• Fagetti

Tips Agar Hunian Minimalis Bisa Tampil Mewah

Hunian mewah identik dengan ukuran besar, dekorasi mahal, dan peralatan elektronik yang canggih. Pemahaman tersebut membuat beberapa orang merasa minder untuk memiliki hunian mewah. Padahal, tidak semua hunian mewah harus seperti itu. Hunian minimalis yang sederhana dan berukuran mungil sebenarnya juga bisa tampil mewah.


Supaya hunian minimalis tampil mewah, Anda bisa menerapkan beberapa tips sederhana berikut ini:


Memilih pencahayaan yang tepat


Hal pertama yang paling mudah dilakukan namun kerap disepelekan adalah pencahayaan. Menggunakan pencahayaan standar dan terang adalah sebuah kewajiban. Dengan demikian penghuninya bisa beraktivitas dengan nyaman. Kalau saja Anda mau memberi perhatian lebih kepada warna, bentuk, dan arah datang pencahayaan, hunian bisa terlihat lebih mewah.


Untuk kesan mewah nan hangat, gunakan lampu dengan cahaya warna kuning. Jika Anda memiliki dekorasi seperti patung dan lukisan, silakan atur pencahayaan indirect yang menyorot benda tersebut. Arah datangnya bisa dari bawah atau atas. Menyembunyikan sumber cahaya di balik plafon juga bisa membuat hunian tampil mewah secara dramatis.


Selanjutnya adalah memilih bentuk lampu itu sendiri. Apabila hunian memiliki langit-langit yang cukup tinggi, gunakan lampu gantung dari kristal. Ingin menekan angka pengeluaran? Bisa diganti dengan lampu kristal imitasi atau kaca. Tidak perlu yang memiliki untaian dan berukuran besar. Bentuk sederhana saja sudah cukup untuk membuat pantulan cahaya yang cantik berkilau. Apabila tidak memungkinkan untuk memakai lampu gantung, manfaatkan lampu meja yang dibuat dari material mengkilap.


Baca juga: Wajib Baca Sebelum Pasang Marmer di Kamar Mandi!


Pajang dekorasi berupa karya seni


Karya seni buatan tangan identik dengan keindahan dan kemewahan. Dengan menggunakan karya seni sebagai dekorasi, hunian akan terlihat mewah secara instan. Beberapa bentuk karya seni yang dapat dipilih adalah lukisan, patung, serta pahatan.

Akan tetapi pertimbangkan juga ukuran karya seni tersebut. Memaksakan penggunaan karya seni berukuran besar pada hunian mungil hanya akan membuat suasana tidak nyaman. Hunian pun jadi terasa sempit.


Karpet yang tepat buat hunian tampil mewah


Karpet sering digunakan pada hunian untuk menambah kenyamanan dan kehangatan. Memang faktanya seperti itu. Kaki telanjang para penghuni akan terasa nyaman dan hangat ketika berlalu lalang. Bonusnya, kehadiran karpet dapat membuat hunian terlihat lebih mewah dan berkelas.


Untuk mendapatkan tampilan mewah pada hunian minimalis, gunakan karpet berbulu. Warnanya dapat disesuaikan dengan warna furnitur atau dinding. Hindari pemakaian karpet dengan motif agar nuansa minimalis juga tetap terjaga.


Sedangkan ukuran karpet sebaiknya disesuaikan juga dengan besar ruangan. Ruangan kecil cukup menggunakan karpet berbulu yang besarnya sekitar 50%-60% luas lantai. Karpet berbulu paling pas diletakkan di ruang keluarga dan kamar tidur.


Jangan lupa untuk membersihkan karpet berbulu secara rutin. Gunakan vacuum cleaner untuk sehari-hari dan bawa ke laundry terdekat setiap beberapa bulan sekali. Dengan demikian kebersihan terjaga dan Anda bebas dari reaksi alergi.


Manfaatkan material yang permukaannya mengkilap


Belum mewah rasanya, kalau belum ada sesuatu yang mengkilap. Barang yang berkilau itu tidak selalu harus emas dan kristal, loh. Ada banyak alternatif yang harganya terjangkau. Di antaranya adalah stainless steel, kuningan, kain velvet, dan cermin.


Baca juga: Batu Alam Menyempurnakan Interior Kamar Mandi Bernuansa Tropis


Manfaatkan material tersebut pada furnitur atau pun dekorasi. Misalnya meja kaca dengan kaki stainless steel, sofa berlapis kain velvet, wadah lilin dari kuningan, atau pajangan geometri dari stainless steel.


Khusus material mengkilap, cermin, Anda bisa menggunakannya layaknya cermin biasa. Yang perlu dilakukan adalah menentukan bingkai cermin. Misalnya bingkai dilengkapi ukiran atau pahatan unik. Selain membuat hunian minimalis tampil mewah, cermin dapat menciptakan kesan ruangan yang lebih lapang. Anda mau menggunakan cermin di sepanjang dinding? Sah-sah saja.


Pilih desain plafon yang unik


Berada di bagian atas hunian dan jarang terlihat, bukan berarti plafon tidak memiliki peran penting. Desain plafon yang baik tidak hanya mampu menutupi kerangka atap, tapi juga menyempurnakan tampilan interior.


Supaya hunian minimalis bisa tampil mewah, coba ubah juga desain plafon Anda. Misalnya menggunakan desain plafon dengan tepian yang dihias ukiran. Bisa juga menggunakan desain plafon 3D berbentuk lingkaran atau kubus.


Supaya lebih mewah lagi, Anda juga bisa membubuhkan warna emas pada bagian ukiran atau tepian plafon. Lalu gunakan lampu yang posisinya menjorok ke dalam sehingga permukaan plafon terlihat rata dan pencahayaannya terasa lembut.


Gunakan marmer, material mewah sepanjang masa

Kalau Anda punya dana lebih, tidak ada salahnya melirik material marmer. Batu alam yang satu ini memang terkenal memiliki kesan yang mewah. Bukan hanya karena harga jualnya yang tinggi, tapi karena memang coraknya begitu mewah. Daya tahan material marmer juga sangat kuat sehingga awet dalam jangka waktu panjang.


Material marmer dapat diaplikasikan pada berbagai elemen di dalam hunian. Mulai dari pelapis dinding, pelapis lantai, permukaan meja, backsplash, headboard, hingga dekorasi berukuran mungil. Warna material marmer beragam, coraknya juga ada banyak. Pilihan yang tidak terbatas akan memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan marmer yang tepat.


Baca juga: Tertarik Membuat Dinding Marmer yang Mewah? Perhatikan Faktor Penting Ini!


Beli marmer di Fagetti

Dengan harga marmer terbilang cukup mahal, maka Anda perlu teliti saat membelinya. Percayakan urusan marmer kepada Fagetti, penyedia batu alam terbesar di Indonesia. Kamu sudah hadir sejak tahun 1986 dan menyediakan lebih dari 900 jenis batu alam. Termasuk aneka marmer langka, granit, onyx, sandstone, dan masih banyak lagi.


Batu alam yang disediakan oleh Fagetti memiliki kualitas tinggi berkat seleksi yang ketat. Oleh karenanya juga, Fagetti berani memberikan garansi terhadap produknya. Selain menyediakan batu alam, Fagetti juga mempermudah Anda dengan layanan potong batu alam, pemasangan, dan perawatan. Impian untuk mengubah hunian minimalis jadi mewah pun bisa diwujudkan. Mari #CreateYourPerfection bersama tenaga profesional dan teknologi canggih milik Fagetti. Hubungi kami melalui pesan WhatsApp 0811-8887-359 untuk berkonsultasi.


Setelah Anda menerapkan beberapa tips untuk membuat hunian minimalis tampil mewah, masih ada yang perlu dilakukan. Hal tersebut adalah perawatan. Karena tanpa perawatan, tampilan mewah akan menghilang perlahan. Mari jaga kebersihan hunian dan gunakan bahan pembersih yang tepat untuk masing-masing material. Selain itu, buka jendela supaya sinar matahari bisa membunuh kuman-kuman dan sirkulasi udara jadi semakin lancar.

Selamat mengubah hunian minimalis hingga tampil mewah!

4 views0 comments

Recent Posts

See All

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia