• Fagetti

Tertarik Membuat Dinding Marmer yang Mewah? Perhatikan Faktor Penting Ini!

Updated: 4 days ago

Marmer menjadi salah satu material terbaik untuk pelapis dinding rumah mewah atau wall cladding. Dinding yang dilapisi marmer akan terlihat indah dan berkelas. Dinding marmer yang alami juga dapat menyejukkan ruangan.


Kelebihan utama marmer sebagai material pelapis dinding tentu saja dari segi estetika dan keindahannya. Penggunaan material ini akan menambah nilai bangunan karena menghadirkan kemewahan. Hal ini juga menguntungkan Anda karena bangunan dengan batu alam seperti marmer biasanya akan dihargai lebih tinggi.


Pembuatan dinding marmer dengan cara cladding


Secara sederhana, pemasangan cladding dapat dikatakan sebagai pemasangan slab atau lembaran batu marmer pada dinding. Proses ini akan dimulai dengan pembersihan marmer yang Anda pilih dan memisahkannya dari kotoran dan kontaminan yang dapat merusak struktur dan keindahannya.


Baca juga: Tak Sekedar Cantik, Batu Marmer Juga Ramah Lingkungan


Selanjutnya marmer akan dipotong sesuai dengan ukuran dan desain yang disepakati. Lembaran-lembaran marmer tersebut akan kemudian akan ditempelkan pada permukaan dinding bangunan Anda dari bawah ke atas dengan menggunakan perekat tertentu. Meski tampak mudah, instalasi cladding ini seringkali tidak sesederhana itu sehingga membutuhkan tenaga ahli.


Pemasangan dinding marmer


Pemasangan atau instalasi cladding marmer dapat dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini ulasannya:


1. Instalasi konvensional


Pemasangan cladding marmer dengan cara konvensional adalah teknik untuk membuat dinding marmer dengan cara sederhana. Cara ini banyak digunakan oleh profesional terutama untuk Anda yang ingin mengutamakan pemasangan cladding dari sisi estetika. Instalasi marmer secara konvensional adalah pemasangan marmer dengan perekat pada permukaan dinding atau pilar. Hal ini akan menjadikan struktur dinding marmer yang kuat pada bagian dinding atau pilar di rumah Anda.


2. Instalasi rainscreen


Salah satu fungsi lainnya dari penggunaan marmer sebagai material cladding adalah sebagai pelindung dari cuaca. Gunanya adalah agar cuaca seperti hujan atau salju tidak secara langsung merusak struktur utama bangunan. Metode pemasangan dinding marmer dengan cara ini biasanya menggunakan semacam klip tersembunyi serta memiliki sedikit rongga. Cladding dengan cara ini dilengkapi sistem drainase untuk menjaga agar struktur bebas dari kelembaban yang dapat merusak. Hasil akhirnya, struktur Anda akan terlindungi dari kerusakan akibat hujan dan terjaga agar tetap kering dan awet.


Desain cladding marmer


Berikut ini beberapa desain cladding marmer yang dapat Anda terapkan:


1. Layered effect


Untuk menghasilkan desain dinding marmer dengan efek berlapis, dibutuhkan marmer yang dipotong dalam lempengan-lempengan kecil dengan ukuran yang bervariasi. Pemasangannya dilakukan dari atas ke bawah di mana kepingan diposisikan secara acak. Desain ini kuat dengan nuansa kontemporer yang menampilkan dinding marmer tiga dimensi.


2. Veil-matching


Desain selanjutnya adalah veil-matching atau menyamakan pola guratan pada marmer. Veil-matching akan menghasilkan tampilan dinding marmer yang unik karena pola-pola pada marmer dicocokkan dan ditata sedemikian rupa. Sayangnya, desain ini membutuhkan Anda untuk benar-benar memilih lempengan marmer dengan pola yang serasi.


3. Random


Kebalikan dari desain sebelumnya, Anda juga dapat membuat tampilan dinding marmer dengan komposisi yang acak. Dengan desain ini, Anda tidak perlu secara sengaja mencocokkan guratan pada lempengan marmer. Anda hanya perlu menentukan apakah Anda lebih suka yang guratan yang halus atau yang tebal.


4. Portraits


Gaya portraits adalah penggunaan marmer dalam potongan besar dan menatanya di dinding dengan latar belakang yang kontras. Di mana semua sisi setiap potongannya diberi bingkai dengan warna dan desain klasik seperti emas atau perak. Dengan cara ini, marmer akan terlihat seperti pajangan dinding yang mewah.


Poin-poin estetika dinding marmer


Seperti diketahui, semua batu alam, termasuk marmer memiliki keunikan tersendiri di mana warna dan corak sangat khas dan tergantung pada tambangnya. Terkait hal ini, sebelum membuat dinding marmer dengan teknik cladding, Anda perlu memperhatikan sisi estetikanya.


Warna


Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah warna marmer yang akan digunakan untuk material cladding. Anda dapat menggunakan marmer dengan warna yang berbeda jika Anda ingin membuat cladding dengan variasi warna batuan. Selain itu, jika Anda ingin hasil akhir yang tampak selaras, Anda lebih memperhatikan warna marmer yang senada.


Pola


Pola pada marmer merupakan hal yang sifatnya sangat alami karena muncul akibat proses terbentuknya batuan tersebut. Oleh karena itu tidak ada jaminan lempengan marmer dari tempat yang sama akan memiliki pola yang sama. Hal ini penting untuk diketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan desain yang berkaitan dengan pola.


Baca juga: Marmer Tetap Mewah Saat Dipadukan dengan Aneka Material


Tekstur


Meskipun setiap batuan, termasuk marmer memiliki tekstur khas tersendiri, dalam pengaplikasiannya hal ini juga akan dipengaruhi oleh proses pengolahan batuan tersebut. Ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk memperlihatkan sisi keindahan marmer lewat teksturnya. Salah satunya dengan finishing yang cenderung kasar.


Temukan marmer terbaik untuk dinding rumah mewah


Fagetti hadir bagi Anda yang ingin menghadirkan kemewahan pada bangunan atau hunian dengan penggunaan batu alam, termasuk marmer. Anda dapat memilih hingga 900 jenis batu alam mulai dari marmer, granit, onyx, travertine, sandstone dan lain-lain. Batu alam tersebut diimpor dari sejumlah negara di dunia. Banyaknya variasi marmer akan memberikan Anda keleluasaan dalam menentukan desain hunian yang akan dibuat.


Melalui #CreateYourPerfection, Fagetti berkomitmen untuk menghadirkan kesempurnaan marmer bagi hunian Anda. Didukung dengan tenaga ahli dan mesin berteknologi Italia, Fagetti memberikan solusi total untuk kebutuhan marmer mulai dari penyedia marmer, jasa potong, jasa poles, jasa pemasangan hingga jasa perawatan marmer. Hubungi Fagetti via WhatsApp di sini: Kirim Pesan ke Fagetti.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia