• Fagetti

Jenis-Jenis Marmer Italia Paling Populer di Dunia

Updated: Jul 21



Ketika bicara soal marmer, orang akan langsung teringat dengan Italia. Tidak mengherankan, kualitas marmer Italia sudah terbukti selama ribuan tahun, baik dari segi daya tahan maupun keindahannya. Kualitas marmer Italia turut didukung oleh kecanggihan teknologi yang digunakan untuk menambang dan memproses marmer. Masing-masing tambang marmer di Italia menghasilkan jenis marmer dengan ciri khas tersendiri. Inilah jenis-jenis marmer Italia paling populer di dunia.


Statuario


Jenis marmer Statuario diperoleh dari tambang Carrara, tambang yang paling terkenal di Italia. Marmer Italia Statuario ini pada jaman dulu populer sebagai material pembuatan patung. Ada beberapa alasan yang mendukung hal ini. Marmer Statuario memiliki tingkat kepadatan yang bagus. Warna dasarnya putih susu dengan corak tebal abu-abu yang terlihat sangat kontras. Tampilannya terkesan netral, tanpa menghilangkan nuansa mewah.

Di era modern, marmer Statuario mulai digunakan untuk menghiasi hunian dan bangunan-bangunan megah di seluruh dunia. Permintaan yang meningkat dan sumber daya yang menurun menjadikan Statuario langka.


Baca juga: Kemilap Statuario, Marmer Putih Paling Eksotis


Carrara


Sama seperti Statuario, marmer Italia Carrara juga ditambang di daerah yang sama, Carrara. Hanya saja posisi tambang marmer Carrara berada di permukaan yang lebih rendah dari posisi Statuario. Sekilas marmer ini tampak mirip dengan Statuario dari segi warna. Yang membedakannya adalah Carrara memiliki guratan yang halus, tipis, dan terlihat sedikit ‘berbulu’.


Marmer Carrara umumnya digunakan sebagai material patung, counter top, pelapis lantai, pelapis dinding, dan anak tangga. Jumlah stok marmer Carrara tergolong cukup banyak sehingga kelangkaan bisa dihindari.


Calacatta


Selanjutnya ada Calacatta yang masih berasal dari tambang Carrara juga. Sama seperti kedua jenis marmer sebelumnya, Calacatta memiliki warna dasar putih. Coraknya berwarna abu-abu dan emas. Polanya tidak linear sehingga tampil lebih mewah dan alami. Coraknya juga lebih menonjol dan tebal dibandingkan dengan Statuario. Jenis marmer Italia ini juga tersedia dalam warna dasar atau corak cokelat keemasan yang sangat eksklusif.


Pavonazzo


Jenis Pavonazzo merupakan salah satu varian dari marmer Carrara. Nama Pavonazzo memiliki arti burung merak yang melambangkan corak dari marmer tersebut. Coraknya sendiri sangat bervariatif. Ada bagian yang tebal dan yang tipis. Uniknya lagi, warna corak marmer ini ungu atau merah tua. Terkadang ada efek kebiruan atau kekuningan.


ampilannya sangat kontras di atas warna dasar putih. Penggunaan marmer Pavonazzo dapat menjadikan ruangan terlihat lebih mewah dan berkelas. Marmer Italia yang satu ini banyak digunakan pada bangunan-bangunan bersejarah. Salah satunya adalah Belfast City Hall. Bagian yang menggunakan Pavonazzo adalah bagian railing bangunan.


Botticino


Jenis marmer Italia yang paling populer berikutnya adalah Botticino. Namanya diambil berdasarkan lokasi tambang, area Botticino di Provinsi Brescia, Lombardia, Italia. Botticino terdiri dari 2 varian warna. Pertama ada warna dasar putih dengan corak abu-abu tipis. Kedua ada warna dasar putih yang didominasi dengan corak warna krem.


Marmer Italia ini cocok untuk sejumlah aplikasi desain dan dekorasi. Di antaranya sebagai pelapis lantai, keperluan di kamar mandi, anak tangga, counter top, paving, dan cladding.


Baca Juga: Inspirasi Desain Marmer dari Furnitur Hingga Dekorasi


Rosso Levanto


Untuk warna yang lebih bold, ada marmer Rosso Levanto yang sangat populer. Warnanya merupakan perpaduan dari merah, cokelat, burgundy, dan hitam. Sedangkan guratannya berwarna putih. Tampilannya menghadirkan aura elegan nan misterius. Marmer ini ditambang di bagian utara negara Italia. Jenis marmer Italia yang satu ini kerap digunakan pada area dapur dan kamar mandi.


Siena


Marmer Siena merupakan salah satu jenis marmer Italia berwarna yang populer. Lokasi tambangnya berada di area Montagnola Senese. Sejak zaman dulu, marmer Siena digunakan untuk membuat objek dekorasi dan perhiasan.


Warnanya bervariasi pada tone kuning, mulai dari krem pucat hingga kuning cerah, bahkan oranye. Namun jenis marmer Italia ini paling banyak ditemukan memiliki warna dasar kuning gelap dengan corak warna ivory atau kuning muda. Warna kuning ini didapatkan berkat kandungan iron oxides.


Baca juga: Perubahan Tren Marmer, Dulu dan Sekarang


Dapatkan marmer Italia terbaik di Jakarta


Untuk meningkatkan nilai prestisius bangunan atau hunian, pastinya Anda ingin menggunakan marmer Italia yang populer. Fagetti dapat membantu Anda untuk memiliki marmer tersebut, termasuk jenis Statuario yang banyak diminati dan sudah langka sekali pun.


Fagetti merupakan importir aneka batu alam dari seluruh dunia, termasuk marmer Italia. Kami sudah bergerak di bidang ini sejak tahun 1986. Tidak hanya menyediakan batu marmer terbaik, Fagetti juga menyediakan layanan pemotongan dan instalasi. Marmer Italia yang populer pun akan terlihat sempurna di dalam bangunan Anda.


Jangan lewatkan kesempatan untuk #CreateYourPerfection menggunakan marmer Italia bersama Fagetti. Segera hubungi kami di nomor WhatsApp 0811-8887-359.

3 views0 comments