• Fagetti

7 Alasan Memakai Batu Alam untuk Rumah Idaman

Updated: Aug 7

Sedang berencana membangun rumah idaman? Selain mencari referensi desain yang sesuai, Anda perlu memikirkan material bangunan untuk mendukung keindahan dan kemewahannya. Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah pemasangan batu alam untuk menghiasi interior dan eksterior rumah.



Alasan memilih batu alam untuk rumah idaman


Berikut ini 7 alasan Anda perlu menggunakan material batu alam pada rumah idaman yang akan dibangun:


1. Kuat dan tangguh


Sebagai material yang murni berasal dari alam, tingkat kekerasan batu alam bisa diukur dengan skala Mohs dari angka 1 sampai 10. Semakin tinggi skalanya, artinya semakin tinggi tingkat kekerasan material tersebut.


Hasil pengujian pada beberapa jenis batu alam menunjukkan, tingkat kekerasan granit mencapai 6-7, marmer 3-4, sandstone 6-7, quartzite 7, slate 2,5-4 dan limestone 3-4. Dengan skala tersebut, batu alam sangat kuat dan tangguh untuk dipergunakan dalam berbagai kebutuhan desain eksterior maupun interior rumah idaman.


Baca juga: Berniat Pasang Lantai Marmer? 7 Hal Penting Ini Wajib Anda Ketahui


2. Mendongkrak harga properti


Batu alam seperti marmer, granit, onyx dan travertine terkenal mewah. Harganya relatif mahal. Wajar saja, batuan tersebut kebanyakan diimpor dari berbagai negara di dunia. Namun harga yang mahal sepadan dengan keindahan yang dipancarkan oleh batu alam.

Instalasi batu alam pada hunian juga dapat menambah keindahan dan kemegahan sebuah rumah. Jadi nilai jual properti yang menggunakan batu alam pun akan terdongkrak.


3. Mengontrol suhu


Batu alam dikenal mampu memberikan kesejukan ruangan. Material ini mempunyai efek kontrol suhu yang sangat mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Kemampuan mengontrol suhu ini disebut juga dengan thermal inertia, yaitu kapasitas batu alam untuk menyimpan panas dan tidak langsung menghantarkannya.


Di negara beriklim tropis seperti Indonesia, batu alam bisa membuat ruangan di dalam rumah terasa lebih sejuk. Sedangkan di negara bermusim dingin, terdapat variasi batu alam yang bisa digunakan sebagai konduktor atau penghantar panas seperti granit, travertine, sandstone dan limestone.


4. Ciptakan Nuansa hangat


Corak dan warna batu alam dapat menciptakan nuansa kehangatan secara visual dalam sebuah ruangan. Berada di dalam ruangan yang dilapisi batu alam akan membuat penghuni rumah merasa nyaman dan betah tinggal berlama-lama.


Untuk mendapatkan nuansa hangat dari material batu alam, pemilik properti akan mendapatkan pilihan corak dan warna yang sangat beragam. Anda bisa mendapatkan ratusan corak dan warna yang unik dari penyedia batu alam premium seperti Fagetti.


5. Tidak mudah kotor


Batu alam tidak mudah ditempeli debu, bulu hewan peliharaan atau sisa-sisa sel kulit mati. Membersihkan batu alam juga tidak terlalu rumit atau hampir sama dengan membersihkan permukaan benda keras lainnya.


Namun batu alam tetap membutuhkan perawatan secara berkala agar polesannya tetap kilap. Agar batu alam bebas dari kuman, bakteri dan virus yang menempel, Anda juga perlu menggunakan surface disinfectant khusus batu alam secara rutin.


Baca juga: Hellenoz Luncurkan Surface Disinfectant Khusus Batu Alam


6. Ramah lingkungan


Masih banyak yang belum mengetahui jika batu alam adalah salah satu material eco-friendly. Proses pengadaan batu alam tidak melibatkan banyak penggunaan bahan yang berbahaya bagi lingkungan, sehingga minim limbah, minim polusi dan hemat energi.


Selain itu, batu alam merupakan salah satu bahan yang bisa didaur ulang dan multifungsi. Misalnya, batu alam dari bangunan tua bisa dibentuk ulang sebagai bahan paving, dinding atau dekorasi rumah.


7. Keleluasan desain


Setiap keping batu alam memiliki karakteristik yang unik. Batu alam yang mirip satu sama lain pun sejatinya tidak benar-benar identik atau sama persis. Hal yang wajar karena batu alam diproduksi oleh alam, bukan oleh pabrik atau tangan manusia. Hal ini membuat motif batu alam bersifat everlasting.


Baca juga: Kenali Jenis-jenis Marmer untuk Mempercantik Bangunan


Dengan menggunakan material batu alam untuk rumah, Anda memiliki keleluasaan untuk mendesain ruangan. Apalagi dengan adanya teknologi canggih, batu alam dapat dibentuk menjadi lebih artistik sesuai keinginan desainer atau arsitek.


Soal seni batu alam, Anda bisa mempercayakannya pada Fagetti, supplier batu alam yang sudah berpengalaman lebih dari 34 tahun. Perusahaan yang menyediakan lebih dari 900 jenis batu alam ini memproses batu alam dengan teknologi terkini.


Mesin dan teknologi yang dimiliki mampu membentuk batu alam sesuai permintaan customer. Fagetti memproses batu alam dengan sangat detail hingga bagian-bagian terkecil dan rumit. Untuk desain-desain rumah kekinian yang anti mainstream, Fagetti mampu melakukannya dengan sempurna. Jadi tak perlu ragu lagi untuk #CreateYourPerfection.

41 views

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia