• Fagetti

7 Informasi Penting yang Wajib Anda Ketahui Saat Membeli Marmer

Updated: Feb 11



Baru pertama kali membeli marmer dan belum tahu hal apa saja yang harus diperhatikan? Tenang, semuanya bisa ditanyakan ke penjual atau supplier marmer tempat Anda membelinya. Tapi alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu mengenali informasi penting tentang marmer berikut ini agar bisa mendapatkan marmer terbaik.


1. Asal batu marmer


Batu marmer yang dijual di toko, showroom, distributor atau supplier marmer diperoleh dari dalam dan luar negeri. Dari Indonesia, sejumlah marmer yang terkenal berasal dari Ujung Pandang dan Tulungagung.


Sementara itu, marmer import berasal dari berbagai negara seperti Italy, Turki, India, China, Spanyol dan lain-lain. Di antara sekian banyak marmer import, marmer Italy yang paling terkenal karena kualitas dan keindahan motifnya.


2. Ukuran marmer


Membeli marmer berbeda dengan membeli material bangunan lain seperti keramik atau ubin yang memiliki ukuran standar seperti 30 x 30 cm, 50 x 50 cm, 60 x 60 cm dan lain-lain. Sedangkan lebar lembaran atau slab marmer berbeda-beda.


Marmer merupakan batu alam yang biasanya diimpor dalam bentuk blok batu berbentuk persegi panjang. Bentuk dan ukurannya tak selalu sempurna dan sama persis antara satu blok dengan blok lainnya. Blok batu tersebut kemudian dibelah seperti roti tawar menjadi slab marmer dengan ketebalan standar 2 cm. Ukuran luas slab marmer akan tergantung dari ukuran bloknya.


Baca juga: Berniat Pasang Lantai Marmer? 7 Hal Penting Ini Wajib Anda Ketahui


Jika ingin membuat lantai atau dinding marmer, Anda dapat membeli slab marmer yang sudah tersedia di supplier marmer. Untuk kebutuhan desain khusus seperti kolom, furnitur atau countertop, blok batu dapat dipotong dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Dengan teknologi terbaru, batu marmer juga dapat dipotong dengan sangat tipis di bawah 1 cm.


3. Jenis marmer


Setiap tambang menghasilkan marmer yang berbeda. Dalam satu tambang pun ada beragam jenis marmer yang dihasilkan. Jenis-jenis marmer tersebut memiliki keunikannya masing-masing. Dalam satu warna pun jenisnya bisa beragam. Ambil contoh marmer warna putih yang tengah populer ada jenis Statuario, Carrara dan Calacatta yang semuanya berasal dari tambang Carrara, Italy.


Tambang di negara-negara lain juga menghasilkan marmer warna putih dengan kombinasi motif yang berbeda-beda. Jadi jangan sampai mengganggap semua marmer putih adalah Statuario karena kualitas dan harganya juga berbeda. Demikian juga dengan jenis-jenis marmer warna lainnya. Dengan banyaknya jenis marmer, pastikan Anda mendapatkan informasi yang tepat dari supplier.


4. Pemotongan marmer


Marmer merupakan batu alam yang sangat unik. Urat, motif dan warnanya tidak ada yang sama persis satu sama lain. Untuk menonjolkan keindahan marmer yang alami, pemotongan marmer tidak bisa dilakukan sembarangan. Layaknya benda seni, marmer harus dipotong dengan memperhatikan urat atau motif marmernya agar tercipta desain yang menawan.


Baca juga: Tempat Beli Marmer dan Granit Terlengkap di Jakarta


Untuk desain yang lebih rumit, misalnya pembuatan kolom, ukiran atau relief, pemotongan marmer membutuhkan mesin berteknologi tinggi. Pastikan supplier marmer menyediakan jasa pemotongan marmer sesuai desain yang Anda inginkan.


5. Finishing marmer


Sentuhan akhir pada permukaan marmer akan menentukan hasil yang sempurna. Ada beberapa jenis finishing yang bisa digunakan sesuai dengan peruntukan dan area pemasangannya baik indoor maupun outdoor. Untuk keindahan dan kekuatan yang optimal, Anda harus memilih jenis finishing yang tepat.


Finishing polished merupakan jenis finishing yang paling populer. Kadang orang menyebutnya secara sederhana dengan poles marmer. Tampilan akhir permukaan marmer menjadi sangat mengkilap dan jernih. Tekstur permukaan juga terasa licin. Hindari penggunaan finishing polished untuk lantai kamar mandi karena dapat membuat orang terpeleset.


Ada juga finishing honed dengan permukaan matte atau doff. Permukaan marmer terasa halus tapi tidak licin dan terlalu mengkilap. Special finish akan membentuk tekstur timbul atau emboss di permukaan. Uniknya, tekstur timbul tersebut akan mengikuti motif marmer. Finishing ini cocok untuk area lantai dan dinding eksterior.


6. Perawatan marmer


Marmer adalah salah satu material lantai yang sangat tahan pakai. Keindahan batu marmer juga tak lekang oleh waktu karena motif marmer yang alami. Alam hanya menciptakannya sekali dan tak bisa diminta untuk memproduksi motif yang sama di kemudian hari. Berbeda dengan lantai keramik yang bisa diproduksi massal dan modelnya cepat berganti layaknya produk fesyen. Sedangkan motif marmer tetap abadi.


Baca juga: Ini 4 Alasan Pentingnya Membeli Marmer Bergaransi


Untuk menjaga keindahan marmer, material dari alam ini harus mendapatkan perawatan secara berkala. Perawatan berkala yang harus dilakukan terutama daily cleaning dan coating untuk melindungi permukaan marmer.


Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam perawatan harian lantai marmer antara lain menyapu untuk membersihkan debu dan kotoran untuk mencegah goresan serta mengelap tumpahan cairan dengan segera. Jika sudah terlanjur terkena noda, bersihkan marmer dengan stain remover.


Ingat, jangan asal menggunakan produk-produk pembersih lantai terutama yang mengandung chlorine atau hipoklorit. Kandungan bahan kimia tersebut dapat merusak kilau marmer, memudarkan warna dan mengikis permukaan marmer. Sangat disarankan, Anda menggunakan produk khusus untuk perawatan marmer atau batu alam.

7. Tempat beli marmer


Membeli marmer mungkin tak semudah kita membeli keramik yang bisa diperoleh dengan mudah di toko bangunan atau supermarket bahan bangunan. Untuk membeli batu marmer, Anda harus datang ke supplier khusus batu alam yang jumlahnya dalam satu kota tidak terlalu banyak.


Jika ingin membeli marmer sebaiknya Anda datang ke supplier yang menyediakan ratusan jenis, motif dan warna. Dengan banyaknya marmer yang bisa dipilih, Anda akan lebih leluasa dalam menciptakan hunian impian. Dalam hal ini, Anda bisa datang ke butik marmer Fagetti yang berlokasi di Mangga Dua Jakarta dan Cibitung Bekasi.


Selain pilihan material marmer import yang sangat lengkap, Fagetti juga menyediakan jasa potong, poles hingga pemasangan dengan teknologi terkini dari Italy. Jadi soal kualitas marmer Fagetti tak perlu diragukan lagi. Perusahaan ini memberikan garansi produk dan pemasangannya selama 3 tahun. Segera hubungi lewat WhatsApp 0811-8887-359 untuk membuat janji temu dengan tim marketing Fagetti.

88 views0 comments

Recent Posts

See All