• Fagetti

Mitos-Mitos Seputar Penggunaan Granit untuk Interior Rumah

Granit merupakan pilihan populer sebagai material untuk mempercantik rumah. Granit bisa digunakan untuk melapisi lantai, dinding, meja dan furnitur lainnya. Karakteristik batu granit yang kuat, tahan lama dan mewah menjadi alasan di balik popularitasnya. Namun dibalik semua itu terselip beberapa mitos yang membuat sebagian orang justru menjadi ragu untuk menggunakan batu alam yang satu ini.


Apa saja mitos yang berkaitan dengan granit, dan apakah mitos tersebut benar adanya?



Batu granit super mahal


Tampilan batu granit yang elegan dan mewah membuat banyak orang beranggapan bahwa granit merupakan batu alam yang super mahal. Hal ini merupakan mitos semata.

Dari segi harga, granit memang terbilang lebih tinggi dibandingkan material seperti keramik ataupun laminasi. Namun bila dibandingkan dengan batu alam lain yang serupa, harga granit terbilang sangat kompetitif karena persediaan barang yang cukup melimpah.


Jangan lupa juga, beberapa jenis batu sintetis atau buatan justru memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan batu granit. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan granit dengan alasan harga yang terlalu mahal.


Baca juga: Tidak Hanya Mewah, Kenali 5 Keunggulan Granit untuk Dapur


Perawatan granit sangat sulit


Mitos lain seputar granit yang berkembang di tengah masyarakat adalah perihal perawatannya yang terbilang sulit.


Pada kenyataannya, granit merupakan batu alam yang sangat kuat. Granit dikenal sebagai batu alam dengan karakteristik dan keunggulan berupa tahan panas, tahan gores, tahan noda, dan tahan terhadap bahan-bahan kimia. Penambahan coating atau lapisan pelindung akan memperkuat daya tahan granit itu sendiri.


Masih berkaitan dengan mitos ini, sebagian orang berpendapat bahwa coating pada granit harus dilakukan sesering mungkin dan prosesnya sendiri memakan waktu cukup lama. Hal ini tidak benar adanya. Proses coating pada granit dapat dilakukan setiap 12 atau 18 bulan sekali asal perawatan kebersihan granit dilakukan secara benar.


Untuk proses perawatan sehari-hari juga sangatlah mudah. Para pemilik granit dapat membersihkan kotoran ataupun tumpahan makanan dengan lap, air, dan cairan pembersih batu alam.


Granit tidak aman untuk pengolahan makanan


Ada dua hal yang membuat mitos ini berkembang. Pertama, sebagian orang berpendapat bahwa granit merupakan tempat berkembang biak kuman dan bakteri. Pendapat ini berkembang dari ide bahwa kuman dan bakteri akan masuk ke dalam pori-pori granit dan berkembang biak di sana.


Hal ini tidaklah benar. Pori-pori batu granit terbilang lebih rapat dibandingan pori-pori batu alam lainnya. Selain itu, penggunaan coating membuat permukaan granit menjadi tertutup rapat dan bebas dari bakteri. Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa tingkat kebersihan dan kesterilan granit tidak berbeda dengan material lainnya.


Pendapat lain yang juga berkembang berkaitan dengan mitos ini adalah adanya keyakinan bahwa granit akan mengeluarkan gas radioaktif radon yang dapat menyebabkan kanker paru-paru.


Untuk bisa menjelaskan hal ini, perlu dipahami bahwa granit dan batu alam lainnya boleh jadi mengandung elemen radioaktif seperti uranium dan radium. Hal tersebut merupakan bagian dari proses pembentukan batu alam itu sendiri.


Namun, apakah granit mengandung dan dapat melepaskan gas radon yang berbahaya bagi kesehatan? Sejauh ini tidak ada satupun penelitian yang membuktikan hal tersebut. Jadi bagi Anda yang ingin menggunakan granit tidak perlu ragu dengan tingkat keamanan batu ini.


Granit tidak akan pecah


Granit dikenal sebagai batu alam yang sangat kuat dan tidak mudah pecah. Namun bukan berarti granit tidak bisa rusak.


