• Fagetti

Evolusi Granit dari Masa ke Masa, Konsumen Kini Lebih Mudah Dapatkan Granit



Granit merupakan salah satu jenis batu alam paling populer setelah marmer. Batu ini sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai material bangunan. Di zaman modern saat ini pun batu granit masih jadi pilihan menarik untuk material bangunan. Jika sebelumnya batu granit sangat eksklusif, kini masyarakat bisa mendapatkannya dengan lebih mudah dan harga yang terjangkau. Batu granit juga dapat diolah dengan teknologi tinggi menjadi beragam produk kreatif bukan hanya sebagai bahan bangunan. Berikut ini ulasan evolusi granit yang telah dirangkum oleh Fagetti.


Granit zaman dahulu


Di Mesir kuno, batu granit kerap digunakan untuk membangun piramida, makam, dan pilar. Pada masa itu, para pekerja menambang batu granit menggunakan palu dan alat pahat. Para pekerja memahat lubang di bagian tengah bebatuan, lalu memasukkan potongan kayu yang sudah direndam air ke lubang tersebut. Saat kayu memuai, batu granit akan terbelah dan pekerja memahatnya lagi ke dalam ukuran yang lebih kecil.


Beralih ke masa kekaisaran Romawi, batu granit dipuja karena keindahan, kekuatan, dan keawetannya. Batu granit ini juga digunakan untuk membangun konstruksi Pantheon dan sejumlah pemandian umum yang merupakan tempat penting pada masa itu.


Evolusi granit mulai terasa saat era Renaissance. Proses penambangan batu granit sudah mulai berkembang dan semakin mempermudah pekerja. Stok batu granit pun cepat tersedia. Karena stok yang cukup banyak ini, batu granit menjadi material bangunan yang umum. Batu granit digunakan untuk membangun rumah, gereja, monumen, kolam pemandian, dan bahkan istana.


Baca Juga: Perubahan Tren Marmer, Dulu dan Sekarang


Pada akhir abad 17, Inggris menjadi sumber penghasil batu granit. Mereka mengirimkan batu granit ke sejumlah area menggunakan kapal. Evolusi granit ini terjadi berkat kehadiran transportasi kapal uap yang lebih efisien dibandingkan kapal laut biasa. Hingga tahun 1880, batu granit di Inggris hanya dijadikan material countertop. Warna yang tersedia masih terbatas dan harganya mahal sehingga hanya orang-orang kaya yang mampu membelinya.


Granit di era modern makin terjangkau


Batu granit saat ini sudah lebih mudah ditemukan, diproses, dan dibentuk menjadi objek apa pun. Fungsinya tidak sebatas pada material bangunan, tapi pelapis yang lebih fokus ke estetika. Banyak orang menggunakna granit sebagai pelapis lantai, countertop, backsplash, pelapis dinding, dan sejumlah furnitur.


Pada pembahasan sebelumnya, garis besar evolusi produksi granit tercipta berkat teknologi. Hal ini menyebabkan biaya produksi bisa ditekan, sedangkan waktu penambangan jadi lebih singkat. Lalu, konsumen pun semakin mudah mendapatkan batu granit untuk bangunannya dengan harga yang masuk akal. Evolusi granit di tahun ini pun sangat terasa bedanya jika dibandingkan dengan kondisi pada 10-20 tahun yang lalu. Lantaran ada banyak perkembangan teknologi yang ditemukan dalam waktu singkat. Selanjutnya, mari kita bahas lebih dalam lagi tentang faktor-faktor tersebut!


Sumber bahan mentah yang bertambah


Seiring berjalannya waktu, ada banyak tambang batu granit yang ditemukan. Tambang-tambang baru ini bisa jadi merupakan tambang terbaik yang pernah ada di dunia. Bahkan memiliki jenis batu granit yang tidak pernah ada sebelumnya. Kalau pun jenis batu granit yang ditemukan itu tergolong standar, artinya dunia memiliki sumber bahan mentah yang baru. Konsumen tidak perlu berebutan memiliki batu granit dan harganya jadi lebih terjangkau.


Baca juga: 8 Alasan Mengapa Desain Marmer Bersifat Timeless


Perkembangan teknologi


Dibandingkan dengan harga granit di masa lampau, harga saat ini tergolong terjangkau. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi industri. Misalnya saja teknologi untuk menambang dan memindahkan bongkahan granit besar di area tambang. Tenaga kerja manusia digunakan hanya untuk mengoperasikan mesin-mesin. Alhasil, pemilik tambang dapat menekan biaya tenaga kerja dan berdampak pada harga yang diberikan pada konsumen.


Pengolahan granit di pabrik


Sama halnya seperti di lokasi tambang, pabrik yang mengolah granit juga sudah menggunakan teknologi canggih. Penggunaan mesin potong yang presisi dan konsisten membuat batu granit lebih cepat diolah. Resiko batu granit rusak atau salah potong pun dapat diminimalisir. Tidak hanya itu, sisa-sisa batu granit dalam ukuran kecil pun diolah dengan tepat. Baik itu didaur ulang jadi campuran material bangunan atau dijadikan objek pajangan yang berukuran kecil.


Harga batu granit semakin terjangkau, biaya perawatan yang perlu dikeluarkan konsumen pun dapat ditekan. Hal ini dikarenakan perkembangan kualitas coating granit yang semakin lama semakin baik. Coating berkualitas tinggi dapat membantu granit bertahan lebih lama meski terkena paparan panas, air, dan beban berat. Tampilan cantik batu granit pun bisa bertahan sepanjang tahun. Pada akhirnya, konsumen tidak perlu menambah biaya untuk mengganti granit yang rusak dalam waktu singkat serta membayar biaya perawatan besar-besaran.


Transportasi modern


Pada zaman dulu, batu granit diangkut menggunakan alat transportasi sederhana seperti gerobak dan katrol. Jangankan untuk memindahkannya ke luar kota, memindahkan dari lokasi tambang ke area pembangunan saja sudah membutuhkan tenaga ekstra dan waktu yang amat lama.


Modern ini, transportasi memegang peranan penting untuk menjadikan granit semakin terjangkau. Transportasi pesawat dan kapal mampu membawa batu granit dalam jumlah amat besar dengan waktu singkat. Granit dari luar negeri pun bisa diimpor dengan mudah. Untuk urusan biaya, ongkos transportasi pun dapat ditekan. Hal ini disebabkan oleh hadirnya banyak perusahaan transportasi sehingga biayanya bersaing. Tidak seperti zaman dulu di mana pesawat merupakan transportasi mewah yang hanya bisa digunakan sebagian kalangan.


Baca juga: Tak Perlu Ragu! Gas Radon Batu Granit Aman dan Tidak Membahayakan Kesehatan


Harga terjangkau, tapi tetap berkualitas


Evolusi granit memang menjadikan batu alam ini semakin terjangkau dari segi harga dan ketersediaan. Meski begitu, kualitas batu granit tidak dikorbankan begitu saja. Malahan kualitas batu granit akan tetap terjaga dibandingkan dengan aplikasi batu granit di masa lampau. Misalnya, potongan dan ukuran batu granit yang presisi akan membuat countertop terpasang sempurna serta tidak mudah retak.


Mendapatkan granit terbaik di Indonesia


Kehadiran granit di Indonesia juga semakin terjangkau. Anda tidak perlu repot saat ingin menggunakan granit karena ada Fagetti yang siap membantu. Fagetti merupakan perusahaan importir batu granit dan 900 jenis batu alam lainnya. Perusahaan ini sudah bergerak di bidang batu alam sejak tahun 1986.


Sangat mudah untuk mendapatkan granit di Fagetti. Utarakan jenis granit yang Anda inginkan, lalu berikan desain impian. Fagetti akan mengolah granit dengan mesin berteknologi tinggi. Hasilnya presisi sesuai keinginan. Baik itu dari segi ukuran, bentuk, bahkan motif tertentu. Fagetti juga akan menyiapkan segala kebutuhan hingga granit selesai dipasang pada bangunan.


Nikmati keindahan, kekuatan, dan benefit dari evolusi granit bersama Fagetti. Hubungi nomor WhatsApp 0811-8887-359 dan #CreateYourPerfection!

15 views0 comments