• Fagetti

Mount Airy, Tambang Granit Terbesar yang Sempat Dianggap Tak Bernilai

Updated: Aug 23

Di balik keindahan batu granit yang menghiasi hunian-hunian mewah, ada peran tambang-tambang granit yang berada jauh di daerah pegunungan. Sejumlah tambang batu granit sudah beroperasi selama ratusan tahun. Salah satunya Mount Airy, tambang granit terbesar di dunia yang berlokasi di Surry County, Carolina Utara, Amerika Serikat.


Mount Airy merupakan tambang granit terbuka yang sangat luas. Karena luasnya areal pertambangan ini, astronot pun dapat melihat dengan jelas areal pertambangan Mount Airy dari luar angkasa. Simak ulasan lengkap tentang pertambangan granit Mount Airy berikut ini.


Sempat dianggap lahan tandus tak bernilai


Penemuan tambang batu granit di Mount Airy awalnya tak disadari oleh pemilik lahannya. Dikutip dari Stoneworld.com, seorang petani bernama John Gilmer membeli beberapa ribu hektar tanah pada tahun 1872 yang sekarang telah menjadi bagian dari pertambangan Mount Airy. Dia menemukan adanya lahan tandus berisi batu sekitar 40 hektar yang dikenal oleh penduduk setempat sebagai "The Rock." Gilmer menuntut penggantian atas lahan berbatu yang dianggap tak berguna tersebut.


Pada tahun 1889, ada pembangunan jalur kereta Cape Fear dan Yadkin Valley dari Greensboro ke Mount Airy. Perusahaan yang melakukan pembangunan beberapa stasiun kereta di jalur tersebut, Thomas Woodruff and Sons, mengetahui tentang "The Rock" dan membelinya dari Gilmer hanya senilai $ 5.000. Selain itu, Woodruff juga membeli tanah tambahan di sekitar “The Rock” untuk mendirikan pabrik dan fasilitas pemotongan untuk mendukung operasional tambang.


Baca juga: Tips Membeli Marmer dan Granit Impor untuk Hunian Mewah


Thomas Woodruffe kemudian mendirikan North Carolina Granite Corporation (NCGC) pada 14 Mei 1889 yang menandai penambangan granit skala besar di kawasan tersebut. Perusahaan pertambangan granit ini terus beroperasi hingga saat ini. Namun kepemilikan perusahaan telah berganti dari keluarga Woodruff ke John D. Sargent.


Area pertambangan granit terbuka ini memiliki luas sekitar 90 hektar dengan panjang satu mil. Kandungan granit di Mount Airy berdasarkan pemetaan geologi memiliki kedalaman 6.000-8.000 kaki. Dengan demikian, batu granit Mount Airy diprediksi bisa ditambang hingga ratusan atau bahkan ribuan tahun ke depan.


Mendapat julukan Kota Granit


Selain menjadi areal pertambangan, Mount Airy adalah sebuah kota dengan total pupulasi lebih dari 10.000 jiwa. Bisnis lainnya yang tumbuh di Mount Airy adalah tekstil, furnitur dan tembakau. Namun pertambangan granit menjadi penggerak utama perekonomian kota.


Mount Airy juga mendapatkan julukan sebagai The Granite City atau Kota Granit. Selain menjadi tambang granit terbuka terbesar di dunia, keberadaan bangunan batu granit dapat terlihat hampir di seluruh kota mulai dari gedung pemerintah, perkantoran, gereja, sekolah rumah hingga trotoar.


tambang granit terbesar di dunia
Sumber foto: MountAiry.org

Granit Mount Airy telah diekspor dan digunakan secara luas di seluruh dunia. Sejumlah bangunan bersejarah dibangun dengan menggunakan batu granit dari Mount Airy seperti Fort Knox Bullion Depository di Kentucky, Monumen Wright Brothers di Kitty Hawk, Centennial Olympic Plaza di Atlanta dan World War II Memorial di Washington, D.C.


Granit putih Mount Airy


Mount Airy memproduksi batu granit berkualitas tinggi dengan produk utama bernama Mount Airy White. Batu granit ini memiliki karakteristik warna putih atau abu-abu muda berbutir kasar. Mount Airy White juga dikenal dengan nama Caesar White Granite.


Secara internasional Mount Airy White masuk kategori batu granit. Namun dalam standar batu Eropa, Mount Airy White masuk kategori monzogranit yakni batuan granit biotit yang dianggap sebagai produk fraksinasi akhir magma.


Baca juga: Tak Perlu Ragu! Gas Radon Batu Granit Aman dan Tidak Membahayakan Kesehatan


Komposisi mineral pada granit Mount Airy terdiri dari Anhedral Feldspar, Quartz, Albite, Tartan (Microcline), Carlsbad, Biotit, dan Muscovite. Dengan karakteristik yang dimiliki, granite Mount Airy White cocok untuk penggunaan pada interior dan eksterior.


Granit berkualitas dapat menghadirkan kemewahan yang berkelas. Jika membutuhkan granit impor berkualitas tinggi dari seluruh dunia, Anda bisa menemukannya di supplier terpercaya bernama Fagetti. Selain granit, Fagetti juga menyediakan batu alam impor lainnya seperti marmer, onyx, travertine, sandstone, quartzite dan lain-lain.


Baca juga: Tempat Beli Marmer dan Granit Terlengkap di Jakarta


Untuk konsultasi tentang marmer impor terbaik di Jakarta, hubungi Fagetti melalui nomor WhatsApp 0811-8887-359 dan buat jadwal janji temu. Jangan ragu untuk CreateYourPerfection bersama Fagetti.



18 views0 comments