Granit dikenal sebagai material anti gores, namun perlu dipahami bahwa ada beberapa material yang lebih kuat dari granit dan bisa menggores permukaan batu alam ini. Tidak hanya itu, penggunaan bahan kimia pembersih yang terlalu keras dalam jangka waktu lama juga dapat menimbulkan goresan pada permukaan granit. Apabila terhantam oleh benda keras, maka sangat mungkin granit tersebut menjadi pecah atau retak.


Bagaimana dengan panas? Granit juga dikenal tahan panas. Anda dapat meletakkan panci panas dari atas kompor dan langsung meletakkannya di atas permukaan granit tanpa perlu khawatir. Namun yang perlu dipahami disini adalah, panas tinggi dapat membuat polesan dan coating pada granit melemah dan membuat tampilannya menjadi kusam.


Granit dan marmer adalah dua jenis batu alam yang sama


Mitos lain menyebutkan bahwa granit dan marmer adalah dua jenis batu alam yang sama. Hal ini sangat jauh dari kenyataan.


Granit merupakan batu alam yang terbentuk dari magma gunung berapi yang telah mendingin dan mengeras di dalam tanah. Sementara itu, marmer merupakan bentuk metamorphosis dari limestone.


Selain dari segi asal yang berbeda, kedua jenis batu alam ini juga memiliki tingkat porosity yang sangat berbeda. Marmer jauh lebih lembut dan memiliki tingkat porosity yang lebih tinggi dibandingkan granit. Hal ini membuat marmer membutuhkan perawatan lebih untuk menjaga kualitas permukaan dan kilaunya.


Baca juga: Wujudkan Rumah Mewah dan Berkelas dengan 5 Tips Ini!


Granit akan kehilangan kilaunya seiring berjalannya waktu


Hal ini merupakan mitos semata. Granit merupakan material yang sangat kuat dan tahan lama. Penggunaan granit untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari tidak akan membawa dampak buruk terhadap kilaunya. Dari sekian banyak material yang ada saat ini, hanya beberapa material yang terbilang lebih kuat dan mampu menggores granit.


Salah satunya adalah berlian, sehingga tidak heran bila berlian dipergunakan sebagai salah satu alat untuk memoles permukaan granit. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir. granit Anda akan tetap berkilau dalam waktu yang lama, dan apabila kilaunya memang mulai berkurang, Anda bisa memolesnya dengan cairan khusus untuk mendapatkan kilaunya kembali.


Granit berwarna gelap lebih kuat dibandingkan granit berwarna terang


Granit berwarna gelap terkesan lebih kuat dibandingkan granit berwarna terang. Namun kenyataannya terbalik. Quartz merupakan mineral terkuat yang dapat ditemukan dalam granit, dan umumnya mineral ini berwarna putih atau abu-abu. Jadi bisa dikatakan bahwa granit dengan warna yang lebih terang justru lebih kuat dari granit berwarna gelap.


Terbukti bahwa ada begitu banyak mitos yang mengelilingi keberadaan granit dan penggunaannya dalam desain interior. Mitos-mitos terbukti tidak benar adanya dan sudah sewajarnya tidak menjadi penghalang bagi Anda untuk menggunakan granit untuk mewujudkan rumah idaman.


Baca juga: Sambut New Normal, Fagetti Siap Layani Pelanggan Secara Penuh


Berbicara mengenai granit, Anda bisa mempercayakannya kepada Fagetti. Fagetti yang telah berdiri sejak tahun 1986 memiliki pengalaman lebih dalam hal menyediakan batu alam asli berkualitas. Didukung oleh mesin dan teknologi terkini, Fagetti akan menjawab berbagai kebutuhan Anda akan granit mulai dari produk, proses pembuatan, pemasangan, dan juga perawatan.


Tidak hanya itu, Fagetti juga menyediakan ragam jenis batu alam lainnya untuk melengkapi kebutuhan Anda. Jadi, tidak perlu ragu lagi. Wujudkan rumah idaman Anda yang sempurna bersama Fagetti. #CreateYourPerfection

14 views

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia