• Fagetti

Tips Memilih Marmer untuk Hunian Mewah

Marmer merupakan salah satu barang mewah. Harganya pun tidak murah. Dus, pemilihan marmer yang akan dibeli tidak boleh asal atau serampangan. Jangan sampai salah pilih marmer karena bisa mengurangi nilai keindahan dan kemewahannya. Agar bisa memilih dan membeli marmer terbaik, beberapa tips ini bisa Anda terapkan.

Memilih jenis marmer


Marmer mengandung mineral kalsit dan sejumlah mineral minor. Mineral minornya berupa mika, clhorit, kuarsa, grafit, hematit, dan limonit. Marmer berwarna putih jernih memiliki kandungan kalsit yang mencapai 90%. Marmer warna pink memiliki kandungan hematit yang tinggi. Sedangkan warna marmer kekuningan berasal dari kandungan limonit yang tinggi.


Sebelum mulai memilih marmer yang tepat untuk Anda, sebaiknya kenali dulu jenis marmer yang dibedakan berdasarkan corak dan warna. Beberapa jenis marmer yang paling umum dijual di pasaran adalah marmer Statuario, .marmer Carrara, marmer Calcutta, marmer Emperador, marmer Nero Marquina, dan marmer Travertine.


Baca juga: Simak! Ini Perbedaan Marmer Statuario, Calacatta, dan Carrara


Setiap jenis marmer memiliki karakteristik, corak dan warna yang berbeda-beda. Marmer statuario berasal dari tambang di Italia. Ciri khas marmer statuario adalah warna dasar putih dengan semburat hitam. Warna putih dari marmer statuario cocok untuk memberi kesejukan di hunian Tanah Air. Tampilannya pun mampu menjadikan hunian minimalis menjadi mewah.


Marmer travertine memiliki ciri khas berupa corak yang diiringi dengan lubang-lubang alami. Warnanya cukup beragam. Ada cokelat, abu-abu, dan biru. Lubang-lubang pada marmer travertine ada yang dibiarkan terbuka, ada juga yang ditambal dengan resin transparan kemudian dipoles hingga mengkilap.


Marmer Carrara memiliki banyak ragam warna. Mulai dari abu-abu, biru keabuan, hingga putih. Garis semburatnya tipis-tipis. Marmer ini mudah ditemukan di pasaran dengan harga terjangkau. Kerap kali marmer ini digunakan untuk membuat ragam dekorasi seperti patung dan pajangan lain yang berkonsep 3D.


Marmer Calcutta memiliki tampilan yang mewah berkat semburat berwarna emas dan perak. Marmer ini paling cocok untuk digunakan pada perkantoran atau hotel berbintang. Bisa juga ditambahkan lighting khusus supaya semakin terpancar kemewahannya.


Marmer Emperador berasal dari Spanyol dengan ciri khas warna cokelat. Semburatnya tipis namun berdekatan sehingga muncul corak yang unik. Interior jadi terlihat mewah, klasik, dan hangat.


Marmer Nero Marquina identik dengan warna hitam. Semburatnya berwarna putih yang begitu kontras. Terkadang ada juga yang semburatnya berwarna abu-abu. Marmer ini cocok untuk menampilkan kemewahan nan misterius.


Menyesuaikan warna marmer dengan interior


Salah memilih warna dapat menghilangkan kemewahan marmer. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk berdiskusi dengan penyedia marmer dan desainer interior Anda. Sesuaikan warna marmer dengan konsep interior yang akan dibuat.


Interior hunian mungil sebaiknya menggunakan marmer berwarna cerah untuk menciptakan kesan lapang. Kemewahan marmer dapat ditampilkan secara dominan atau dipadukan dengan material lain seperti kayu dan kaca.


Untuk interior bergaya klasik, pilihlah marmer berwarna cokelat. Sedangkan untuk hunian mewah bergaya industrial, coba pilih marmer warna abu-abu atau hitam. Ingin mencoba konsep Victoria atau abad pertengahan? Jangan sungkan memilih marmer hijau dengan corak emas.


Warna marmer bisa juga dipertimbangkan sesuai dengan furnitur. Jika memiliki furnitur berukuran besar, sebaiknya pilih marmer berwarna cerah. Lalu, hindari menggunakan warna marmer yang sama atau senada dengan warna furnitur. Kedua pertimbangan tadi dapat mencegah ruangan terasa sumpek.


Baca juga: Pesona Marmer Hitam yang Mewah dan Elegan


Rencanakan pola pemasangan marmer sejak awal


Untuk Anda yang berencana menggunakan marmer untuk melapisi lantai, pastikan untuk merencanakan pola di awal. Misalnya Anda ingin membuat lantai marmer dengan pola ala papan catur, herringbone, atau pola rumit seperti mosaik serta objek tertentu. Tidak lupa untuk mengukur luas ruangan dengan benar.


Tidak semua penyedia marmer bersedia dan memiliki tempat untuk menggelar marmer lembar demi lembar sehingga pola marmer ketika digabungkan akan terlihat jelas. Rata-rata penjual marmer hanya menggelar beberapa lembar marmer sebagai contoh saja. Risikonya ketika barang dikirimkan, masing-masing lembar marmer akan memiliki pola yang berbeda dan akan sulit ditemukan pola pemasangannya. Jangan sampai barang yang dikirimkan ternyata jauh dari ekspektasi.


Untuk memastikan Anda tidak membeli kucing dalam karung, sebaiknya Anda membeli marmer ke supplier yang berani menggelar marmer dagangannya lembar demi lembar agar pembuatan desain marmer lebih mudah. Untuk itu, Anda bisa datang ke Fagetti. Perusahaan ini akan menggelar setiap lembar marmer yang akan dibeli sehingga Anda atau desainer bisa menentukan pola pemasangan marmer yang paling menarik.


Baca juga: Si Cantik Sandstone, Batu Alam yang Cocok untuk Interior dan Eksterior Rumah


Memilih finishing yang tepat


Selain menemukan jenis marmer yang tepat berdasarkan corak dan warnanya, Anda perlu memperhatikan finishing. Polesan akhir pada permukaan marmer ini akan membantunya menonjolkan keindahan.


Finishing yang paling diminati masyarakat adalah polished. Polesan ini menjadikan permukaan marmer kian mengkilap. Finishing polished kerap digunakan untuk marmer pada lantai dan dinding. Sedangkan finishing lainnya adalah honed. Hasil akhir dari honed adalah permukaan marmer menjadi doff. Tidak licin, juga tidak kasar. Finishing honed disarankan untuk area kamar mandi. Selain itu ada juga special finish yang memberikan tekstur, khususnya pada bagian corak marmer.


Adanya garansi atau jaminan kualitas marmer


Dalam hal pembelian apa pun, konsumen akan merasa lebih yakin dan aman berkat adanya garansi. Ini berlaku bukan hanya untuk mesin dan peralatan elektronik, tapi juga marmer. Sayangnya sangat sedikit penyedia marmer yang berani memberikan garansi. Di Indonesia, Anda dapat menemukannya di Fagetti. Sebagai bentuk komitmen dan menjunjung tinggi kualitas marmer yang dijual, Fagetti memberikan garansi selama 3 tahun sejak tanggal pemasangan marmer.


Memilih penyedia marmer terpercaya


Sebagai pemula, sebaiknya cari aman saat memilih penyedia marmer. Pastikan, Anda membeli dari penyedia marmer terpercaya. Anda bisa melihatnya dari reputasi perusahaan, testimonial dari klien-klien sebelumnya, serta portfolio hasil kerja.


Fagetti memenuhi kriteria tersebut. Fagetti sendiri merupakan penyedia batu alam di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1986. Perusahaan ini menyediakan lebih dari 900 jenis batu alam, termasuk marmer, onyx, granit, travertine dan lain-lain.


Layanan yang ditawarkan Fagetti tidak sebatas pada menyediakan batu alam. Tapi juga proses pemotongan batu alam dengan teknologi tinggi sesuai kebutuhan klien. Menggunakan mesin dengan teknologi tinggi, hasilnya pun menjadi lebih presisi dan konsisten. Selain itu ada juga layanan pemasangan dan perawatan jangka panjang sehingga batu alam lebih awet dan tetap memancarkan kemewahannya.


Sudah siap untuk #CreateYourPerfection bersama Fagetti?

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia