarna putih. Tidak ada sumber yang menjelaskan jenis marmer pastinya. Namun dilihat dari warnanya, kita bisa memperkirakan jenis marmer tersebut. Di antaranya adalah White Pearl, Macedonia, Astana Silver, Bianco Carrara, Statuario, serta Palissandro.


Wujudkan Bangunan Serba Marmer Putih nan Mewah


Apakah Anda terinspirasi dari kota Ashgabat untuk mendirikan bangunan serba marmer putih? Ide yang bagus. Material marmer putih ini cocok untuk aneka konsep bangunan. Mulai dari minimalis, modern, Victoria, abad pertengahan, dan klasik. Warna putih marmer juga tergolong netral sehingga mudah dipadukan dengan warna-warna lain yang kontras. Misalnya warna ungu, biru, hitam, atau merah pada furnitur.


Memiliki bangunan serba marmer putih dapat diwujudkan dengan mudah bersama Fagetti. Soal pilihan marmer putih tak perlu khawatir. Ada lebih dari 200 jenis marmer putih yang dapat Anda pilih di showroon Fagetti. Kunjungi showroom Fagetti dan diskusikan harapan Anda. Fagetti akan membantu memilihkan corak marmer terbaik, melakukan pemotongan, pemasangan, hingga perawatan jangka panjang.


Sebagai pengingat, Fagetti merupakan perusahaan penyedia batu alam. Setidaknya ada 900 jenis batu alam berkualitas yang dapat Anda temukan di sini. Fagetti juga menggunakan mesin berteknologi canggih untuk menghasilkan potongan batu alam yang presisi dan konsisten.


Mari #CreateYourPerfection bersama Fagetti!

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia