• Fagetti

9 Alasan Anda Harus Menggunakan Batu Granit untuk Hunian

Updated: Nov 3

Apabila Anda mencari material untuk hunian yang kuat, awet, serta memiliki nuansa mewah dan elegan, silakan memilih granit. Batu granit merupakan batu yang terbentuk dari magma yang membeku di bawah lapisan tanah. Granit juga kerap dijadikan alternatif dari marmer berkat keunggulannya yang mirip dan harga yang lebih terjangkau.


Selengkapnya, inilah sembilan keunggulan yang dimiliki oleh granit sebagai material hunian:


Granit memiliki daya topang kuat


Menentukan jenis material untuk hunian bukanlah tugas yang mudah. Anda membutuhkan material yang kuat dan awet. Pasalnya, Anda tidak mungkin merenovasi hunian setiap tahun hanya untuk memperbaiki material yang rusak. Di samping itu, material juga harus serasi dengan konsep hunian dan kebutuhan pemiliknya. Granit bisa jadi pilihan yang tepat.


Batu granit memiliki tekstur yang keras dan sangat kuat. Kepadatannya batu granit rata-rata adalah 2,75 gr/cm3. Oleh karenanya batu granit kerap digunakan sebagai batuan untuk konstruksi dan pelapis lantai. Karena daya topangnya sangat kuat, Anda dapat meletakan benda berat di atas material granit tanpa takut retak.


Penggunaan granit dari Fagetti untuk lantai dan dinding di South Quarter Jakarta.

Batu granit memiliki aneka finishing


Agar tampilannya lebih menarik, granit membutukan sentuhan akhir atau finishing sesuai kebutuhan. Dari segi finishing, ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih di antaranya adalah:

  • Flamed dengan hasil akhir kasar, cocok untuk area pedestrian.

  • Honed dengan hasil akhir permukaan batu menjadi rata, namun tidak mengkilap.

  • Rough cut membuat permukaan batu menjadi halus dan rata akibat pemotongan, bukan polesan, cocok untuk dinding dan paving.

  • Polish untum membuat permukaan batu granit menjadi halus dan mengkilap, biasanya untuk lantai interior.

  • Unpolish untuk membuat permukaan menjadi halus dan rata, namun tidak mengkilap karena tidak dipoles.

  • Acid finish, batu granit tidak melewati proses pembakaran, namun menggunakan zat kimia.

Tampilan granit mewah dan dingin


Warna batu granit memang terbatas, tapi coraknya tanpa batas. Corak yang tercipta oleh alam ini menjadikan granit berpenampilan mewah. Material granit juga cocok untuk hampir semua jenis desain interior.


Misalnya saja untuk interior minimalis. Anda bisa memilih material granit untuk counter top atau lantai. Lalu cari granit berwarna hitam atau putih dengan corak yang paling sederhana. Desain minimalis tapi terkesan mewah, bukan lagi sekadar angan-angan belaka. Sifat granit juga dingin. Hal ini dapat membuat suasana hunian terasa lebih sejuk, meski sedang melalui musim kemarau sekali pun.


Granit memiliki pori-pori kecil


Dibandingkan dengan material bangunan lainnya, granit memiliki pori-pori yang tergolong kecil. Akibatnya, granit tidak mudah menyerap air. Kriteria ini membuat granit ideal diaplikasikan pada kamar mandi, wastafel, dapur, bahkan taman.


Pori-pori granit yang kecil juga membuatnya tidak mudah kotor. Misalkan ada kopi yang tumpah ke atas granit, noda dapat segera dibersihkan menggunakan lap. Noda kopi pun tidak akan membekas di permukaan material granit.


Baca juga: Aneka Warna Batu Granit untuk Mempercantik Rumah


Perawatan granit cukup mudah


Apakah yang mewah selalu sulit untuk dirawat? Kenyataannya, material granit justru tergolong mudah dirawat. Untuk perawatan harian, Anda hanya perlu menyingkirkan debu. Kemudian menyekanya dengan larutan pembersih khusus dan air menggunakan kain lap yang lembut.


Dan yang paling penting, permukaan granit harus segera dikeringkan menggunakan lap. Jangan biarkan granit mengering sendiri karena dapat menimbulkan noda bekas air dan permukaan granit jadi tidak cantik lagi. Hindari juga meracik ramuan pembersih menggunakan bahan-bahan dapur karena dapat merusak lapisan permukaan granit.


Granit bersifat hypoallergenic


Hypoallergenic merupakan istilah untuk menjelaskan bahwa suatu produk tidak menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Sifat ini dimiliki oleh batu granit. Oleh karena itu, penggunaan material batu granit pada hunian sangat disarankan. Terutama jika terdapat penghuni anak-anak, orang lanjut usia, dan dewasa yang sensitif terhadap zat-zat tertentu. Hidup mewah sekaligus sehat, terdengar menyenangkan, bukan?


Granit sebagai sarana investasi


Pada saat pertama kali menggunakan material granit untuk hunian, Anda mungkin tidak merasakan seperti apa bentuk investasi yang dimaksud. Tapi usai puluhan tahun menghuni rumah tersebut dan hendak menjualnya, barulah terasa bentuk investasinya. Material granit yang berkualitas tinggi akan membuat hunian terlihat mewah dan sangat kokoh. Harga jual material granit juga tergolong stabil. Secara tidak langsung, material granit pun akan meningkatkan harga jual hunian Anda.


Baca juga: Mitos-Mitos Seputar Penggunaan Granit untuk Interior Rumah


Kualitas sebanding dengan harga


Ada harga, ada kualitas. Terkadang masyarakat mengurungkan niatnya untuk menggunakan material granit pada hunian karena harganya. Namun, kualitas yang ditawarkan itu sebanding. Artinya, budget yang Anda keluarkan di awal memang besar. Tapi budget di kemudian hari dapat ditekan.


Masih kurang yakin? Coba tengok beberapa bangunan terkenal di dunia yang menggunakan material granit dan sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun. Di antaranya Titanic Monument, Vietnam Veterans Memorial, Princess of Wales Memorial Fountain, Amenhotep III, Brihadeeswara Temple, dan Mount Rushmore.


Material granit cocok untuk indoor dan outdoor


Material granit dikatakan sebagai alternatif batu marmer. Tapi faktanya, material granit lebih unggul karena dapat digunakan pada area indoor serta outdoor. Tidak seperti marmer yang kurang cocok untuk area outdoor.


Batu granit tahan terhadap berbagai macam cuaca, termasuk yang ekstrim sekalipun. Sifatnya juga kedap udara dan air. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir material granit mengalami perubahan bentuk saat terendam banjir.


Material granit juga tidak mudah lapuk. Keunggulan yang satu ini tentu sangat berarti untuk hunian di Indonesia yang tingkat kelembapan udaranya tinggi.


Baca juga: 8 Inspirasi Niche Marmer untuk Hunian Mewah Ala Romawi


Ruang kreasi tanpa batas


Semua yang dibuat oleh alam tidak akan terlihat sama persis satu sama lain. Termasuk corak granit yang sangat bervariasi. Oleh karenanya, batu granit dikategorikan berdasarkan warna. Variasi corak granit dapat disesuaikan dengan konsep interior secara keseluruhan.


Lalu, bagaimana untuk aplikasi granit di ruangan berukuran luas supaya tetap terlihat mewah dan harmonis? Tenang saja, Anda tetap bisa melakukan hal tersebut. Kuncinya adalah berkonsultasi pada penyedia batu granit terpercaya seperti Fagetti. Dengan adanya Fagetti, Anda bisa berkreasi tanpa batas.


Sebagai penyedia batu alam terlengkap di Indonesia, Fagetti mampu menyediakan material granit bercorak seragam dalam jumlah banyak. Kualitas batu alam pun tidak perlu diragukan karena sudah diseleksi dengan ketat. Kinerja Fagetti didukung oleh tenaga profesional dan mesin-mesin berteknologi canggih.


Fagetti juga melayani jasa pemasangan batu alam untuk hunian atau bangunan komersial. Perawatan jangka panjang pun dapat diserahkan kepada Fagetti. Tidak tanggung-tanggung untuk menjamin kepuasan konsumen, Fagetti berani memberikan garansi produk dan pelayanan selama 3 tahun.


Selain batu granit, Fagetti pun menyediakan lebih dari 900 jenis batu alam lainnya. Untuk mempermudah pelanggan dalam berbelanja, Fagetti juga menghadirkan layanan konsultasi dan jual-beli secara online. Tunggu apalagi, #CreateYourPerfection bersama Fagetti.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia