• Fagetti

Aneka Warna Batu Granit untuk Mempercantik Rumah

Updated: Oct 14

Batu granit merupakan salah satu batu alam dengan tampilan minimalis nan eksotis. Warnanya yang beraneka ragam terbentuk secara alami selama ratusan tahun. Bagi yang menginginkan keindahan warna dan corak yang tak lekang oleh waktu, batu granit bisa menjadi pilihan yang tepat.


Sifatnya asam dengan tekstur agak kasar. Hal ini menjadikan batu granit kuat terhadap serangan cuaca ekstrim. Bongkahan batu granit berukuran besar sebelum diubah menjadi lembaran atau balok untuk keperluan bangunan. Batu granit memiliki daya tahan yang kuat, bahkan melebihi baja. Rata-rata kepadatannya mencapai 2,75 gram/cm3.


Proses pembentukan batu granit dimulai dari bergeraknya magma ke bawah lapisan tanah. Pada saat itu, magma mengalami pembekuan akibat suhu udara yang rendah. Dilihat dari proses pembentukannya, batu granit tergolong dalam batuan beku dalam.


Batu granit mudah ditemukan di sekitar gunung berapi. Batu granit yang tidak ditambang akan meleleh kembali akibat panas dari magma dan menghasilkan batu riolit. Teksturnya lebih halus dan berwarna terang.


Granit kerap diincar masyarakat bukan hanya karena tampilannya, tapi juga karena ukurannya yang besar. Masyarakat pun dapat memperoleh dekorasi dari batu granit dalam ukuran sesuai keinginan tanpa sambungan. Ditambah lagi, batu granit itu kedap udara dan mudah dibersihkan dari noda.


Warna-warna batu granit


Pada hunian, batu granit umum diaplikasikan sebagai countertop, pelapis dinding, dan lantai outdoor. Apakah Anda berminat juga untuk menggunakan batu granit? Kalau begitu, inilah aneka warna batu granit untuk hunian Anda.


Batu Granit Hitam


Batu granit berwarna hitam adalah favorit masyarakat. Warnanya netral dan mudah dipadukan dengan warna lainnya. Tampilannya juga lebih elegan. Untuk gaya interior atau eksterior apa pun, batu granit warna hitam ini juaranya. Batu ini paling sering dijumpai sebagai lantai, countertop, dan backsplash.


Baca Juga: Wajib Tahu! Do's and Don'ts Agar Keindahan Marmer Selalu Terjaga


Selain digunakan untuk dekorasi hunian, batu granit warna hitam juga kerap dijadikan batu nisan. Pasalnya, batu ini tahan banting terhadap cuaca ekstrim dan terlihat kontras dengan tinta warna emas atau silver.


Batu Granit Kebiruan


Batu granit berikutnya memiliki warna kebiruan. Mengapa kebiruan? Karena warna dasarnya adalah hitam. Namun ada serpihan berwarna perak yang membuatnya berkilau dan terlihat seperti biru. Batu granit ini tergolong mahal. Tidak heran, warnanya cantik dan keberadaannya cukup langka.


Batu granit yang satu ini paling cocok dijadikan elemen dekorasi rumah. Misalnya headboard ranjang atau pahatan. Lalu diberikan pencahayaan warna putih atau kuning temaram supaya tampil lebih dramatis serta elegan.


Baca Juga: Kini Beli Marmer Fagetti Bisa Online


Batu Granit Putih


Batu granit berwarna putih adalah jenis yang paling banyak ditemukan pada pertambangan. Harganya lebih murah dibandingkan granit warna lain. Karena harganya murah dan jumlahnya ada banyak, tidak jarang batu granit putih dibubuhkan pewarna untuk memenuhi permintaan pembeli. Terutama warna hitam yang banyak diminati. Daya tahan batu granit putih juga sangat kuat.


Batu granit yang satu ini paling umum diaplikasikan sebagai pelapis lantai, pelapis dinding, meja, kursi taman, dan patung. Jika ingin memadukannya dengan material lain seperti besi dan batu kali, batu jenis ini adalah pilihan yang tepat.


Batu Granit Cokelat


Batu granit cokelat kerap dijadikan lantai bangunan. Warnanya netral dan cocok disandingkan dengan aneka material furniture. Misalnya furniture kayu dan besi. Warna batu granit cokelat ini menjadi andalan untuk bangunan bergaya klasik dan Mediterania.


Selain netral, warna batu granit cokelat ini mengingatkan kita kepada warna tanah. Suasana hunian pun semakin alami dan terasa sejuk. Digunakan untuk area interior atau eksterior, sama cantiknya.


Batu Granit Emas


Batu granit memang dapat menciptakan kesan mewah, tapi yang warnanya emas lebih mewah lagi. Jenis yang satu ini cocok untuk menghiasi ruangan berukuran kecil. Sifatnya yang terang mampu menjadikan ruangan tersebut terasa lebih lapang. Tapi, tidak ada salahnya juga digunakan pada ruangan berukuran luas. Mau dijadikan countertop, lantai, pelapis pilar, atau perpaduan pelapis dinding, sesuaikan saja dengan selera Anda.


Batu Granit Hijau


Batu granit berwarna hijau cenderung memiliki tone yang gelap. Oleh karena itu, batu granit warna hijau lebih sering digunakan untuk elemen dekorasi atau furnitur dengan permukaan berukuran sedang. Dengan demikian, ruangan tidak terlihat sumpek dan gelap. Misalnya pilar, niche, wastafel, dan pinggiran bak mandi. Batu granit warna hijau ini akan tampil semakin cantik dengan tambahan aksen berupa garis emas.


Apabila ingin menggunakan batu granit hijau pada interior bergaya Victoria, pastikan untuk membubuhkan ukiran pada bagian aksennya. Interior pun akan terlihat elegan. Batu granit warna hijau juga cocok dipadukan dengan elemen kayu supaya kesan naturalnya lebih sempurna.


Baca Juga: Berkenalan dengan Onyx, Si Cantik Tembus Cahaya


Tempat Membeli Batu Granit Aneka Warna


Batu granit harganya mahal dan bisa bertahan dalam waktu lama. Oleh karena itu, pemilihan batu granit untuk hunian perlu dilakukan dengan seksama. Pertama-tama, tentukan dulu desain hunian yang Anda inginkan. Misalnya Victoria, minimalis, Mediterania, atau lainnya.


Setelah memutuskan gaya desain, Anda bisa menyesuaikan dengan pilihan warna granit yang tadi sudah dibahas. Interior bergaya Victoria akan cocok menggunakan batu granit hijau, cokelat, emas, dan kebiruan. Sedangkan gaya minimalis cocok menggunakan batu granit apa pun, sesuaikan dengan selera Anda dan furnitur yang akan digunakan. Kalau gaya Mediterania paling cocok menggunakan batu granit warna cokelat dan emas untuk menonjolkan kesan natural.


Berbekal kedua panduan tadi, Anda pun bisa memulai pencarian batu granit untuk hunian. Pilihlah penjual yang memiliki kredibilitas tinggi, seperti Fagetti. Fagetti adalah perusahaan yang bergerak di bidang batu alam. Setidaknya ada 900 jenis batu alam, termasuk granit.


Konsultasikan kebutuhan Anda dengan Fagetti dan bersiaplah untuk #CreateYourPerfection. Kami menyediakan aneka motif dan warna batu granit. Ukuran pun dapat disesuaikan dan potongannya presisi. Ini semua berkat penggunaan mesin high speed cutting. Urusan pemasangan dan perawatan tahunan pun bisa diserahkan kepada Fagetti sehingga Anda tidak repot memikirkannya.


Keunggulan granit yang memiliki aneka warna dan tidak mudah menyusut atau pun memuai, tentu sangat menggiurkan. Jika sudah memasang granit tersebut pada hunian, rutinlah melakukan perawatan harian. Di antaranya membersihkan granit hanya menggunakan cairan pembersih khusus. Selain itu, segera keringkan dengan kain microfiber. Jangan dibiarkan mengering sendiri karena akan menimbulkan bercak air. Selamat memilih batu granit!

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia