• Fagetti

7 Jenis Marmer Paling Langka dan Mahal di Dunia

Updated: Nov 12

Batu marmer yang terbentuk selama ribuan atau bahkan jutaan tahun hanya bisa ditemukan di area tertentu dengan jumlah yang terbatas. Beberapa jenis marmer sangat langka karena sulit ditemukan. Semakin langka, semakin mahal pula harganya.


Marmer langka yang ditemukan pada sebuah tambang belum tentu bisa ditemukan lagi di kemudian hari. Marmer tersebut biasanya memiliki warna atau corak yang unik yang tidak bisa ditemukan pada jenis marmer lainnya meskipun berasal dari tambang yang sama. Hal itulah yang membuatnya istimewa. Berikut ini beberapa jenis marmer paling langka di dunia dengan harga yang terkenal sangat mahal:


Blue Monterrey


Batu marmer bertajuk Blue Monterrey ini begitu memukau. Warna birunya begitu kuat dan mononjol. Sekilas memandang Blue Monterrey seperti menyaksikan hamparan samudera biru nan luas dengan kepingan tanah surga di sekelilingnya. Marmer langka ini hanya tersedia dalam jumlah sangat sedikit di dunia. Wajar jika harganya sangat mahal. Di Indonesia, satu-satunya perusahaan marmer yang memiliki jenis marmer eksklusif ini adalah Fagetti.

Brèche du Benou


Keunikan Brèche du Benou adalah marmer yang warna-warni dengan nuansa hijau tua, kuning hingga merah muda. Tambangnya terletak di Bielle-Bilheres, Pau, Dept. Pyrenees-Atlantiques. Terbatasnya jenis marmer ini membuatnya langka di pasaran yang juga melambungkan harganya. Terlebih karena marmer ini identik dengan kelas dan kemewahan.


Marmer ini berasal dari Prancis dan menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena keunikannya tersebut. Banyak bangunan mahal dan mewah di dunia menggunakan Brèche du Benou sebagai salah satu bagian dari interior maupun eksteriornya. Salah satu bangunan berharga di Paris yang menggunakan marmer ini untuk dekorasinya adalah istana Versaille yang dahulunya merupakan kediaman para raja.


White Thassos Extra


Kita tahu bahwa sebagian besar marmer memiliki warna dasar putih dengan guratan-guratan warna tertentu sebagai coraknya. White Thassos Extra adalah jenis marmer unik dengan warna putih murni tanpa sedikitpun guratan. Marmer ini tampak sangat halus dan alami, serta sedikit memiliki nuansa kristal pada batuannya. Digali dari sebuah tambang di Yunani, batuan yang indah ini termasuk yang paling banyak dicari.


Daya tarik utama marmer ini selain kelangkaannya, terletak pada warna putih polos yang menghadirkan kesan cerah, apalagi setelah dipoles. Penggunaan marmer ini cocok untuk berbagai jenis gaya desain dan biasanya dikombinasikan dengan marmer lain yang memiliki warna gelap. White Thassos umumnya digunakan untuk dekorasi interior di mana keindahannya dapat lebih terjaga.


Belgian Black


Marmer unik selanjutnya adalah Belgian Black yang sesuai namanya, berasal dari Belgia. Marmer satu ini sangat menarik dan unik dengan warna dasar hitam pekat dengan bintik-bintik putih sebagai coraknya. Tampilan marmer ini sangat dikagumi karena tidak biasa dan memberikan kesan yang berbeda jika dibandingkan dengan berbagai jenis marmer lainnya di dunia.


Sebagai salah satu marmer eksklusif, Belgian Black cocok digunakan untuk berbagai dekorasi untuk menonjolkan kesan mewah yang tidak konvensional. Marmer ini juga memiliki nilai yang sangat tinggi dalam kualitas estetika sehingga penggunannya juga akan menonjolkan kualitas tersebut. Belgian Black cocok digunakan, baik untuk interior maupun eksterior bangunan.


Black Italian Portoro


Marmer yang satu ini adalah batuan autentik dari Italia yang dikenal sangat bernilai dari segi estetikanya yang luar biasa. Seperti namanya, Black Italian Portoro adalah marmer berwarna hitam dengan corak desain yang unik yaitu memiliki gurat keemasan yang variabel serta guratan putih yang bersilangan. Italian Portoro memiliki delapan variasi berdasarkan ukuran guratan emas dan putih yang dimilikinya.


Marmer berwarna hitam ini termasuk salah satu marmer eksklusif dan langka yang berasal dari Italia, tepatnya La Spezia. Penggalian marmer ini cukup sulit dan berisiko sehingga membuat harganya menjadi semakin mahal dari waktu ke waktu. Marmer ini banyak digunakan sebagai material pembuatan karya-karya pada zaman renaisans oleh seniman-seniman di Italia.


Statuario


Statuario adalah salah satu jenis marmer yang digali di wilayah tambang kuno di Carrara, Italia. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah tambang marmer terbesar dan salah satu yang tertua di dunia. Marmer ini telah digali sejak ribuan tahun lalu sehingga ketersediaannya terbatas, menjadikan statuario sebagai salah satu marmer termahal di dunia saat ini.


Marmer statuario memiliki warna dasar putih yang agak transparan serta gurat abu-abu tipis yang indah dengan struktur batuan yang kompak. Banyak karya terkenal yang telah dibangun dan dibuat dengan marmer jenis statuario ini, salah satunya adalah David karya Michelangelo yang menjadi simbol kota Florence, Italia. Menggunakan marmer ini dalam desain tentunya memberi nilai estetika klasik lebih pada bangunan Anda.


Sicilian Diaspro


Marmer identik dengan warna putih sebagai warna dasar, meskipun tidak semua marmer memiliki warna dasar putih. Sicilian Diaspro adalah salah satu di antaranya. Batuan ini memiliki warna yang sulit diprediksi, terkadang dapat merah tua hingga kuning dengan guratan putih yang langka. Kombinasi keunikan warnanya ini lah yang membuat Sicilian Diaspro menjadi sangat dicari karena berbeda.


Sicilian Diaspro ditemukan di wilayah pegunungan di Custonaci, Trapani, yang membuatnya menjadi salah satu jenis marmer dari Italia yang langka dan mahal harganya. Apalagi karena marmer ini tidak ditemukan di semua tambang, melainkan dicari dengan menggali di beberapa tempat. Dahulunya batuan ini merupakan incaran para penguasa yang kerap digunakan oleh para seniman.


Tempat membeli marmer unik dan langka di Jakarta


Setiap tambang di dunia menghasilkan jenis marmer yang berbeda, unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Untuk mendapatkan marmer yang unik dan bahkan langka, Anda bisa menemukannya di Fagetti. Ada lebih dari 900 jenis marmer dan batu alam yang dapat dipilih. Selain marmer, Anda juga dapat memilih berbagai variasi granit, onyx, travertine dan sandstone yang diimpor dari seluruh dunia.


Fagetti berkomitmen untuk menghadirkan produk marmer premium dan sempurna. Dengan ratusan pilihan jenis, corak dan warna yang tersedia, desainer akan leluasa membuat desain marmer sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Tidak hanya itu, Fagetti akan memberikan solusi segala kebutuhan marmer mulai dari suplai marmer, pemotongan, pemolesan, instalasi atau pemasangan, hingga perawatan marmer. Semuanya dikerjakan oleh staf profesional yang sangat terampil di bidangnya. Untuk informasi lengkap, Anda dapat menghubungi Fagetti di sini: Contact Fagetti.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia