• Fagetti

Penggunaan Marmer dalam Feng Shui Mewakili Elemen Tanah

Feng Shui merupakan ilmu asal Tiongkok yang mempelajari bagaimana energi alam dan lingkungan dapat mempengaruhi hidup dan rezeki seseorang. Salah satu konsep yang diajarkan pada Feng Shui adalah lima elemen kehidupan. Elemen-elemen tersebut adalah air, kayu, api, tanah, dan logam. Pemasangan batu marmer dan granit di rumah akan memberikan keseimbangan yang mewakili elemen tanah.


Di dalam ilmu Feng Shui, elemen tanah akan memberikan kedamaian dan kestabilan. Elemen air bermanfaat untuk relaksasi, pembaharuan, dan inspirasi. Elemen kayu untuk melambangkan pertumbuhan. Elemen api untuk transformasi dan ekspansi. Sedangkan elemen logam untuk meningkatkan keberanian.


Kelima elemen ini tidak boleh dihadirkan sembarangan. Salah satu pertimbangannya adalah menyesuaikan elemen di rumah dengan elemen kelahiran pemiliknya. Misalnya pemilik rumah dengan elemen kelahiran air membutuhkan dukungan elemen tanah untuk menyeimbangkan energi.


Untuk menghadirkan elemen-elemen Feng Shui tadi, Anda perlu mengetahui juga material atau benda apa saja yang cocok untuk mewakilinya. Selengkapnya akan dijelaskan melalui pembahasan berikut.



Elemen air


Pada dasarnya semua orang membutuhkan air untuk hidup. Yang membedakan adalah jumlah air yang dibutuhkan. Orang dengan elemen kelahiran air, cukup menghadirkan elemen air dalam jumlah sedikit. Sebaliknya, orang dengan elemen kelahiran non air membutuhkan elemen air yang banyak. Terutama mereka yang lahir dengan elemen api. Kehadiran elemen air dapat meredam suasana panas.


Material yang paling populer untuk menghadirkan elemen air di rumah adalah air sungguhan. Bentuknya bisa berupa kolam ikan, air mancur, kolam renang, akuarium. Jika tidak memungkinkan untuk menghadirkan benda-benda tersebut, aplikasikan warna biru untuk melambangkan air pada dinding, tirai, serta furnitur. Alternatif lainnya adalah memajang gambar yang berkaitan dengan air seperti gambar kolam atau lukisan abstrak yang didominasi warna biru.


Elemen kayu


Berikutnya ada elemen kayu yang bermanfaat untuk melancarkan proses pertumbuhan sang pemilik rumah. Elemen kayu dalam jumlah banyak dibutuhkan oleh orang dengan elemen kelahiran air. Di mana kondisinya dingin dan elemen kayu pun kesulitan untuk hadir dengan sendirinya di rumah.


Elemen kayu dapat dihadirkan di rumah dengan perantara tanaman. Anda dapat meletakkan tanaman di taman atau pun di dalam rumah. Supaya bisa mendapatkan keuntungan lebih, sekalian saja pilih tanaman yang cantik untuk meningkatkan estetika. Atau pilih tanaman yang dapat menyerap polutan supaya udara di rumah tetap bersih.


Apabila tidak memungkinkan untuk memelihara tanaman di rumah, ada alternatif lain. Di antaranya adalah tanaman palsu yang tidak butuh perawatan. Bisa juga digantikan dengan dekorasi dari ranting kayu atau menggunakan furnitur dari kayu. Penggunaan warna cokelat juga diperbolehkan untuk menghadirkan elemen kayu di rumah Anda.


Baca Juga: Wajib Baca Sebelum Pasang Marmer di Kamar Mandi


Elemen api


Orang yang lahir di musim dingin serta musim hujan membutuhkan elemen api untuk menjaga kehangatan, meningkatkan kreativitas, dan memudahkannya melakukan transformasi. Ada banyak benda yang mampu menghadirkan elemen api di rumah. Pertama adalah lilin. Anda dapat memajang lilin sungguhan atau lilin elektrik yang tengah populer di pasaran untuk mengurangi resiko kebakaran.


Kedua ada sinar matahari. Sinar matahari ini selalu ada, yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan jalur masuk sinar seperti jendela yang besar menghadap arah sinar atau skylight. Serta menambah luas lahan terbuka di rumah. Memajang lukisan bergambar bernuasa api juga diperbolehkan. Misalnya saja lukisan matahari atau perapian.


Baca Juga: Inspirasi Penggunaan Marmer untuk Ruang Keluarga Mewah


Tidak ingin repot menambah dekorasi atau jendela? Ubah saja warna interior rumah Anda. Warna-warna yang mewakili elemen api adalah merah, oranye, kuning, ungu, serta pink. Terapkan salah satu warna tadi pada dinding, tirai, sofa, karpet, dan aneka dekorasi lainnya.


Elemen logam


Pemilik hunian yang memiliki elemen kayu berlebihan kerap kesulitan memanen hasil dari usahanya. Hal ini bisa jadi disebabkan karena mereka tidak memiliki elemen logam yang cukup. Sebagai perumpamaan, seorang petani akan kesulitan memanen beras karena tidak memiliki arit (terbuat dari logam) untuk memangkas padi.


Untuk menghadirkan elemen logam di dalam rumah sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan barang-barang yang terbuat dari logam. Misalnya logam dalam bentuk wadah lilin, patung, bingkai foto, wind chime, rak, dan sebagainya.


Selain menggunakan material logam, Anda juga bisa menambahkan warna abu-abu dan putih. Kedua warna tersebut merupakan lambang dari logam. Kehadiran elemen logam juga dipercaya dapat mengurangi rasa frustasi, tertekan, malas, dan kurang fokus.


Baca Juga: Penggunaan Batu Alam Bikin Hunian Lebih Alami


Elemen tanah


Elemen tanah berfungsi untuk meredam elemen air dan api yang berlebihan. Dengan demikian energi di dalam rumah menjadi seimbang. Suasana rumah jadi tidak terlalu dingin, tidak terlalu panas, dan elemen logam pun dapat hadir dengan sendirinya.


Elemen tanah diwakili dengan batu alam seperti marmer dan granit. Penggunaan marmer dan granit untuk memperkuat elemen tanah tidak hanya sebatas pada pelapis dinding dan lantai saja. Anda dapat menggunakan marmer dan granit dalam bentuk meja, kursi, headboard ranjang, bahkan dekorasi berukuran mungil sekali pun.


Agar tampil semakin sempurna saat merepresentasikan elemen tanah, pilihlah marmer dan granit dengan warna tepat. Warna-warna tersebut adalah kuning, cokelat, cream, dan beige. Kehadiran marmer dan granit di rumah tidak hanya mewakili elemen tanah. Tapi juga menambah nilai estetika dan kemewahan. Bagaikan peribahasa sambil menyelam minum air, ya?


Membeli marmer dan granit untuk elemen tanah


Apakah Anda termasuk orang yang membutuhkan elemen tanah dalam rumah untuk meredam elemen air dan api yang berlebihan? Jika begitu, maka temui Fagetti untuk marmer dan granit terbaik. Dalam hal ini, marmer dan granit tidak semata-mata untuk Feng Shui. Tapi sebagai bentuk investasi hunian dalam jangka panjang.


Fagetti sendiri merupakan perusahaan yang mengimpor aneka jenis batu alam dari seluruh dunia. Setidaknya ada 900 jenis batu alam terutama marmer dan granit. Fagetti siap membantu Anda untuk memenuhi segala kebutuhan marmer dan granit mulai dari pemilihan jenis, corak, warna, pemotongan, pemolesan, pemasangan dan perawatannya.


Sudah siap untuk #CreateYourPerfection dan merasakan keseimbangan energi di dalam rumah? Segera hubungi Fagetti melalui nomor WhatsApp 0811-8887-359.

7 views0 comments

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia