• Fagetti

Marmer Impor atau Lokal, Pilih yang Mana?



Saat mendesain sebuah bangunan, Anda akan menentukan jenis material apa saja yang digunakan. Pasalnya material ini akan mempengaruhi daya tahan dan tampilan akhir bangunan itu sendiri. Marmer impor sering kali menjadi pilihan untuk pelapis lantai dan dinding lantaran daya tahannya kuat dan memiliki kesan yang amat mewah.


Selain marmer impor, marmer lokal juga menjadi pilihan menarik untuk menghiasi bangunan. Sebenarnya apa saja perbedaan marmer impor dan lokal? Lalu, marmer apa yang sebaiknya Anda pilih? Simak pembahasan berikut ini untuk memutuskannya!


Marmer lokal


Sesuai dengan sebutannya, marmer lokal adalah marmer yang diperoleh dari tambang di Indonesia. Daerah penghasil marmer lokal berada di Sulawesi, Jawa, dan Sumatera. Di Sulawesi sendiri, tambang marmernya berada di kawasan Panjakene. Lalu di Jawa terdapat area Tulung Agung dan Padalarang. Sedangkan Sumatera memiliki tambang marmer di Aceh dan Lampung.


Masing-masing tambang lokal ini menghasilkan batu marmer dengan ciri khas dan karakteristik yang berbeda-beda. Namun semuanya memiliki kualitas yang baik dan dapat disandingkan dengan marmer impor.


Marmer dari daerah-daerah tersebut memiliki kualitas yang baik sehingga beberapa hasilnya diekspor ke mancanegara seperti Amerika, Eropa, dan Australia. Beberapa jenis marmer lokal yang populer di antaranya adalah marmer Ujung Pandang, Crema Perlato, Chiampo Blue, dan Golden Perlato.


Untuk urusan harga, marmer lokal tergolong amat terjangkau dibandingkan marmer impor. Faktor utamanya adalah biaya produksi yang lebih rendah dan jarak pengiriman yang relatif dekat.


Marmer impor


Di Indonesia, ada sejumlah marmer impor yang diperdagangkan. Marmer impor ini didominasi dari Italia, Spanyol, China, India, Turki, Yunani, dan Amerika Serikat. Ada banyak alasan mengapa marmer impor selalu populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pertama adalah kualitas marmer impor itu sendiri. Lalu didukung dengan fakta bahwa ada banyak corak marmer impor yang begitu indah, namun tidak dapat ditemukan pada marmer lokal. Bahkan beberapa di antaranya tergolong langka sehingga tiada duanya dan meningkatkan prestis sang pemilik.


Dibandingkan dengan marmer lokal, harga marmer impor memang lebih mahal. Hal ini dikarenakan biaya produksi dan tingkat kelangkaan marmer yang dimaksud. Namun dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan. Di antaranya kesan mewah pada bangunan, kualitas yang terjamin, serta menambah nilai jual properti di kemudian hari.


Baca juga: Perubahan Tren Marmer, Dulu dan Sekarang


Tips memilih marmer baik lokal atau impor


Karena kualitas batu marmer berbeda-beda tergantung dari tambangnya, maka Anda perlu cermat saat memilih marmer. Dengan demikian Anda akan mendapatkan marmer yang berkualitas dan tahan lama. Berikut ada tips sederhana untuk memilih marmer yang tepat untuk properti Anda.


Perhatikan tekstur


Tekstur alami marmer biasanya terasa halus saat disentuh permukaan kulit, meskipun tekstur ini menonjol dan terlihat jelas. Sedangkan marmer buatan terasa lebih kasar dan mudah retak.


Menelaah unsur mineral


Marmer memiliki kandungan berupa kapur, zat besi, dan mineral. Marmer yang berkualitas, memiliki tiga kandungan tersebut dalam jumlah yang seimbang. Hal ini membuat marmer jauh lebih solid dan mampu menopang bobot berat lebih lama. Anda dapat menanyakan info ini kepada penjual secara mendalam.


Ketebalan marmer


Ketebalan slab marmer juga dapat mempengaruhi umur pemakaian marmer. Normalnya, slab marmer memiliki ketebalan 2 cm. Hal ini sudah dipertimbangkan untuk segala kebutuhan arsitektur. Misalnya untuk marmer sebagai pelapis lantai, pelapis dinding, dan countertop.


Sesuaikan dengan desain bangunan


Semahal dan sebagus apa pun sebuah marmer, apabila tidak sesuai dengan desain bangunan maka tampilan akhirnya tidak akan sesuai ekspektasi. Jadi, sesuaikanlah model marmer dengan desain bangunan yang Anda miliki.


Baca juga: Evolusi Granit dari Masa ke Masa, Konsumen Kini Lebih Mudah Dapatkan Granit


Misalnya untuk bangunan bergaya minimalis, gunakan marmer berwarna putih dengan corak yang halus. Apabila ingin menciptakan kesan hangat di dalam ruangan, Anda bisa coba lirik marmer berwarna cokelat yang menyerupai warna alami kayu. Ingin tampilan yang luar biasa mewah, Anda wajib menggunakan marmer warna hijau atau putih dengan corak berwarna kuning keemasan.


Jadi pilih marmer lokal atau impor?


Kualitas marmer lokal memang tidak perlu diragukan lagi. Terlebih sudah ada banyak marmer lokal yang diakui oleh konsumen internasional. Harganya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan marmer impor. Namun, corak marmer lokal cukup terbatas. Oleh karena itu, desain bangunan Anda bisa jadi tidak sesuai dengan ekspektasi.


Baca juga: Indonesia Masuk Daftar 10 Negara Importir Marmer Terbesar di Dunia


Sedangkan marmer impor memiliki pilihan corak dan warna yang lebih beragam. Anda dapat menemukan marmer yang sangat tepat untuk bangunan impian dengan konsep apa pun. Kualitas marmer impor pun sangat baik sehingga cocok untuk semua ragam aplikasi.

Untuk yang mengutamakan nilai prestisius dan kemewahan, Anda dapat memilih aneka marmer langka di dunia. Di antaranya adalah Breche du Benou, White Thassos Extra, Belgian Black, Black Italian Portoro, Statuario, dan Sicilian Diaspro.


Cari marmer impor di Indonesia


Mencari importir marmer di Indonesia bukan lagi hal yang sulit. Transportasi dan komunikasi sudah begitu mumpuni sehingga ada banyak perusahaan importir yang bermunculan. Namun, untuk menemukan importir yang berdedikasi tinggi itu tergolong sulit. Untungnya ada Fagetti yang sudah berpengalaman sejak tahun 1986.


Fagetti merupakan perusahaan importir marmer dan aneka jenis batu alam lainnya. Kami menyediakan sejumlah marmer yang tergolong langka di Indonesia, bahkan di dunia. Untuk memudahkan Anda, Fagetti tidak hanya menyediakan marmer impor. Tapi juga beragam layanan terkait marmer.


Di antaranya layanan untuk memotong atau membentuk marmer sesuai keinginan Anda. Penggunaan mesin berteknologi tinggi memungkinkan Anda untuk mewujudkan desain impian. Hasilnya presisi dan konsisten sehingga saat dipasang pun akan terlihat sempurna dan tidak mudah terlepas. Sekedar informasi, mesin yang Fagetti gunakan adalah 5-axis 3D CNC dan shape mill water jet. Mesin ini cocok untuk membentuk desain, membuat ukiran, relief, kolom, bahkan patung dengan detail rumit.


Anda pun tidak perlu repot mencari vendor sendiri untuk memasang marmer karena Fagetti dapat melakukannya. Begitu pula untuk urusan perawatan dalam jangka panjang. Ditambah lagi dengan garansi selama 3 tahun untuk produk dan pemasangan. Semua layanan yang Fagetti berikan juga didukung oleh sumber daya manusia yang profesional di bidangnya, termasuk tenaga ahli dari Italia.


#CreateYourPerfection menggunakan marmer impor bersama Fagetti. Hubungi kami melalui nomor WhatsApp 0811-8887-359 untuk konsultasi atau jadwalkan janji temu.