• Fagetti

Marmer Impor di Indonesia, Dari Mana Asalnya?

Updated: Oct 19

Permintaan batu marmer yang terus meningkat di Indonesia tidak dapat dipenuhi seluruhnya dari dalam negeri. Apalagi jika menginginkan marmer dengan jenis, warna, corak dan tekstur yang unik, pilihannya untuk marmer lokal sangat terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan, marmer import dari seluruh dunia jadi solusinya. Sebelum membeli marmer impor, simak seluk beluk marmer impor berikut ini.



Negara-negara sumber marmer impor


Ada sejumlah negara yang menjadi pemasok marmer impor di Indonesia. Salah satu yang paling terkenal adalah Italia karena kualitas dan keunikan marmer dari negara tersebut. Setiap negara memiliki marmer yang memiliki karakteristik berbeda. Bahkan dalam satu tambang marmer bisa ditemukan jenis marmer yang berbeda.


Italia


Marmer import Italy terkenal karena kualitasny yang tinggi. Italia adalah negara yang memiliki sejarah panjang terkait industri marmer. Tidak heran kalau Italia dijadikan pioneer dalam industri marmer, termasuk mesin-mesin yang digunakan. Di Italia terdapat sejumlah tambang marmer yang terkenal.


Baca juga: Jenis-Jenis Marmer Italia Paling Populer di Dunia


Salah satunya adalah Carrara yang ditetapkan sebagai Sumber Daya Batu Warisan Global oleh International Union of Geological Sciences. Lokasi tambang Carrara berada di sekitar Pegunungan Alpen. Wilayah tambang marmer tertua di dunia ini setidaknya memiliki 650 situs tambang, yang masih digunakan dan sudah ditinggalkan.


Marmer hasil tambang Carrara diberi nama serupa. Ciri khasnya adalah warna putih bersih. Pada zaman dulu, tepatnya di abad ke 16 pada era Rommawi Kuno, marmer Carrara disebut sebagai marmer luni. Marmer ini digunakan untuk membangun monumen. Sebut saja Candi Proserpina, Pantheon, Kolom Trajan, dan Kolom Marcus Aurelius.


Di samping marmer warna putih bersih, tambang Carrara juga menghasilkan marmer eksklusif lain seperti Calacatta Gold, Calacatta Borghini, Calacatta Macchia Vecchia, Arabescato Cervaiole, dan Arabescato Vagli.


China


Pertambangan marmer di China tersebar di Provinsi Guangxi. Jenis marmer yang dihasilkan dari tambang di Guangxi ini adalah Black Marquina, Landscape White Marble, Cinderella Grey, dan yang paling populer adalah Guangxi White.


Marmer Guangxi White memiliki warna dasar putih dan terbagi lagi berdasarkan warna corak. Bentuk coraknya memiliki karakteristik yang hampir sama. Ada Rose Aurora yang berwarna kecokelatan dan Arabescato dengan corak warna abu-abu.


Spanyol


Spanyol memiliki tambang marmer terbesar di Eropa. Lokasinya ada di kota Pinoso. Hasil tambang marmer ini merupakan salah satu pendapatan ekspor terbesar bagi Spanyol. Marmer yang terkenal dari tambang di Pinoso adalag Crema Marfil. Warna krem klasik dengan undertone kecokelatan.


Crema Marfil terbagi lagi menjadi 2 varian. Marfil Coto diambil dari gunung Monte Coto dan Marfil Zafra dari gunung Monte Zafra. Karena sebaran area yang cukup luas, kualitas marmer Crema Marfil pun beragam. Namun, hanya yang terbaik yang diekspor ke seluruh dunia.


Baca juga: Marmer Impor atau Lokal, Pilih yang Mana?


India


Tambang marmer di India paling banyak diproduksi di Rajasthan. Lokasi lainnya tersebar di Gujarat, Andhra Pradesh, dan Madhya Pradesh. Marmer India pada umumnya memiliki karakteristik daya tahan dan kilau yang sedang.


Setidaknya ada 4 jenis marmer yang terkenal dari India. Makrana identik dengan dominasi warna putih. Ambaji dari Gujarat terkenal dengan kualitasnya yang tinggi. Indian Green Marble, si marmer berwarna hijau yang diincar banyak orang karena keberadaannya cukup langka. Serta Onyx Marble yang kaya akan tone warna pada coraknya.


Turki


Turki merupakan negara pengekspor marmer terbesar di dunia. Pusat tambang marmernya berada di Alpine Himalaya. Khususnya pada area Aegean, Marmara, dan Anatolia. Jenis marmer yang terkenal dari Turki adalah Prokonnesos.


Baca juga: Tips Membeli Marmer dan Granit Impor untuk Hunian Mewah


Marmer yang terkenal dengan warna putihnya ini banyak digunakan pada bangunan dan sarkofagus bersejarah. Di antaranya adalah Hagia Sophia dan Herculean Sarcophagus of Genzano.


Yunani


Lokasi tambang terbesar di Yunani adalah Gunung Pentelicus yang sudah berumur ribuan tahun. Marmer Penteli terkenal memiliki keindahan luar biasa. Warnanya didominasi putih dengan corak berwarna kekuningan. Saat terkena sinar matahari, warnanya bagai emas. Marmer Penteli memiliki kualitas yang amat baik. Parthenon, Academy of Athens, Stoa of Attalos, dan Stadion Panathenaic adalah contoh bangunan ternama yang menggunakan marmer Penteli.


Amerika Serikat


Amerika Serikat memiliki Vermont sebagai pusat tambang marmer. Titik Rutland terkenal dengan marmer yang berkualitas tinggi. Lokasi tambangnya tidak terlalu dalam dan pertama kali ditemukan pada tahun 1830an. Ada pula Gunung Dorset Vermont yang menghasilkan marmer dengan tingkat kepadatan tinggi. Marmer ini pun menjadi unggul karena tidak mudah menyerap noda.


Pengiriman marmer Impor


Pada dasarnya marmer impor dikirim dalam dua bentuk, yaitu berupa blok atau balok batu raksasa dan slab.


Blok batu


Marmer dalam bentuk blok atau balok batu raksasa akan dipotong setibanya di pabrik Indonesia. Hal ini akan memudahkan pabrik dan juga konsumen untuk mendapatkan bentuk marmer yang diinginkan.


Slab


Marmer dalam bentuk slab atau lembaran sifatnya praktis. Slab marmer biasanya dipotong dalam ukuran 2 x 3 meter dengan ketebalan 2 cm. Slab marmer sudah diberi polesan sehingga siap dipakai.


Faktor penentu harga marmer impor


Harga marmer impor tergolong variatif. Faktor yang menentukan harganya adalah warna, corak, dan ketersediaan marmer itu sendiri. Marmer berwarna krem jumlahnya amat berlimpah. Hal ini dikarenakan usia batunya relatif muda. Marmer warna krem juga banyak ditemukan di tambang dalam negeri. Alhasil, harganya relatif murah.


Dibandingkan marmer warna krem, marmer berwarna pekat seperti biru, pink, dan hijau memiliki harga lebih mahal. Hal ini dikarenakan jumlahnya terbatas. Hanya ada beberapa jenis marmer saja yang memiliki warna-warna pekat tersebut. Sedangkan peminatnya pun cukup banyak.


Begitu pula dengan marmer yang coraknya sangat unik, harganya akan mahal. Misalnya marmer dengan corak yang menyerupai kepala harimau, serigala, batik, dan sebagainya. Harga yang mahal juga dimiliki oleh marmer yang jumlahnya terbatas. Misalnya marmer Statuario, Belgian Black, dan Sicilian Diaspro.


Pusat marmer impor Jakarta


Pesona marmer impor memang tidak bisa digantikan dengan material lainnya. Oleh karenanya, Fagetti hadir untuk memenuhi keinginan Anda. Fagetti merupakan importir marmer dari seluruh penjuru dunia, terutama Italia. Setidaknya ada 900 jenis batu alam, khususnya marmer impor. Koleksi marmer impor Fagetti sangat beragam, termasuk jenis-jenis marmer langka dan memiliki corak unik yang tidak dimiliki oleh importir lain di Indonesia.


Baca juga: Tempat Beli Marmer dan Granit Terlengkap di Jakarta


Fagetti juga menyediakan marmer impor dalam bentuk balok batu dan slab. Dengan demikian, konsumen akan mendapatkan bentuk marmer yang sesuai keinginan. Pemotongannya sendiri menggunakan teknologi Italia yang hasil akhirnya akurat dan presisi. Tidak hanya untuk melapisi lantai, teknologi ini dapat digunakan untuk membentuk aneka desain, ukiran, relief, kolom, patung, dan sebagainya.


Layanan Fagetti tidak hanya sebatas importir dan membentuk marmer sesuai permintaan, tapi juga meliputi instalasi. Fagetti hanya menyediakan marmer berkualitas terbaik, serta berani menjamin kepuasan konsumen dengan garansi produk dan layanan selama 3 tahun. Simpan keraguan Anda, hubungi Fagetti mendapatkan marmer impor terbaik. Segera hubungi Fagetti di nomor WhatsApp 0811-8887-359.

70 views0 comments