• Fagetti

Keunikan Tambang Marmer Terbuka di Pulau Thassos, Yunani



Bagi penggemar marmer warna putih, ada jenis marmer lain yang tak kalah populer selain Statuario, Carrara dan Calacatta. Jenis marmernya adalah Thassos. Batu marmer berwarna putih bersih ini bukan berasal dari Italy tapi dari Yunani. Marmer Thassos juga memiliki sejarah yang panjang. Tambang marmernya di Pulau Thassos sebagian besar merupakan tambang terbuka yang terhampar di pantai nan indah.


Kebanyakan tambang marmer di seluruh dunia berada di daerah pegunungan sehingga sulit untuk digali dan diangkut ke daerah lain. Dus, keberadaan tambang marmer terbuka di Pulau Thassos terbilang cukup unik. Tambang marmer terbuka itu berada di semenanjung Alyki sebelah selatan Pulau Thassos.


Baca juga: Seni Patung Marmer Yunani di Pulau Cyclades


Di sepanjang pulau, kita bisa dengan mudah menemukan marmer putih yang bersinar keperakan jika terkena sinar matahari. Hal tersebut sangat memudahkan proses penambangannya. Selain itu, dengan lokasinya yang berada di sekitar pantai, transportasi batu marmer dari pertambangan ke seluruh dunia lebih mudah untuk dilakukan dengan menggunakan kapal laut.


Awal mula tambang marmer Thassos


Sejak zaman kuno, tambang marmer di pulau Thassos sudah terkenal sebagai penghasil marmer putih berkualitas. Penambangan besar-besaran sudah dilakukan pada abad ke-7 sebelum Masehi. Bangsa Yunani dan Romawi banyak menggunakan marmer ini untuk membangun monumen dan gedung megah.


Marmer putih ini juga digunakan sebagai material pembuatan patung marmer. Seni pahat berkembang luas di pulau ini. Bahkan pada bada ke-6 SM, sebuah sekolah patung berdiri di sana. Salah satu patung kuno yang terkenal adalah Kouros, patung seorang pria muda yang membawa domba dengan tinggi 3,5 meter.


Baca juga: Ini Alasan Banyak Hunian Mewah Menggunakan Marmer Italy


Reruntuhan tambang kuno masih bisa ditemukan hingga hari ini. Di perairan dangkal di Thassos masih banyak patung marmer setengah jadi, kolom dan balok raksasa yang ditinggalkan. Di zaman kuno, pusat pertambangan marmer di pulau Thassos berada di Alyki, Saliara, Vathy, Fanari dan Agia Varvara. Hingga saat ini penambangan marmer di Thassos masih terus dilakukan. Marmer putih Thassos telah dikirim untuk mempercantik bangunan di seluruh dunia.


Keunikan marmer Thassos


Marmer Thassos berwarna putih cerah dengan struktur padat. Marmer ini memiliki kristal warna putih salju yang membuatnya berkilau cantik jika terkena pancaran cahaya. Keindahan marmer ini berasal dari komponen utama marmer yang terdiri dari dolomit 86%, kalsit 12% dan kuarsa 2%.

Baca juga: Bak Negeri Dongeng, Cappadocia Impian Kinan Punya Panorama Batu Alam Nan Memukau


Jenis marmer ini juga sering disebut dengan nama Thassos Snow White. Marmer putih Thassos menjadi salah satu marmer dari Yunani paling terkenal. Marmer Thassos telah digunakan untuk mempercantik banyak bangunan indah di seluruh dunia. Masjidil Haram, marmer Thassos Snow White juga digunakan di bangunan Masjid Hagia Sophia, Istanbul - Turki.


Marmer Yunani telah diekspor ke ratusan negara, termasuk ke Indonesia. Jika membutuhkan marmer impor terbaik dari seluruh dunia, Anda bisa datang ke Fagetti Jakarta. Perusahaan ini memiliki koleksi ratusan jenis marmer impor dengan motif dan warna yang beragam. Konsultasikan kebutuhan marmer impor Anda dengan tim marketing kami di nomor WA 0811-8887-359.

67 views0 comments