• Fagetti

Jenis-Jenis Marmer Putih Paling Terkenal di Dunia

Updated: Aug 23, 2021



Marmer putih memiliki nuansa yang mewah dan cocok diaplikasikan pada bangunan bergaya apa saja. Sifatnya pun tidak lekang oleh waktu. Ditambah lagi, warna dasar putih menjadikan warna guratan apa pun tampak kontras sehingga semakin menarik perhatian orang yang melihatnya. Ada banyak marmer putih yang dapat kita temui di pasaran dengan karakteristik yang berbeda-beda. Berikut ini jenis-jenis marmer putih dari berbagai negara di dunia:


Statuario


Statuario adalah marmer berwarna putih yang kehadirannya sudah mulai langka. Hal ini dikarenakan stok di tambang asalnya sudah menipis, namun permintaan konsumen masih tinggi. Tidak heran, marmer yang berasal dari tambang Carrara ini sangat eksklusif. Warna dasarnya putih bersih dengan corak yang menonjol. Biasanya corak Statuario berwarna abu-abu dan emas. Corak yang tebal diiringi dengan corak yang lebih tipis.


Marmer ini banyak digunakan sebagai material pembuat patung pada zaman dulu. Sedangkan di era modern, marmer Statuario kerap dijadikan material counter top, backsplash, serta pelapis lantai dan dinding. Marmer Statuario sendiri tidak disarankan untuk digunakan pada area luar ruangan.


Baca juga: 4 Alasan Marmer Italia Layak Disebut Marmer Terbaik Dunia


Calacatta


Hampir mirip dengan Statuario, marmer berwarna putih Calacatta juga memiliki corak berwarna abu-abu dan emas. Yang membedakan adalah bentuk coraknya. Di mana corak tersebut tidak bersifat linear sehingga tampil lebih alami.


Variasi warna coraknya juga lebih beragam dibandingkan Statuario. Hal ini membuat marmer Calacatta terbagi lagi menjadi beberapa sub kategori. Ada Calacatta Borghini yang berwarna dasar putih dengan corak hitam, abu-abu, dan emas yang samar. Ada pula Calacatta Michelangelo yang warnanya lebih solid. Marmer ini juga ditambang di Carrara, Italia.


Marmer Calacatta memiliki tampilan yang klasik sehingga cocok untuk hunian bergaya klasik atau tradisional. Misalnya pada bagian lantai, counter top, dan backsplash.


Carrara


Masih berasal dari tambang Carrara di Italia, ada marmer Carrara. Marmer berwarna putih ini memiliki corak yang merupakan perpaduan biru dan abu-abu. Coraknya ini sangat lembut dan halus dibandingkan dengan marmer Statuario serta Calacatta yang lokasi tambangnya sama.


Kualitas marmer Carrara amat baik sehingga cocok digunakan untuk beragam keperluan. Pada zaman dulu, marmer Carrara digunakan sebagai material monumen dan patung. Di antaranya adalah The Pantheom, Michelengelo, dan Marble Arch di London. Untuk modern ini, Carrara umum diaplikasikan sebagai pelapis lantai dan dinding, anak tangga, countertop, serta sejumlah dekorasi.


Mugla White


Mugla White adalah salah satu jenis marmer berwarna putih yang menjadi kebanggaan Turki. Marmer ini ditambang di daerah Kavaklidere, Yatagan, Mugla. Mugla White memiliki ciri khas pada coraknya yang berwarna abu-abu. Ukurannya tipis dan jarang-jarang. Daya tahan marmer ini terhadap perubahan cuaca cukup baik sehingga cocok untuk dijadikan material eksterior. Di antaranya sebagai pelapis dinding, pelapis lantai, dinding air terjun, hingga dinding kolam renang. Mugla white akan tampil cantik dengan bantuan finishing polished, sawn cut, sandblasted, serta tumbled.


Aegean White


Berikutnya ada Aegean White yang berasal dari Yunani. Lebih spesifiknya, marmer ini ditambang dari area Aegean. Kehadiran marmer putih ini sudah sejak ribuan tahun silam. Hal ini terbukti dari kehadiran 60 bangunan marmer putih yang ditemukan oleh para ilmuwan. Marmer berwarna putih ini memiliki corak berwarna abu-abu. Jika dilihat dari kejauhan, corak ini membentuk garis diagonal. Marmer ini paling sering digunakan untuk melapisi lantai, membuat monumen, dan juga countertop.


Dionyssos White


Marmer berwarna putih Dionyssos White berasal dari Yunani juga. Lokasi tambangnya berada di Dionysos, Penteli. Marmer ini memiliki garis tipis yang cukup beraturan. Beberapa lainnya tampak blurry sehingga menciptakan pola yang lebar dan unik. Untuk coraknya sendiri, Dionyssos White umum ditemukan dengan warna abu-abu, hitam, atau hijau.


Baca juga: Ibadah di Masjid Jadi Lebih Sejuk Berkat Marmer


Thassos Snow White


Thassos Snow White adalah satu-satunya marmer berwarna putih di dunia yang benar-benar putih tanpa corak atau pun warna lainnya. Di dalam marmer ini terdapat butiran-butiran halus yang cerah. Saat tertimpa sinar matahari atau lampu, tampilannya menjadi lebih berkilau. Marmer yang berasal dari Yunani ini cocok untuk menghiasi proyek prestisius. Baik itu diaplikasikan pada dinding, furnitur, serta dekorasi.


Golden Spider


Dilihat dari namanya, marmer Golden Spider jelas memiliki nuansa emas. Yakni pada bagian coraknya yang berukuran kecil namun terlihat dengan jelas. Warna dasar marmer ini putih sepenuhnya. Marmer jenis Golden Spider diperoleh dari tambang di Platanotopos, Eleftereopolis, Kavala, Yunani. Oleh karenanya, marmer ini juga sering disebut sebagai Planotopos Yellowish White. Hampir semua jenis finishing cocok untuk Golden Spider. Sebut saja seperti honed, aged, polished, sawn cut, sanded, sandblasted, bushhammered, dan tumbled.


Dilihat dari warna yang mendominasi, marmer ini cocok digunakan interior bergaya apa pun. Supaya tampil sempurna, Anda bisa memadukannya dengan aneka furnitur atau dekorasi yang memiliki aksen berwarna emas juga.


Branco Carrarinha


Bagi Anda yang tengah mencari marmer berwarna putih dengan kesan minimalis, coba lirik Branco Carrarinha. Marmer ini memiliki warna dasar putih dengan sedikit corak yang berwarna hitam. Di beberapa sudutnya terdapat sedikit bercak yang juga berwarna hitam. Tampilannya akan terlihat serasi menghiasi hunian minimalis Anda yang didominasi warna hitam dan putih juga. Marmer ini berasal dari Brazil. Kualitas marmer Branco Carrarinha tergolong baik sehingga cocok untuk interior maupun eksterior.


Sivec


Marmer Sivec sudah ditemukan dan digunakan sejak 500 SM. Tambangnya berada di kota tua Stibera yang sekarang dikenal sebagai Prilep. Warna dasarnya putih, sedangkan coraknya berwarna abu-abu muda dan tidak mendominasi. Pada zaman dulu, Sivec digunakan untuk membuat patung orang Romawi dan bangunan penting. Kini, Sivec kerap digunakan untuk bangunan yang prestisius seperti hotel dan istana.


Solto


Solto adalah marmer yang ditambang di Turki. Marmer dengan warna dasar putih ini memiliki corak berwarna abu-abu. Coraknya berupa garis-garis halus yang hampir memenuhi permukaan marmer. Karakteristiknya begitu dramatis dan elegan. Marmer yang satu ini cocok diaplikasikan dalam pola mozaik.


Tempat membeli marmer putih di Jakarta


Untuk mendapatkan marmer berwarna putih, Anda tak perlu jauh-jauh harus berkeliling dunia. Dapatkan marmer putih impor berbagai jenis di Fagetti Jakarta. Fagetti adalah importir batu alam di Indonesia. Setidaknya ada 900 jenis batu alam, terutama marmer. Berpengalaman sejak tahun 1986, Fagetti berkomitmen untuk memberikan batu alam berkualias dan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya.


Baca juga: 10 Inspirasi Desain Bookmatch Marmer yang Memukau


Kami menyediakan beragam jenis marmer putih dengan corak yang Anda sukai, bahkan marmer langka sekali pun. Layanan Fagetti tidak terbatas pada import batu alam saja. Tapi juga melayani pemotongan dan instalasi batu pada bangunan Anda. Tidak lupa, ada garansi selama 3 tahun untuk menjamin kepuasan Anda.


Semua pengerjaan dilakukan dengan mesin berteknologi canggih asal Italia, negara yang mumpuni untuk urusan marmer. Segera temukan marmer berwarna putih incaran Anda dan #CreateYourPerfection bersama Fagetti. Konsultasikan kebutuhan Anda terlebih dahulu melalui nomor WhatsApp 0811-8887-359.

49 views0 comments