• Fagetti

Si Cantik Sandstone, Batu Alam yang Cocok untuk Interior dan Eksterior Rumah

Sandstone atau batu pasir merupakan salah satu jenis batu alam yang dapat dipergunakan untuk berbagai keutuhan arsitektur dan dekorasi karena teksturnya yang mudah dibentuk. Dengan warna dan corak yang natural layaknya pasir pantai, sandstone memberikan kemewahan yang khas tidak kalah dari batu marmer dan granit.


Sandstone sudah digunakan untuk membuat berbagai karya seni dan peralatan sejak zaman prasejarah. Batu alam ini juga digunakan secara luas di berbagai belahan dunia untuk membangun rumah, kuil, dan bangunan lainnya.

Petra Yordania, arsitektur purbakala yang dipahat dari sandstone.

Apa itu sandstone?


Batu pasir atau sandstone adalah batuan sedimen atau batuan endapan yang terdiri dari berbagai mineral dan pecahan batuan lainnya. Disebut batu pasir atau sandstone karena komposisi mineralnya berukuran sangat kecil layaknya butiran pasir. Sandstone memiliki warna yang beragam sesuai dengan kandungan mineral yang terdapat di dalamnya. Warna-warna yang umum pada batuan ini adalah coklat, kuning, merah, abu-abu dan putih yang tampak sangat natural sehingga mengingatkan kita pada pasir pantai.


Terbentuknya sandstone diawali dengan terbawanya kristal mineral dan butiran batuan lainnya oleh air atau angin dan terkumpul di suatu tempat. Beberapa zat seperti kalsit dan silika akan bertindak sebagai semen dan mengikat butiran batu pasir tersebut. Campuran material ini kemudian mengendap dan tertimpa dan mendapat tekanan oleh endapan lainnya dan mengalami kompaksi. Batu pasir ini umumnya terdapat di aliran sungai, danau, atau laut, tetapi juga dapat ditemukan di daratan berangin seperti padang pasir.


Baca juga: 7 Alasan Memakai Batu Alam untuk Rumah Idaman


Kelebihan dan kekurangan sandstone


Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, standstone sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu, terutama untuk pembuatan berbagai peralatan. Salah satu kelebihan sandstone adalah teksture yang sangat fleksibel dan mudah dibentuk meski dengan menggunakan teknologi dan alat sederhana sekalipun.


Selain itu, sandstone termasuk jenis batu yang tergolong tahan terhadap perubahan cuaca sehingga cocok untuk dijadikan material eksterior bangunan. Selain itu, karena sifat batunya yang anti licin membuat sandstone cocok untuk digunakan di dalam ruangan.


Sementara itu, kepadatan sandstone yang sangat beragam membuat kualitas batuan ini juga sangat bervariasi. Beberapa jenis standstone yang terdapat di daerah tertentu bisa jadi memiliki struktur mineral dan kepadatan yang rendah. Maka salah kelemahan sandstone adalah lebih rentan terhadap pengeroposan sehingga penggunaannya pun akan terbatas. Meski demikian, beberapa jenis lainnya dari batu pasir justru sangat kuat bahkan dapat dijadikan sebagai material pembuatan jalan.


Pemanfaatan sandstone


Sejak zaman prasejarah, sandstone terbukti telah digunakan untuk membuat berbagai peralatan. Salah satu bukti sejarah yang ditemukan di antaranya adalah lampu minyak berusia sekitar 17.000 tahun di gua-gua Lascaux, Perancis. Penemuan ini menunjukkan bahwa jenis batu pasir tertentu dapat bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Selain itu, kualitas batu pasir sebagai salah satu jenis batuan yang mudah dibentuk pun terbukti dengan adanya penemuan ini.


Sementara itu, sandstone juga banyak dimanfaatkan sebagai material bangunan dan arsitektur di berbagai negara hingga saat ini. Salah negara yang terkenal dengan batu pasirnya adalah Australia di mana terdapat Sydney Sandstone dengan tambang yang terletak di Hawkesbury.


Sydney sandstone sudah digunakan untuk pembuatan berbagai bangunan di sekitar Sydney. Salah satu bangunan ikoniknya adalah University of Sydney yang juga dikenal sebagai Sandstone University.


Baca juga: Batu Alam Jadi Pilihan Terbaik Untuk Material Cladding


Penggunaan sandstone dalam arsitektur


Sandstone atau batu pasir dapat dimanfaatkan untuk arsitektur bangunan baik sebagai interior maupun eksterior. Sifatnya yang cenderung kuat dan tahan terhadap cuaca membuatnya cocok untuk digunakan sebagai material eksterior. Batu pasir juga merupakan jenis batuan yang paling sering digunakan untuk material cladding untuk dinding eksterior bangunan. Cladding sendiri merupakan teknik finishing yang berfungsi untuk melindungi struktur utama bangunan.


Sementara penggunaan sandstone untuk interior salah satunya adalah sebagai material untuk pembuatan lantai. Warna sandstone yang natural layaknya warna pasir pantai membuat sandstone menjadi batuan yang tepat untuk nuansa yang natural pada interior. Selain kuat, sandstone juga dikenal dengan sifatnya yang anti licin sehingga sangat cocok untuk dijadikan material pembuatan lantai. Sandstone juga dapat digunakan sebagai dinding interior setelah dipoles agar menjadi mengkilap.


Sandstone dibandingkan batu alam lainnya


Hal utama yang menjadi pembeda bagi sandstone jika dibandingkan dengan batuan lainnya adalah jenis batuannya secara geologis. Batu pasir adalah batuan yang terbentuk dari adanya sedimen atau pengendapan, sementara batuan lain seperti marmer merupakan batuan metamorf sedangkan granit adalah batuan beku. Perbedaan masing-masing jenis batuan sendiri terjadi karena perbedaan proses pembentukan sehingga juga sangat berpengaruh pada struktur kepadatan dan ketahanan batuannya.


Hal yang menjadi daya tarik utama marmer dan granit adalah corak yang memberikan kesan unik dan elegan. Sementara standstone jauh lebih variatif dan beragam dengan corak yang biasanya tidak terlalu kentara. Keunikan batuan ini umumnya dilihat dari tekstur serta warnanya yang memberikan nuansa natural layaknya pasir di pantai. Sementara itu, dibandingkan dengan granit dan marmer, beberapa jenis sandstone jauh lebih mudah dibentuk, namun relatif lebih rentan terhadap pelapukan dan pengikisan.


Baca juga: Jenis-Jenis Material Lantai Rumah Modern Minimalis


Penyedia sandstone terbaik di Jakarta


Sandstone dan batuan alam lainnya dari berbagai belahan dunia dapat Anda temukan di Fagetti. Ada sekitar 900 jenis batu alam yang tersedia di Fagetti, termasuk sandstone. Semua batu alam yang disediakan Fagetti dapat Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan baik eksterior dan interior. Tersedianya banyak pilihan akan membuat Anda lebih mudah untuk menentukan batu alam yang tepat sesuai dengan kebutuhan bangunan Anda.


Fagetti memberikan solusi total untuk kebutuhan sandstone dan batu alam lainnya mulai dari penyedia bahan baku, pemotongan dengan teknologi terkini, pemolesan atau finishing, pemasangan hingga perawatan batu alam. Soal kualitas tak perlu diragukan karena Fagetti memberikan jaminan kualitas dalam bentuk garansi produk dan layanan selama tiga tahun.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia