• Fagetti

Kenali Aneka Jenis Finishing Marmer untuk Mempercantik Hunian

Penggunaan finishing yang tepat menjadi salah satu faktor penentu keindahan marmer ketika diaplikasikan dalam sebuah hunian. Ada beberapa jenis finishing yang bisa digunakan sesuai dengan peruntukan dan area pemasangannya baik indoor maupun outdoor. Untuk keindahan dan kekuatan yang optimal, Anda harus memilih jenis finishing yang tepat.


Batu marmer memang sudah cantik sejak dari alam, namun dengan finishing yang tepat kecantikannya akan terjaga dalam waktu yang lama. Marmer untuk lantai, dinding, meja, anak tangga tentu butuh sentuhan akhir yang berbeda. Dalam menentukan jenis finishing ini, Anda tidak boleh hanya memprioritaskan estetika, tapi juga fungsi dan keamanannya.


Baca juga: Tips Memilih Marmer untuk Hunian Mewah


Sebagai contoh, lantai marmer yang mengkilap memang akan terlihat indah. Tapi tidak tepat jika lantai marmer untuk kamar mandi dibuat glossy atau mengkilat karena akan membuat permukaannya licin dan bisa menyebabkan orang terpeleset. Jenis finishing dapat disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan dan konsep interior. Selengkapnya, mari simak jenis-jenis finishing marmer dan aplikasinya pada hunian secara tepat.



Polish


Jenis finishing yang satu ini paling populer di kalangan masyarakat. Tampilan akhir permukaan marmer menjadi sangat mengkilap dan jernih. Tekstur permukaan juga terasa licin. Saking bagusnya, detail motif marmer pun akan terlihat jelas. Nuansa mewah pun semakin terasa.


Finishing polish ini cocok untuk semua bagian interior. Mulai dari dinding, meja, kitchen island, pilar, hingga lantai. Finishing ini juga bisa diaplikasikan untuk semua konsep interior, terutama luxury interior. Misalnya Victorian, Baroque, dan Rococo.


Hindari penggunaan finishing polish untuk lantai kamar mandi karena dapat membuat orang tergelincir. Jika untuk area wastafel dan dinding, finishing ini masih dapat dipertimbangkan.

Apabila Anda menggunakan finishing polish untuk lantai marmer, hindari memijaknya dengan alas kaki yang tajam. Saat memindahkan furnitur juga sebaiknya diangkat, bukan didorong. Tips ini dapat menghindari permukaan marmer memiliki baret yang membuatnya terlihat buruk.


Honed


Finishing honed untuk marmer sering disebut juga dengan matte atau doff finished. Permukaan marmer terasa halus. Tapi tidak licin dan terlalu mengkilap. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir kesan mewah marmer akan berkurang. Pasalnya motif marmer akan tetap terlihat dengan baik.


Baca juga: Tips Membeli Marmer dan Granit Impor untuk Hunian Mewah


Marmer dengan finishing honed umumnya digunakan untuk area yang sering terkena air. Misalnya kamar mandi. Dengan begitu, resiko tergelincir akan berkurang. Apabila ingin menggunakan marmer dengan finishing honed di luar kamar mandi, boleh saja. Tampilan finishing ini cocok untuk hunian bergaya vintage dan tradisional.


Special finish


Salah satu yang membuat marmer begitu spesial dan mahal adalah motif semburatnya. Tidak heran kalau ada banyak orang yang ingin menonjolkan motif tersebut. Salah satu caranya dengan menggunakan finishing spesial.


Finishing spesial juga sering disebut dengan acid polish finished. Pada prosesnya, produsen menuangkan zat kimia khusus ke bagian permukaan marmer. Zat kimia tersebut didiamkan untuk beberapa waktu. Kemudian permukaan marmer disikat dengan halus.


Baca juga: 7 Jenis Marmer Paling Langka dan Mahal di Dunia


Proses ini akan membentuk tekstur timbul atau emboss di permukaan. Uniknya, tekstur timbul tersebut akan mengikuti motif marmer. Finishing ini cocok untuk area lantai dan dinding eksterior dengan gaya tradisional. Anda bisa menambahkan lampu sorot dengan cahaya mengarah ke permukaan marmer. Dengan demikian, teksturnya akan terlihat semakin jelas.


Beli marmer di tempat terbaik dan konsultasikan jenis finishing yang tepat


Untuk pembelian marmer dengan kualitas terbaik, kami arahkan Anda untuk berkonsultasi dengan Fagetti. Perusahaan ini merupakan penyedia marmer impor pilihan dari seluruh dunia. Di tempat ini, Anda akan menemukan ratusan jenis marmer dengan motif dan warna yang beragam yang tidak mudah ditemukan di tempat lain. Tidak hanya marmer, Fagetti menyediakan batu alam lain seperti granit, travertine, limestone, onyx, dan sebagainya. Total ada 900 jenis batu alam yang bisa dipilih pabrik Fagetti Cibitung seluas 23 hektare.


Selain menyediakan marmer, Fagetti juga menyediakan layanan lainnya mulai dari pemotongan, finishing, instalasi, hingga perawatan jangka panjang. Profesionalitas Fagetti sudah teruji sejak tahun 1986. Untuk menjamin kualitas marmer yang dijual, Fagetti menjadi satu-satunya perusahaan marmer yang berani memberikan garansi kepada para konsumennya selama tiga tahun. Tunggu apalagi, segera konsultasi kebutuhan Anda akan marmer dan #CreateYourPerfection bersama Fagetti. Anda bisa menghubungi Fagetti lewat WhatsApp 0811-8887-359.

23 views0 comments