• Fagetti

Sepenggal Kisah Marmer Tuscany yang Menarik untuk Anda Ketahui



Nama marmer Tuscany mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna marmer. Tapi tak banyak yang tahu dari mana marmer ini ditambang. Oleh karena itu, kami ingin mengajak Anda untuk memahami alur kerja di sebuah tambang marmer, tepatnya adalah tambang marmer di Tuscany, sebuah area di Italy yang terkenal sebagai negara penghasil marmer terbesar di dunia.


Kondisi tambang marmer di Tuscany


Lokasi tambang marmer di Tuscany berada di kawasan Pegunungan Alpen Apuania. Tambang ini sudah diberdayakan sejak awal era Kristen atau sekitar abad 1. Marmer yang ditemukan di sini mayoritas berwarna putih. Ada yang putih bersih, ada juga yang memiliki corak abu-abu hingga kehitaman seperti jenis Venato, Arabescato, dan Cardoso. Batu marmer yang ada di tambang ini merupakan benda berharga. Fungsinya untuk melapisi permukaan lantai, struktur bangunan, serta pembuatan patung.


Baca juga: 4 Alasan Marmer Italy Layak Disebut Marmer Terbaik Dunia


Tambang di area ini dikerjakan oleh sekitar 1.200 buruh laki-laki. Pekerjaannya terbagi mulai dari penambang hingga pengangkut batu di pabrik. Di satu titik penambangan, biasanya ada 3 hingga 40 buruh. Untuk menjadi seorang penambang profesional, setidaknya dibutuhkan masa kerja minimal 10 tahun di bidangnya. Tidak heran kalau pada akhirnya usia rata-rata para penambang di sana adalah 40 tahun.


Beberapa titik tambang berada di ketinggian 200-1.600 meter di atas permukaan laut. Pada musim dingin, penambangan akan dihentikan karena gunung tertutup salju. Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membawa turun marmer dari gunung setinggi itu?


Baca juga: Marmer Italy yang Tersohor Karena Kualitasnya yang Tinggi


Kebanyakan tambang dibuatkan jalan khusus menuju ke jalur umum. Beberapa diaspal, sebagian lainnya dibiarkan apa adanya sesuai dengan kondisi gunung yang begitu curam. Bongkahan marmer diangkut menggunakan truk. Perjalanan menuruni gunung ke jalur umum bisa memakan waktu 1-2 jam.


Penambangan/penggalian di Tuscany selalu dilakukan di area terbuka atau di area permukaan gunung. Namun, saat ini penambangan sudah mulai merambah ke area bawah tanah. Hal tersebut dapat terwujud berkat pemberlakuan Undang-undang Perlindungan Lingkungan yang ditetapkan oleh Taman Regional setempat.


Alur penambangan


Penambangan di Tuscany dilakukan dengan metode ekstraksi homogen. Baik itu untuk penambangan di area terbuka, pit, dan juga bawah tanah. Sederhananya, alur penambangan mereka mencakup penelitian untuk menentukan dan mempelajari situs baru, mempersiapkan lokasi penambangan baru kemudian melakukan penambangan. Selanjutnya, mereka juga harus memulihkan lokasi penambangan dan sekitarnya usai penambangan.



Alur penambangan ini bisa berlangsung dalam hitungan bertahun-tahun sesuai dengan kondisi tambang dan jumlah batu yang tersedia. Pada proses menambang, batu marmer dipotong dalam bentuk yang teratur. Biasanya dalam bentuk kubus. Cara memotongnya tidak sekedar menggunakan gergaji saja. Tapi ada tahapan rumit seperti diawali pengeboran lubang horizontal dan vertikal. Lubang ini berfungsi sebagai jalur gergaji kawat berlian. Gergaji ini akan dijalankan menuju lubang lainnya untuk membelah batu.


Batu yang dipotong dalam bentuk kubus tadi tidak langsung terlepas begitu saja. Para buruh membutuhkan bantuan alat lain seperti air bertekanan tinggi, track loader, dan juga eskavator. Proses ini dilakukan dengan hati-hati lantaran batu memiliki bobot berat dan besar.


Ukuran potongan marmer tersebut berkisar antara 3 hingga 9 meter dengan ketebalan rata-rata 3 meter. Bentuk kubus potongan marmer tersebut menjadikan lokasi tambang marmer memiliki bentuk yang rata dan terkadang menyerupai anak tangga.


Limbah yang tercipta akibat proses penambangan akan didorong dan dibuang ke area lembah. Tumpukan limbah ini disebut sebagai ravaneti. Tumpukan limbah yang terbentuk selama tahunan berakhir menjadi landmark dari Pegunungan Alen Apuania.



Marmer di tangan konsumen


Setelah memahami kisah penambangan di Tuscany, tentu Anda semakin menghargai kehadiran marmer pada sebuah bangunan. Para pekerja tambang menghabiskan waktu bertahun-tahun dan menghadapi risiko besar untuk mengambil bongkahan marmer. Tidak heran pula jika marmer pada akhirnya memiliki harga jual yang sebanding. Sungguh setimpal dengan alur kerja dan keindahan marmer itu sendiri.


Sebagai konsumen, Anda bisa dengan mudah mendapatkan marmer. Salah satunya melalui importir batu alam seperti Fagetti. Selaku importir batu alam, Fagetti menyediakan beragam jenis marmer dari seluruh dunia, termasuk yang langka sekalipun. Selain marmer, ada pula batu alam travertine, sandstone, onyx, dan lain-lain. Minimal, Anda bisa menemukan 900 jenis batu alam bersama Fagetti.


Baca juga: Jenis-Jenis Marmer Italy Paling Populer di Dunia


Fagetti juga paham kalau Anda menginginkan marmer dalam bentuk tertentu sesuai keinginan. Kami akan bantu untuk pemotongan menggunakan mesin berteknologi canggih, pemasangan oleh tenaga profesional dan perawatan jangka panjang.


Untuk #CreateYourPerfection menggunakan marmer pada bangunan, lakukan langkah awal yang super mudah. Hubungi Fagetti via nomor WhatsApp 0811-8887-359. Fagetti hadir di tengah masyarakat sejak tahun 1986 dan siap membantu Anda menemukan marmer terbaik di kelasnya, kapan saja ketika dibutuhkan.

117 views0 comments

Recent Posts

See All