• Fagetti

8 Alasan Mengapa Desain Marmer Bersifat Timeless

Marmer bukanlah sesuatu yang baru di kehidupan kita. Material ini sudah ada dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Baik untuk material bangunan atau pelapis interior dan eksterior. Selain untuk urusan bangunan, motif marmer juga kerap ditemukan pada produk fashion dan aneka dekorasi. Tampilan marmer yang mewah hanyalah salah satu alasan mengapa material ini timeless atau tidak lekang oleh waktu.


Bebatuan lain mungkin punya masa-masa kejayaannya sendiri. Tapi pada masa-masa itu pula, pamor marmer tetap bertahan. Mari cari tahu apa yang menjadi alasan batu marmer tak termakan oleh waktu.



1. Corak marmer tidak pernah ketinggalan zaman


Saat melihat tampilan marmer, hal pertama yang menjadi fokus orang adalah coraknya. Ya, corak marmer ini berupa urat atau semburat. Terdengar sederhana, tapi corak tersebut tidak pernah ketinggalan zaman. Kenapa? Karena corak dan warna marmer diciptakan oleh alam melalui proses ratusan bahkan ribuan tahun. Hasilnya satu jenis marmer dengan marmer lainnya tak pernah sama persis. Dengan demikian setiap marmer adalah unik.

Berbeda dengan material buatan seperti keramik, tren motif dan warna begitu cepat berganti layaknya produk fashion. Keramik yang kita pasang beberapa tahun lalu, sudah tertinggal jauh dari tren motif keramik terbaru. Tiap saat orang bisa membuat motif keramik baru sehingga motif lama akan ketinggalan zaman.


Sedangkan pada marmer alami, orang tidak bisa menciptakan motif dan warna semau sendiri. Manusia hanya mengambil apa yang tersedia di alam raya. Ketika pasokannya habis, kita tidak bisa meminta alam untuk memproduksi barang yang sama di kemudian hari. Alhasil, tren motif dan warna marmer selalu sama dari waktu ke waktu. Yang berganti hanya tren pemanfaatan dan bentuk aplikasi marmer di sebuah hunian. Marmer dari waktu ke waktu selalu terlihat mewah dan timeless.


2. Tersedia dalam aneka warna


Bagi orang awam, marmer hanya ada dua warna yaitu hitam dan putih. Padahal faktanya, marmer tersedia dalam aneka warna. Bahkan marmer hitam dan putih pun memiliki warna corak yang beragam. Ketika suatu benda tersedia dalam aneka warna, maka sang pengguna dapat memilih warna terbaik yang paling cocok dengan bangunan mereka.


Baca juga: Cermati Efek Psikolofi Pada Warna-warna Marmer


Beberapa warna marmer yang dapat Anda pilih adalah sebagai berikut:

-Putih (Statuario, Calacatta, dan Carrara)

-Biru (Blue Monterrey, Palissandro Blue, dan Crystal Blue)

-Hijau (Verde Patricia)

-Ungu (Rosso Levanto)

-Merah (Red Ravel Jasper)

-Kuning (Giallo Siena)

-Merah muda (Tea Rose, Rosso Verona, dan Rosso Alicante)

-Cokelat (Light Emperador dan Antique Wood)

-Abu-abu (Nuvolato, Serpeggiante Grey, dan Nestos)


Anda memiliki bangunan bergaya Victoria? Jangan ragu gunakan marmer berwarna ungu. Apabila lebih suka gaya minimalis, silakan lirik marmer berwarna putih yang tetap memancarkan kemewahan dan tak lekang waktu.


3. Batu marmer awet


Keawetan batu marmer tidak perlu diragukan lagi. Beberapa faktor yang menjadi penunjang keawetannya adalah tingkat kekerasan dan ketahanan terhadap cuaca. Tingkat kekerasannya sendiri menyentuh angka 4-5 pada skala Mohs. Itu artinya batu marmer tidak mudah rusak ketika tergores benda yang memiliki tingkat kekerasan di bawah angka 4 pada skala Mohs.


Sedangkan untuk urusan cuaca, batu marmer tergolong tahan terhadap panas. Lantaran batu marmer sendiri terbentuk melalui beragam proses yang melibatkan tekanan dan suhu tinggi. Mau diterpa terik matahari dan hujan, batu marmer tak lekang waktu serta tidak mudah lapuk.


Bicara soal keawetan, rasanya kurang sah apabila belum memberikan bukti nyata. Pertama, ada Taj Mahal di India. Bangunan yang menggunakan marmer ini dibangun pada tahun 1632. Hingga saat ini, kecantikan marmernya tidak berubah.


Selanjutnya ada Pantheon, kuil suci di Yunani yang dibangun pada 28 SM. Marmer digunakan pada bagian lantai dan dinding. Pantheon masih berdiri kokoh meski sempat mengalami kerusakan akibat perang. Ada pula Marble Arch, sebuah monumen gerbang yang dibangun pada abad ke 19. Bangunan marmer yang ada di Inggris ini dibangun menggunakan marmer Carrara dari Italia.


4. Dapat diolah jadi beragam objek


Marmer hanya untuk pelapis lantai, pelapis dinding, dijadikan patung, dan material bangunan. Itu dulu. Banyak bangunan-bangunan zaman dulu yang menggunakan marmer seperti demikian. Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, penggunaan marmer pun jadi lebih beragam.


Baca juga: Marmer Tetap Mewah Saat Dipadukan dengan Material Lain


Marmer dapat dijadikan aneka furnitur seperti meja, kursi, headboard, backsplash, bahkan dekorasi yang berukuran mungil. Anda butuh marmer untuk dijadikan meja kerja? Bisa saja. Anda pun bisa membuat desain spesial yang menggabungkan marmer dan material lain seperti kayu atau logam.


5. Cocok untuk wanita dan pria


Marmer sifatnya universal. Itu artinya marmer dapat digunakan siapa saja tanpa terpengaruh persepsi gender. Berbeda dengan objek lain seperti bunga yang identik dengan wanita atau hewan buas yang identik dengan pria. Jadi, marmer ini sangat cocok diaplikasikan pada hunian atau pun bangunan komersial. Saking cocok untuk wanita dan pria, corak marmer pun sering diadaptasi ke dalam bentuk pakaian, tas, sampul buku, cat kuku, dan sebagainya.


6. Tekstur yang disukai banyak orang


Salah satu alasan yang paling populer mengapa marmer tak lekang waktu adalah teksturnya. Tekstur marmer ini licin dan mulus. Pada dasarnya material marmer yang diaplikasikan pada bangunan sudah dipoles. Ketika kulit menyentuh permukaan marmer, maka rasanya akan sangat nyaman. Berbeda dengan tekstur material lain yang mungkin kasar, terlalu berserat, atau berpori besar sehingga membuat orang merasa risih saat menggunakannya.


7. Mampu menyejukkan ruangan


Marmer adalah salah satu material yang populer di negara beriklim tropis. Pasalnya, marmer dapat membuat ruangan terasa lebih sejuk. Bahkan tanpa bantuan pendingin udara sekali pun. Hal ini dikarenakan marmer memiliki suhu yang sama dengan suhu ruangan. Saat tubuh kita memiliki suhu yang lebih tinggi menyentuh marmer, maka terciptalah sensasi sejuk.

Keunggulan marmer yang satu ini tidak hanya membuatnya tak lekang waktu, tapi juga disebut-sebut sebagai material yang ramah lingkungan.


Baca juga: Tips Membeli Marmer dan Granit Impor untuk Hunian Mewah


8. Bentuk investasi dalam properti


Marmer memiliki harga jual yang tinggi dan berkualitas tinggi. Kita semua tahu itu. Kehadiran marmer pada sebuah properti bisa dikatakan sebagai bentuk investasi secara tidak langsung. Apabila Anda menggunakan lantai marmer untuk rumah, maka harga jual rumah di kemudian hari pun akan bertambah. Atau setidaknya, rumah tersebut memiliki poin plus dari sudut pandang calon pembeli.


Apabila Anda tidak berencana menjual rumah tersebut, marmer masih bisa dikatakan sebagai investasi yang baik. Hal ini dikarenakan material marmer awet sehingga biaya renovasi tidak membengkak. Marmer juga tak lekang waktu sehingga tidak perlu dibongkar ketika Anda hendak mengubah interior sesuai dengan tren yang tengah berlangsung.


Cara mudah memiliki marmer yang timeless


Memiliki marmer yang tak lekang waktu di dalam bangunan Anda, bukanlah hal yang mustahil. Fagetti hadir untuk mempermudah keinginan Anda yang satu ini. Fagetti adalah one stop solution untuk kebutuhan batu marmer.


Fagetti adalah importir batu alam seperti marmer, granit, onyx, travertine di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan ratusan jenis, motif dan warna batu marmer dari seluruh dunia, bahkan yang tergolong langka sekalipun. Anda hanya perlu menyampaikan desain yang diinginkan dan Fagetti akan bantu memotong atau membentuknya. Lalu akan dilanjutkan dengan proses finishing, pemasangan oleh tenaga ahli sehingga desain marmer akan tampil timeless.


Marmer yang disediakan oleh Fagetti memiliki garansi khusus selama tiga tahun untuk menjamin kepuasan Anda. Hubungi Fagetti lewat nomor WhatsApp 0811-8887-359 untuk #CreateYourPerfection.

11 views0 comments