• Fagetti

Tidak Hanya Mewah, Kenali 5 Keunggulan Granit untuk Dapur

Updated: Aug 11

Sama halnya dengan marmer, granit adalah salah satu jenis batu alam yang paling sering dijumpai dalam pembuatan bangunan. Batu granit menjadi salah satu material untuk mempercantik eksterior dan interior bangunan. Salah satunya, batu granit dapat menjadikan ruangan dapur menjadi lebih cantik dan mewah.


Apa itu Granit?


Berbeda dengan marmer yang terbentuk dari tekanan atau panas yang tinggi, granit terbentuk dari proses pendinginan magma di dalam bumi. Wajar jika batu granit gampang dijumpai di daerah sekitar gunung berapi. Batuan ini terbentuk dari mineral kuarsa dan feldspar yang berukuran besar, membuatnya menjadi batu berukuran besar pula. Kandungan mineral tersebut yang kelak akan memunculkan warna pada batu granit.


Meskipun bentuk asli granit berupa bongkahan besar, granit yang siap dipasarkan umumnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Batu granit juga dapat dipoles menjadi lebih mengkilap, doff atau terlihat bertekstur. Anda akan menemukan batuan ini dalam berbagai warna mulai dari warna putih, merah muda, merah, coklat, abu-abu dan lain-lain.


Dalam kehidupan sehari-hari, batu granit digunakan dalam konstruksi bangunan seperti gedung, patung atau monumen. Keindahan batu granit juga dimanfaatkan untuk membuat dan mempercantik interior dan eksterior rumah. Selain dari sisi estetika, penggunaan batu granit juga memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan batuan lainnya.


Baca juga: Kenali Jenis-jenis Marmer untuk Mempercantik Bangunan


Keunggulan batu granit untuk dapur rumah


Salah satu bentuk penggunaan batuan granit dalam desain interior ruangan adalah untuk ruangan dapur. Batu ini biasanya diaplikasikan pada meja dan dinding dapur yang berdekatan dengan kompor. Aplikasi granit pada dapur memberikan berbagai manfaat dan keunggulan, terutama jika dibandingkan dengan material lain seperti keramik. Berikut adalah manfaat dan keunggulan batu granit untuk dapur rumah Anda.



Mempercantik dan memberi kesan mewah


Keindahan adalah alasan utama yang membuat batu granit dicari dan digunakan untuk menjadi bagian dari desain suatu bangunan. Warna-warni natural pada granit serta aneka motifnya membuat batuan ini terlihat cantik dan indah saat diaplikasikan pada ruangan. Batuan ini memberikan keindahan yang memiliki kesan mewah dan berkelas pada interior maupun eksterior rumah.


Jika menggunakan granit pada bagian dapur rumah, sudah pasti Anda akan mendapatkan dapur yang indah dan mewah. Yang perlu Anda perhatikan hanyalah pemilihan warna dan letak pemasangannya di dapur. Selain itu, Anda juga perlu melakukan perawatan secara berkala agar keindahannya selalu terjaga.


Kokoh dan tahan lama


Batuan granit terbentuk dari pembekuan magma ketika mencari celah untuk keluar dari perut bumi. Pembekuan ini berlangsung sangat lama dan menghasilkan banyak bongkahan mineral alami yang kemudian mengkristal menjadi batuan. Hal ini membuat granit memiliki kepadatan yang tinggi sehingga menjadikannya sangat kuat dan kokoh.


Sifat kuat dan kokoh pada granit ini tentunya merupakan sebuah kelebihan jika dibandingkan dengan material lain, misalnya keramik. Tidak jarang keramik di dapur menjadi retak atau bahkan pecah karena penggunaan berbagai alat. Hal ini jarang terjadi jika Anda menggunakan granit. Meja maupun dinding dapur Anda akan bertahan lama tanpa mengalami perubahan warna dan bentuk.


Baca juga: Berniat Pasang Lantai Marmer? 7 Hal Penting Ini Wajib Anda Ketahui


Tahan panas


Dapur adalah tempat segala aktivitas memasak dilakukan dan seringkali kegiatan tersebut terkait dengan pemanasan. Baik itu menggoreng, menumis, memanggang, merebus, dan lain-lain. Hal ini membuat meja dan dinding dapur selalu terpapar panas yang dihasilkan saat memasak.


Teknik memasak makanan tertentu pun tidak jarang menggunakan api yang besar dan menyambar permukaan dinding. Tidak heran jika interior dapur gampang sekali menjadi rusak dan harus segera direnovasi dalam jangka waktu tertentu.


Nah, di sinilah keunggulan granit untuk dapur rumah, yaitu sifatnya yang tahan panas. Latar belakang granit sebagai batuan yang berasal dari lelehan magma sangat mempengaruhi. Hal ini membuatnya sangat kuat dan tidak akan mudah rapuh atau rusak saat terpapar panas ketika memasak. Panas dari berbagai kegiatan memasak tentunya tidak sebanding dengan panas magma yang merupakan bahan dasar terbentuknya granit, bukan?


Tidak mudah tergores


Terkait dengan aktivitas mengolah bahan mentah menjadi makanan, dapur juga sangat rentan untuk menjadi kotor. Noda yang timbul pun terkadang bandel dan sulit dibersihkan karena dapat berupa percikan atau tumpahan makanan. Di sisi lain, meja dapur juga kerap dijadikan tempat untuk memotong atau mencincang bahan makanan yang menjadikannya mudah tergores.


Kedua hal di atas mungkin tampak sepele namun sangat mempengaruhi keawetan dan keindahan interior dapur Anda. Namun, jika Anda menggunakan batu granit, kedua hal di atas tidak perlu dikhawatirkan lagi. Anda hanya perlu membersihkannya dengan baik karena granit kedap air dan tidak mudah menyerap noda. Selain itu kekuatan granit menjadikannya tidak mudah tergores dan lecet.


Mudah dibersihkan


Sejalan dengan sifatnya yang tidak mudah kotor karena tidak gampang menyerap noda, granit pada meja dapur cenderung mudah untuk dibersihkan. Memang banyak yang beranggapan bahwa butuh perlakuan khusus untuk membersihkan noda pada meja dapur berbahan granit. Namun, tahukah Anda bahwa anggapan tersebut tidak selamanya benar dan relevan?


Anda memang perlu melakukan pembersihan khusus secara berkala untuk menjaga keindahan granit pada dapur Anda. Hanya saja, untuk pembersihan setelah memasak, atau pembersihan segera ketika ada noda, Anda hanya perlu menggunakan cairan pembersih yang biasa dipergunakan untuk membersihkan peralatan makan.


Baca juga: Sambut New Normal, Fagetti Siap Layani Pelanggan Secara Penuh


Tempat beli batu granit untuk dapur terlengkap


Granit memiliki banyak sekali jenis warna dan motif yang berasal dari berbagai negara di dunia. Sayangnya, tidak banyak supplier yang dapat menyediakan pilihan jenis warna dan motif granit yang beragam. Beberapa jenis granit juga mungkin tergolong langka dan jarang ditemukan di dalam negeri.


Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena Anda berada di halaman penyedia batu alam terlengkap, Fagetti. Ada sekitar 900 jenis batuan alam yang disediakan oleh Fagetti, seperti marmer, granit dan jenis batuan lainnya. Berbagai kebutuhan terkait interior dengan menggunakan batuan alam lainnya pun dapat Anda temukan di sini.


Melalui #CreateYourPerfection, Fagetti tidak hanya menyediakan batu granit untuk dapur, namun juga menyediakan jasa pemrosesannya sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Fagetti menggunakan teknologi mutakhir dalam menghadirkan desain batu alam yang sempurna. Selain itu, perusahaan ini menyediakan jasa instalasi hingga perawatan granit. Sangat praktis karena seluruh kebutuhan granit bisa dipenuhi di satu tempat: Fagetti.

29 views

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia