• Fagetti

Tampil Mewah Sempurna, Pilih Batu Alam yang Tepat untuk Tiap Ruangan



Batu alam terdiri dari banyak jenis. Ada marmer, granit, limestone, sandstone, onyx, travertine, dan masih banyak lagi. Masing-masing jenis batu alam ini memiliki karakteristik yang unik. Dari karakteristik tersebut, kita dapat menilai batu alam jenis apa yang tepat untuk setiap ruangan. Dengan demikian, batu alam dapat memancarkan kemewahan dan bermanfaat bagi pemiliknya dalam jangka panjang. Simak ulasannya.


Marmer untuk kamar mandi dan kamar tidur


Marmer merupakan salah satu jenis batu alam yang paling sering digunakan pada interior maupun eksterior bangunan. Tapi dilihat dari karakteristiknya, marmer sangat cocok untuk menghiasi kamar mandi dan kamar tidur.


Karakteristik marmer yang paling menonjol adalah tampilannya yang mewah dan elegan. Corak dan warnanya beragam, tergantung pada tempat di mana marmer tersebut ditambang. Marmer juga memiliki daya tahan yang kuat terhadap perubahan cuaca ekstrim.


Marmer memiliki pori-pori yang berpotensi untuk menyerap air. Tapi Anda bisa memberinya coating supaya permukaannya menjadi lebih tahan air. Permukaan batu alam marmer memiliki suhu yang rendah. Meski berada di area yang panas dan terkena sinar matahari, marmer tetap akan terasa sejuk. Oleh karenanya cocok diaplikasikan di kamar tidur, tepatnya untuk lantai, pilar, atau dinding. Anda bahkan tidak perlu menyalakan AC di siang hari karena ada kesejukkan yang disebarkan oleh marmer.


Granit untuk dapur


Bicara soal dapur, rasanya tidak ada yang bisa menggeser posisi batu alam granit untuk membawa kemewahan ke tempat tersebut. Granit terkenal kokoh dan tahan panas dibandingkan dengan batu alam lainnya. Tampilannya, tidak kalah mewah dari marmer.


Batu alam granit kerap diaplikasikan pada area yang letaknya dekat dengan kompor atau oven. Hal ini dikarenakan granit berasal dari lelehan magma yang membeku. Saat terpapar suhu yang amat panas, granit tidak mudah berubah warna atau retak.


Selain itu, granit juga tepat untuk diaplikasikan sebagai counter top dan kitchen island. Kedua area ini rentan terkena goresan pisau dan peralatan dapur lainnya. Karakteristik granit yang begitu kuat menjadikannya bersifat tidak mudah tergores. Granit juga kedap air dan noda sehingga lebih mudah membersihkannya usai memasak.


Baca juga: 9 Inspirasi Desain Travertine Nan Mempesona


Onyx untuk ruang kerja dan lobby


Onyx terkenal sebagai batu alam yang memiliki sifat tembus cahaya. Sifat ini tercipta berkat kandungan mineral berupa chalcedony dan cryptocrystalline yang terdiri dari intergrowtha, kuarsa halus kalsedon, silika, serta moganite. Maka dari itu, penggunaan onyx selalu dikombinasikan dengan pencahayaan dari balik batu. Tampilannya semakin mewah dan dramatis.


Kemewahan yang terpancar dari batu alam onyx sangat cocok untuk menciptakan kesan pertama yang sempurna di mata orang lain. Alih-alih menggunakannya di ruangan pribadi, onyx akan sangat berarti jika digunakan di ruang kerja untuk menyambut rekan bisnis atau di lobby (meja resepsionis) untuk memukau para pengunjung.


Limestone untuk kamar tidur


Limestone memiliki pori-pori yang terlihat jelas oleh mata telanjang. Warnanya bervariasi mulai dari putih, abu-abu, cokelat, merah, hingga hitam. Penggunaan limestone di kamar tidur, cocok untuk Anda yang menginginkan kehangatan dan kenyamanan.


Permukaannya bertekstur lembut yang nyaman disentuh atau pun dipijak. Tidak seperti batu alam lainnya yang bersifat sejuk. Tampilan limestone mewah, namun dengan sentuhan eksotis. Limestone bisa dipertimbangkan bagi Anda yang berencana menerapkan gaya interior Mediterania pada kamar tidur.


Kuarsa untuk ruang keluarga


Sekilas, batu marmer dan kuarsa terlihat mirip. Namun perlu diketahui kalau elemen pembentuknya berbeda. Kuarsa sendiri terbentuk dari sandstone. Kekuatannya cukup hebat. Dalam skala Mohs, kuarsa berada di angka 7. Itu artinya batu ini lebih kuat dari marmer dan granit.


Batu kuarsa juga memiliki kekuatan terhadap paparan zat asam dan noda layaknya batu granit. Karakteristik ini terbentuk lantaran batu kuarsa memiliki pori-pori yang begitu rapat. Dengan tampilan mewah dan kekuatannya tadi, batu kuarsa akan tampil sempurna untuk menghiasi ruang keluarga.


Anda dapat menjadikannya meja kopi, pelapis lantai, serta pelapis dinding. Bayangkan betapa menyenangkannya berkumpul bersama keluarga di tengah kemewahan tanpa perlu khawatir noda makanan dan minuman akan merusak tampilan tersebut.


Baca juga: Mengintip Kemegahan 3 Bangunan Sandstone di Delhi, India


Sandstone untuk eksterior


Batu alam jenis sandstone mungkin tidak memiliki corak seperti batu alam lainnya. Namun, sandstone mampu menghadirkan kemewahan khas masa lampau berkat warna alaminya yang menyerupai pasir. Ada yang berwarna cokelat dan beberapa lainnya sedikit kemerahan.


Sandstone tergolong dalam jenis batu alam yang dapat dibentuk dengan mudah. Pada zaman dulu, sandstone digunakan sebagai material utama bangunan dan material eksterior.

Bagi Anda yang menginginkan eksterior bergaya tradisional atau alami, pertimbangkanlah sandstone. Batu ini tahan terhadap paparan cuaca ekstrim. Meski terkena air hujan dan panas, permukaannya tidak mudah terkikis. Sandstone juga memiliki sifat alami yang anti licin.


Travertine untuk lantai di sekitar kolam renang


Travertine sangat cocok untuk melapisi lantai di sekitar kolam renang Anda. Karakteristik utamanya adalah permukaan berpori dan bertekstur sehingga menciptakan konsep anti slip secara alami. Batu travertine juga tidak terasa panas dipijak kaki telanjang, pada siang hari sekali pun. Sangat nyaman dan aman, bukan?


Travertine tersedia dalam warna gading, krem, keemasan, hijau keperakan, abu-abu, dan cokelat. Tampilannya begitu mewah nan eksotis.


Baca juga: Gaya Arsitektur Marmer dari Masa ke Masa


Kombinasi travertine dan marmer di kamar mandi


Berikutnya ada aneka kombinasi batu alam, seperti travertine dan marmer untuk kamar mandi. Karakteristik marmer begitu identik dengan kemewahan. Sedangkan travertine tahan terhadap air dan memiliki sifat anti slip.


Kombinasinya bisa berupa travertine pada area lantai dan dinding untuk memberikan grip yang kuat. Dengan demikian, pengguna kamar mandi tidak mudah tergelincir. Sedangkan marmer diaplikasikan pada area wastafel atau satu bidang dinding dengan corak tegas untuk menarik perhatian.


Kombinasi granit dan marmer di dapur


Perpaduan dua batu alam yang kuat dan mewah akan menjadikan dapur tampil sempurna. Batu alam yang dimaksud adalah marmer dan granit. Kedua batu alam ini hadir untuk saling melengkapi. Batu granit diaplikasikan pada area yang panas karena granit sangat andal menahan panas. Sedangkan marmer dapat diaplikasikan pada bagian kabinet dan sebagian bidang dinding yang tidak terkena paparan panas kompor secara langsung.


Temukan semua jenis batu alam di satu tempat


Lewat pembahasan tadi, Anda jadi semakin paham jika masing-masing batu alam bisa tampil sempurna di segala ruangan. Sekarang, jenis batu alam apa yang dibutuhkan untuk masing-masing ruangan di bangunan Anda?


Apa pun jenis batu alam yang dibutuhkan, Anda bisa serahkan sepenuhnya kepada Fagetti. Kami menyediakan ratusan jenis batu alam, termasuk jenis-jenis yang sudah disebutkan di atas. Warna dan coraknya bervariasi, kualitas pun tidak perlu diragukan lagi.


Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu bersama tim Fagetti. Segera booking jadwal untuk kunjungan melalui nomor WhatsApp 0811-8887-359 dan bersiap untuk #CreateYourPerfection

13 views0 comments

Recent Posts

See All