• Fagetti

4 Alasan Marmer Italy Layak Disebut Marmer Terbaik Dunia

Updated: Oct 19


marmer Italy

Jika menginginkan marmer berkualitas tinggi, marmer Italy atau Italia selalu menjadi pilihan utama. Selain kualitasnya yang tinggi, ada beberapa alasan mengapa marmer import Italy diakui secara luas sebagai marmer terbaik dunia.


Italy sejatinya bukan negara produsen dan eksportir marmer terbesar di dunia. Sejauh ini, posisinya sebagai eksportir marmer berada di peringkat kedua setelah China. Data dari Intracen.org, Italia mengekspor marmer senilai USD 1,4 miliar dan mengekspor granit USD 504 juta ke pasar dunia pada tahun 2016.


Di pasar global, ada sejumlah negara produsen dan eksportir marmer seperti China, Yunani, Amerika Serikat, India, Spanyol, Brazil dan Australia. Meski banyak negara memiliki tambang yang luas dan mengekspor marmer, namun Italy tetap diakui sebagai sumber dari marmer bermutu tinggi dan mewah.


Berikut ini beberapa alasan, marmer Italy mendapat predikat marmer terbaik di dunia:


1. Sejarah marmer Italy sudah berlangsung ribuan tahun


Marmer Italy sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Sejarah mencatat, marmer Italy sudah dipergunakan pada tahun 155 sebelum masehi. Hal ini dibuktikan dengan monumen batu nisan yang didedikasikan untuk Marco Marcello yang terbuat dari marmer dari tambang Polvaccio.


Kegiatan penambangan dalam skala besar di pegunungan Alpen Apuan mulai dikembangkan oleh bangsa Romawi di bawah kepemimpinan Julius Caesar (48-44 SM). Marmer putih Italy kemudian diekspor dan diperdagangkan melalui pelabuhan Luni. Wajar jika dalam arkeologi, marmer Italy sering disebut sebagai “Marmer Luni”.


Baca juga: Pemasangan Marmer dengan Teknik Bookmatch untuk Desain yang Lebih Artistik

Di era Renaissance, seniman Michelangelo dan Donatello menggunakan marmer Calacatta dan Statuario untuk menciptakan beberapa karya seni paling ikonik di dunia, termasuk patung David di Galleria dell'Accademia, Florence, Italy. Kualitas marmer Italy telah terbukti bertahan dan tetap berdiri kokoh selama ratusan bahkan ribuan tahun baik untuk penggunaan indoor maupun outdoor.


2. Keahlian dan teknologi tercanggih untuk memproses marmer


Alasan lain, Italy adalah pelopor dalam metode penambangan marmer di zaman kuno. Sebagian metode tersebut masih digunakan hingga hari ini. Selama ribuan tahun menambang marmer, orang Italy telah memiliki ketrampilan dan pengalaman yang matang. Bukan hanya itu, teknologi pemrosesan marmer di Italy berkembang pesat. Italy dikenal sebagai rumahnya ahli marmer dengan menggunakan teknologi tercanggih.

Mereka menetapkan standar yang tinggi dalam memproses marmer. Dengan demikian, bukan hanya marmernya yang berkualitas, tapi pengolahan marmer dari Italy juga terkenal berkualitas tinggi. Pengolahan marmer di Italy didukung dengan infrastruktur dan fasilitas yang luar biasa di seluruh area pertambangan.


3. Reputasi tinggi untuk kualitas


Marmer Italy praktis tak tertandingi dalam hal daya tahan, kemurnian, dan keindahannya. Marmer Italy juga menjadi simbol kemewahan, keanggunan dan kecanggihan pada rumah tinggal dan bangunan komersial di seluruh dunia.


Baca juga: Inspirasi Desain Marmer dari Furnitur Hingga Dekorasi


Jika menyebut marmer impor paling berkualitas, orang tanpa ragu akan menempatkan marmer Italy di urutan pertama. Brand marmer Italy seakan mampu memberikan jaminan kualitas yang diinginkan oleh semua pecinta marmer. Reputasi marmer Italy memang telah teruji selama ribuan tahun hingga mendapatkan pengakuan seperti sekarang. Merek 'Made in Italy' berhasil melindungi dan mempertahankan reputasi tinggi marmer Italy hingga mampu bersaing dengan produsen marmer dari negara lain.


4. Jaringan ekspor yang menjangkau 140 negara


Sejak zaman Renaissance atau sekitar abad ke 15-16 Masehi, marmer putih Italy telah dibawa ke tempat-tempat yang sangat jauh dari asalnya. Permintaan marmer Italy berasal dari seluruh dunia. Saat ini, marmer Italy telah diekspor setidakna ke 140 negara di dunia. Di negara-negara importir, marmer Italy selalu menjadi primadona termasuk di Indonesia. Reputasi marmer Italy terus terjaga karena konsistensi pasokan yang diberikan.


Jenis marmer Italy yang paling terkenal adalah marmer putih Statuario, Carrara dan Calacatta. Marmer-marmer tersebut berasal dari kawasan pertambangan yang sama yang berada di Kota Carrara, Tuscany, Italy. Marmer Statuario ditambang dari pegunungan atau permukaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tambang marmer Carrara dan Calacatta. Marmer jenis ini tersedia dalam jumlah terbatas. Namun permintaan marmer Statuario sangat tinggi.


Baca juga: Kemilap Marmer Statuario, Marmer Putih Paling Eksotis


Di Kota Cararra terdapat sekitar 600 area pertambangan marmer, tepatnya di Apuan Alps atau pegunungan Apuan. Jumlah tambang ini sangatlah besar, jauh lebih besar dibandingkan dengan tambang marmer lain di seluruh dunia.


Bagi Anda yang menginginkan marmer terbaik, marmer Italy merupakan pilihan yang tepat. Tak perlu pergi ke Italy untuk mendapatkannya, Anda bisa datang ke Fagetti. Perusahaan ini merupakan importir marmer dari seluruh dunia, terutama Italy. Ada lebih dari 900 jenis marmer dengan warna dan motif unik bisa Anda pilih di Fagetti.


Fagetti yang menggunakan mesin dengan teknologi Italy terkini dapat memenuhi segala kebutuhan marmer mulai dari material, pemotongan, pembentukan marmer sesuai desain, poles, pemasangan hingga perawatan. Jika mencari ahlinya marmer dan menginginkan kesempurnaan, Anda harus datang ke Fagetti. Konsultasikan kebutuhan marmer Italy Anda dan buat janji terlebih dahulu lewat WhatsApp 0811-8887-359 agar Anda dapat menemukan marmer terbaik di Fagetti.

21 views0 comments