• Fagetti

7 Manfaat Penggunaan Marmer Pada Bangunan Masjid

Updated: Aug 23

Masjid yang indah akan menjadi magnet bagi warga dari berbagai daerah yang ingin beribadah atau sekedar berwisata. Marmer memiliki peran yang sangat penting untuk menghadirkan keindahan dan kemegahan pada masjid. Batu marmer dapat diaplikasikan pada lantai, dinding, kolom, kubah hingga kaligrafi pada bangunan masjid.


Beberapa contoh bangunan masjid di dunia yang menggunakan marmer sebagai material utamanya adalah masjid Shamakhi di Azebaijan, Masjidil Haram di Mekkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan masjid Suciati Saliman di Yogyakarta yang menggunakan marmer dari Fagetti.


Masjid Suciati Saliman Fagetti
Masjid Suciati Saliman

Penggunaan marmer pada bangunan masjid


Marmer menjadi pilihan utama material yang dipergunakan pada berbagai bangunan masjid bukan hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena sejumlah manfaat yang dimiliki di antaranya adalah:


1. Bangunan masjid terlihat lebih mewah


Bangunan masjid yang menggunakan marmer akan tampil mewah dan elegan. Marmer memiliki permukaan mengkilat akan memantulkan cahaya ke berbagai arah. Paparan cahaya dari sudut yang berbeda akan memberikan kesan yang berbeda pula, dan hal inilah yang membuat marmer terlihat mewah. Namun finishing marmer tidak hanya glossy, ada juga jenis finishing lain yang bisa dipilih seperti doff, leather atau special finishing.


Masjid Suciati Saliman Fagetti
Masjid Suciati Saliman

2. Memberikan tampilan estetik dan ikonik


Sebuah masjid yang menggunakan marmer pada sebagian besar bangunannya akan terlihat unik, menonjol, dan beda dari yang lainnya. Marmer tidak hanya memberikan tampilan estetik yang super wow dilihat mata, namun juga ikonik. Ikonik ini mengacu pada tampilan yang jarang ditemukan di tempat lain dan menjadi ciri khas dari masid itu sendiri. Tampilan unik dari marmer dihasilkan oleh pola vein yang menyebar dan tidak seragam. Setiap bongkahan marmer memberikan pola vein yang berbeda satu sama lain dan masing-masing merupakan pola yang unik dalam caranya sendiri.


Baca juga: Inspirasi Penggunaan Marmer untuk Ruang Keluarga Mewah


Masjid Suciati Saliman Fagetti
Masjid Suciati Saliman

3. Membuat ruangan masjid lebih sejuk


Sama seperti halnya granit, marmer merupakan jenis batu alam yang dikenal dengan sifat heat resistant atau tahan panas. Marmer dapat menyerap kelembapan di malam hari dan mempertahankan suhu yang sejuk keesokan harinya meskipun berada di tengah terik matahari yang panas. Hal ini membuat marmer menjadi material yang ideal untuk digunakan pada bangunan yang berada di daerah tropis seperti Indonesia. Tidak heran bila material ini menjadi pilihan untuk dipergunakan pada area yang sering terpapar panas contohnya kitchen counter, kitchen backsplash, dan juga area di sekitar perapian.


Baca juga: Wajib Baca Sebelum Pasang Marmer di Kamar Mandi


Masjid Suciati Saliman yang berada di Yogyakarta merupakan salah satu contoh nyata dari pembuktian sifat heat resistant marmer. Suhu yang panas utamanya di siang hari tidak akan mengganggu ibadah para jamaah. Penggunaan marmer dari Fagetti di seluruh area masjid membuatnya ruangan masjid tetap sejuk dan nyaman.


Masjid Suciati Saliman Fagetti
Masjid Suciati Saliman

4. Daya tahan lama


Granit dan marmer merupakan jenis batu alam dengan daya tahan yang tidak perlu diragukan lagi. Bangunan kuno seperti Taj Mahal yang terbuat dari Marmer ternyata tetap berdiri hingga saat ini tanpa kehilangan pesonanya sama sekali. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa bangunan marmer mampu bertahan selama ratusan tahun dan seterusnya.

Marmer dengan sifatnya yang tahan lama, tahan terhadap cuaca dan perubahan suhu membuatnya dapat dipergunakan pada area eksterior.


5. Tahan terhadap api


Marmer merupakan material yang tahan api. Bangunan yang terbuat dari marmer memiliki daya tahan terhadap api. Tidak heran bila material alam ini dapat dipergunakan pada berbagai jenis bangunan, mulai dari bangunan pribadi, komersil, hingga bangunan public.

Bila memang terjadi kebakaran, maka kerusakan yang ada dapat diminimalisir berkat sifat marmer yang tahan api. Kerusakan yang ada dapat lebih mudah diperbaiki dan biaya pengeluaran dapat ditekan.


Masjid Suciati Saliman Fagetti
Masjid Suciati Saliman

6. Tersedia dalam berbagai pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan tema bangunan


Manfaat lain dari marmer pada bangunan masjid adalah dari segi warna. Anda dapat menemukan ragam varian warna marmer mulai dari marmer putih yang super popular, hitam yang elegan dan penuh rahasia, hijau yang eksotik, serta warna-warna lainnya. Keragaman warna serta pola vein marmer membuatnya dapat dengan mudah disesuaikan dengan tema bangunan.


Untuk bangunan masjid sendiri, warna marmer yang umum dipergunakan adalah putih. Dari segi psikologis, warna putih melambangkan kebersihan dan kesucian yang identic dengan bangunan agama seperti masjid. Dari segi pencahayaan, warna ini mampu memberikan kesan luas dan lega karena mampu memantulkan cahaya ke seluruh area. Hal tersebut tentu sejalan dengan ide dan semangat dari sebuah masjid.


Masjid Suciati Saliman Fagetti
Masjid Suciati Saliman

7. Bisa dibentuk lebih artistik


Setiap bangunan memiliki ciri khas termasuk masjid. Bangunan masjid biasanya memiliki beberapa ciri utama seperti adanya kubah, mimbar, kolom dan kaligrafi. Dalam hal ini, marmer dapat dipergunakan untuk semua bentuk bangunan masjid. Tentu saja, batu marmer yang sangat keras harus diproses dengan mesin dengan teknologi tinggi agar bisa menghasilkan karya seni tersebut. Di Indonesia, perusahaan yang bisa mengerjakan dan membentuk marmer menjadi berbagai bentuk seperti ukiran, kaligrafi, kolom dan lain-lain adalah Fagetti. Perusahaan ini membentuk marmer sesuai desain yang diinginkan dengan hasil sangat akurat dan presisi.


Marmer Berkualitas dari Fagetti


Marmer tersedia dalam berbagai pilihan tipe, warna, dan pola vein. Tipe marmer yang akan dipergunakan tentu saja harus disesuaikan dengan peruntukannya serta tema dari bangunan itu sendiri. Untuk memastikan pemenuhan semua pertimbangan tersebut, Anda perlu berkonsultasi dengan ahlinya marmer yaitu Fagetti.


Baca juga: Marmer Fagetti Menghiasi Proyek-Proyek Prestisius di Indonesia


Fagetti dikenal sebagai supplier batu alam termasuk marmer dengan jenis dan motif unik terlengkap di tanah air. Produk marmer dari Fagetti berasal dari berbagai tempat baik dalam dan luar negeri. Banyak bangunan di Indonesia mulai dari hotel, rumah, gedung perkantoran, tempat perbelanjaan, dan juga tempat ibadah seperti masjid Suciati Saliman yang menggunakan marmer dari Fagetti. Lihat foto-fotonya di sini: Masjid Suciati Saliman


Fagetti sendiri memiliki lebih dari 900 jenis batu alam dengan stok yang selalu tersedia. Apapun kebutuhan marmer dan batu alam Anda, Fagetti siap menyediakannya mulai dari penyedia marmer yang melimpah, pemotongan dan pembentukan sesuai desain, finishing, pemasangan hingga perawatannya. Segera hubungi Fagetti lewat WhatsApp 0811-8887-359.


32 views0 comments