• Fagetti

Ibadah di Masjid Jadi Lebih Sejuk Berkat Marmer

Updated: Aug 23

Rumah ibadah sudah sepantasnya dibangun sebaik mungkin. Selain harus indah, masjid juga dibuat senyaman mungkin bagi umat untuk beribadah. Agar dapat terwujud, tidak sedikit masjid yang menggunakan material marmer. Aspek estetika menjadi pertimbangan utama, selain itu penggunaan marmer di rumah ibadah bertujuan untuk menciptakan ruangan yang sejuk.


Marmer untuk pembangunan masjid
Masjid Nabawi (Sumber: Wikimedia.org)

Kenapa marmer membuat ruangan menjadi sejuk?


Pada dasarnya ada dua alasan mengapa marmer dapat membuat ruangan masjid terasa lebih sejuk. Alasan pertama adalah marmer merupakan benda penghantar panas yang baik. Artinya, marmer akan menyerap panas yang ada di sekitarnya dengan cepat. Panas dari tubuh kita pun akan lebih cepat terserap sehingga kondisi menjadi lebih sejuk.


Alasan kedua adalah perbedaan suhu. Manusia memiliki suhu tubuh normal sekitar 36 derajat Celcius. Sedangkan benda di dalam ruangan mengikuti suhu ruang, yaitu sekitar 25 derajat Celcius. Marmer juga mengikuti suhu ruang. Tubuh kita akan merasa lebih sejuk karena benda di sekitar memiliki suhu yang lebih rendah.


Baca juga: Soapstone, Batu Alam Lunak yang Cocok untuk Dekorasi Dinding


Pada dasarnya menurut hukum termodinamika, panas benda yang lebih tinggi akan mengalir ke benda yang suhunya lebih rendah. Hal ini akan terjadi sampai tercipta keseimbangan termal satu sama lain. Melalui momen ini, tanpa disadari kita juga melepaskan panas tubuh yang kemudian diserap oleh marmer.


Aplikasi marmer pada masjid


Layaknya pada hunian, aplikasi marmer pada masjid pun cukup beragam. Di antaranya adalah pelapis lantai, pelapis dinding, material pilar, serta podium imam. Bahkan tidak mustahil menambahkan marmer sebagai dekorasi masjid, misalnya dengan memotong dan membentuk marmer menjadi kaligrafi dalam bahasa Arab.


Marmer yang sejuk cocok untuk bangunan masjid


Ada banyak masjid yang menggunakan marmer sebagai pelapis lantainya. Hal ini disebabkan oleh aktivitas ibadah umat Muslim yang menuntut banyak gerak tubuh dan bersentuhan dengan lantai. Dengan menggunakan marmer, umat akan merasa lebih sejuk dan nyaman selagi beribadah. Ditambah lagi Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang cuacanya begitu panas di siang hari.


Baca juga: Indonesia Masuk Daftar 10 Negara Importir Marmer Terbesar di Dunia


Selain dengan alasan menyejukkan, ada lagi alasan terselubung di balik penggunaan marmer pada masjid. Alasannya adalah marmer ini memiliki daya tahan lama. Kalau awet dan tidak mudah rusak, maka pihak pengelola tidak perlu merenovasi masjid dalam jangka waktu singkat. Biaya perawatan dapat ditekan, umat pun tetap bisa menjalankan ibadah rutin sepanjang tahun.


Bangunan masjid terkenal yang menggunakan marmer


Tidak hanya di Indonesia, masjid-masjid di luar negeri pun kerap menggunakan marmer supaya ruangan terasa sejuk. Beberapa masjid yang terkenal di antaranya adalah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.


Masjidil Haram


Masjidil Haram berada di kota Makkah. Kota ini terkenal memiliki cuaca yang panas. Pada siang hari, suhu udaranya bisa mencapai 50 derajat Celcius. Masjid yang menjadi tempat Islami tersuci di dunia ini mendapat kunjungan umat dari seluruh dunia dalam jumlah yang fantastis. Kegiatan utama ibadahnya adalah mengelilingi Ka’bah.


Lokasi Ka’bah ini ada di luar ruangan dan umat mengelilinginya tanpa alas kaki. Di sinilah kehadiran marmer sangat berarti. Ya, marmer digunakan untuk melapisi area tersebut. Meski matahari sedang bersinar terik, kaki umat tetap terasa sejuk dan nyaman.


Marmer yang digunakan pada masjid ini berwarna putih. Tambangnya berada di Thassos, sebelah utara Yunani. Tambang ini sudah banyak menghasilkan batu marmer yang digunakan orang Romawi sejak zaman dulu.


Marmer dari Thassos ini dikirim dari Yunani ke Arab Saudi dalam bentuk bongkahan besar. Kemudian dipotong menggunakan teknologi canggih. Bentuknya persegi panjang dengan ketebalan 5 cm. Ketebalan ini turut menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan marmer untuk menciptakan kesejukan.


Pemasangan lantai marmer pun dilakukan oleh para profesional. Tentu saja semua ini dilakukan demi kenyamanan para umat yang sedang beribadah dan mencegah terjadinya kerusakan dalam waktu singkat.


Masjid Nabawi


Lima belas tahun usai pemasangan marmer di Masjidil Haram, arsitek yang bersangkutan juga diminta untuk memasang marmer di Masjid Nabawi. Marmer yang digunakan di Masjid Nabawi berasal dari tambang yang sama, yakni Thassos. Marmernya digunakan untuk melapisi lantai di area sholat. Konon, sang arsitek sempat kewalahan lantaran ½ deposit batu marmer di Thassos sudah dihabiskan untuk Masjidil Haram.


Selain di lantai area sholat, Masjid Nabawi juga memiliki marmer pada sejumlah elemen. Di antaranya adalah makam Nabi Muhammad dan mimbar. Spot utama wisata religi di masjid ini adalah makam Nabi Muhammad. Atas perintah Al-Mutawakkil, makam nabi pun dilapisi marmer. Sedangkan mimbar dari marmer merupakan elemen baru pengganti mimbar Nabi Muhammad yang sebelumnya dibuat dari kayu pohon kurma.


Bangunan masjid di Indonesia yang menggunakan marmer


Pada 13 Mei 2018, Masjid Suciati Saliman resmi dibuka untuk kegiatan ibadah umat muslim. Masjid yang berada di Yogyakarta ini merupakan salah satu proyek prestisius yang menggunakan marmer Fagetti. Bagian interior masjid didominasi oleh marmer yang menciptakan kemewahan dan kesejukan.


Baca juga: Marmer Impor di Indonesia, Dari Mana Asalnya?


Masjid yang mampu menampung 1.500 jemaah ini terdiri dari dua lantai. Kedua lantai masjid ini didominasi dengan marmer berwarna cerah dengan pola yang simetris. Bagian dinding dan pilar menggunakan perpaduan marmer Armani Beige dan Typhon White. Sedangkan ornamen lantai menggunakan marmer jenis Crema Catherine.




Marmer yang digunakan untuk pilar memiliki garis semburat yang tipis-tipis. Pilar ini kemudian dibuat memiliki tekstur bergaris yang mendukung nuansa kemewahan. Bagian luar masjid pun tidak kalah mewahnya, lantaran menggunakan travertine dan granit New Jersey. Kedua batu ini juga memiliki sifat anti panas seperti marmer.


Temukan marmer terbaik untuk pembangunan masjid di Fagetti


Melalui artikel kali ini, Anda telah mengetahui seberapa ampuh batu marmer untuk menyejukkan ruangan dan mengubah masjid menjadi lebih estetik. Nah marmer terbaik untuk pembangunan masjid dapat Anda temukan di Fagetti.


Fagetti adalah importir marmer yang sudah berdiri sejak 1986. Selain marmer, Fagetti juga menyediakan ratusan jenis batu alam lainnya, termasuk granit, travertine, onyx, dan lainnya.

Ada banyak alasan mengapa Anda harus mendapatkan marmer dari Fagetti. Pertama, marmer di Fagetti memiliki corak yang unik. Mayoritas marmer Fagetti bersifat eksklusif sehingga sulit ditemukan di Indonesia, bahkan di seluruh dunia.


Kedua, marmer yang eksklusif ini menjadi kian sempurna lantaran didukung penggunaan teknologi canggih. Mesin potong memiliki tingkat presisi dan konsistensi yang tinggi. Desain rancangan arsitek dan desainer interior pun dapat terwujud dengan tepat.


Segera konsultasikan kebutuhan marmer untuk pembangunan masjid Anda bersama Fagetti. Hubungi Fagetti melalui WhatsApp 0811-8887-359.

#CreateYourPerfection bersama Fagetti.

28 views0 comments