• Fagetti

Penggunaan Batu Alam Bikin Hunian Lebih Alami

Konsep back to nature di bidang arsitektur tengah menjadi tren. Ada banyak alasan yang mendukung tren ini. Di antaranya adalah masyarakat ingin berpartisipasi untuk mengurangi dampak pemanasan global. Masyarakat juga membutuhkan suasana yang asri untuk menenangkan pikiran. Ada juga yang merasa rindu dengan alam bebas lantaran ruang geraknya terbatas akibat pandemi. Batu alam menjadi material pendukung yang tepat untuk konsep ini.


Penggunaan batu alam baik untuk dekorasi atau bangunannya memberikan banyak keuntungan pada hunian karena memiliki daya tahan hingga ratusan tahun, sejuk dan juga eksotis. Tertarik untuk menghadirkan suasana alami di dalam hunian? Silakan simak ragam batu alam pilihan berikut ini!



Marmer


Mau hunian mewah sekaligus alami? Bisa saja. Anda hanya perlu menggunakan material dari batu marmer. Batu marmer memiliki ragam keunggulan selain menjadikan hunian terasa alami. Pertama, batu marmer memiliki daya tahan kuat dan sangat awet. Fakta yang satu ini tidak dapat diganggu gugat. Selain itu, batu marmer sifatnya anti panas. Dengan demikian hunian akan terasa sejuk bagaikan ada di alam bebas dataran tinggi.


Aplikasi batu marmer pada hunian bisa berupa furnitur, dekorasi, dan konstruksi bangunan. Contoh yang paling umum adalah meja makan, pelapis dinding, pelapis lantai, patung-patung, dan pilar bangunan.


Keunggulan lain batu marmer adalah variasi corak dan warna yang beragam. Anda pun dapat menyesuaikannya dengan masing-masing konsep hunian. Hunian mewah nan alami ala Victorian? Sangat pas jika menggunakan marmer warna hijau dengan corak cokelat atau keemasan. Kalau hunian minimalis mewah bisa coba marmer warna abu-abu atau putih. Lalu tambahkan dekorasi tanaman hijau sebagai pelengkap.


Untuk bahan pertimbangan, batu marmer cukup rentan terhadap zat berakolhol, noda, dan panas ekstrim. Jadi, sebisa mungkin hindari penggunaan marmer untuk eksterior hunian Anda. Jika terpaksa, pastikan untuk melapisi marmer dengan coating secara rutin.


Travertine


Travertine tidak hanya menampilkan nuansa alami, tapi juga eksotis. Ini disebabkan oleh permukaannya yang memiliki pori-pori besar. Batu alam travertine tergolong kuat menahan beban atau pun serangan cuaca. Anda bisa menggunakannya sebagai pelapis dinding atau lantai.


Bagi Anda yang kurang nyaman menyentuh permukaan berlubang, coba aplikasikan filled surface. Finishing ini akan menutup pori-pori travertine yang besar dengan resin atau polimer transparan. Alhasil, permukaan jadi rata namun kesan alami dan eksotis khas travertine tetap terlihat.


Baca juga: Travertine, Batu Alam Nan Eksotis untuk Material Dinding dan Lantai


Granit


Bagi Anda yang ingin melengkapi nuansa alami di area luar ruangan, pilihlah batu granit. Dibandingkan dengan batu alam lainnya, batu granit terbukti lebih kuat. Kepadatannya mencapai 2,75 gram/cm3. Teksturnya sangat keras, pori-porinya kecil, dan tidak mudah menyerap air. Dengan kriteria ini, batu granit cocok dijadikan set bangku dan meja taman, dinding pagar, serta jalan setapak. Warna dan corak batu granit juga cukup beragam sehingga pilihan Anda tidak terbatas.


Agar semakin sempurna dalam menampilkan kesan alami, batu granit perlu diberi finishing yang tepat. Untuk batu granit di luar ruangan, Anda bisa memberikan finishing honed, flaming, dan leather. Ketiga finishing ini menciptakan permukaan granit yang agak kasar sehingga resiko tergelincir akan berkurang. Jika ingin menggunakan batu granit di dalam ruangan, cukup gunakan finishing polished yang memberikan efek permukaan berkilau.


Tidak sampai di sini keunggulannya. Batu granit juga memiliki sifat hypoallergenic. Artinya, batu granit tidak akan menimbulkan reaksi alergi atau iritasi. Apabila Anda tergolong sensitif atau memiliki anak yang kesehatannya masih rentan, jangan ragu untuk gunakan batu granit. Suasana hunian terasa lebih alami, kesehatan pun tetap terjaga.


Untuk perawatan, batu granit cukup dibersihkan dari debu secara rutin. Anda bisa gunakan kemoceng atau sapu dengan bulu lembut. Sedangkan cairan pembersih khusus digunakan pada saat-saat tertentu, misalnya ketika kena noda.


Andesit


Bicara soal nuansa alami, rasanya hunian Anda akan semakin sempurna jika memiliki kolam ikan. Suara gemericik air dan gerakan ikannya seakan membawa Anda ke pinggir danau. Batu alam yang cocok untuk menonjolkan nuansa ini adalah batu andesit.


Batu andesit merupakan jenis batuan beku. Struktur batuan ini sangat padat, hampir tidak ada rongga. Tingkat kepadatan batu andesit yang tinggi menjadikannya begitu kuat. Tidak jarang batu andesit digunakan sebagai fondasi jembatan dan gedung. Batu andesit juga tidak mudah mengalami abrasi (pengikisan oleh air).


Batu andesit juga tahan terhadap segala cuaca lantaran pada proses pembentukannya sudah melewati pendinginan dan beragam tekanan. Warna batu andesit hanya ada 1 macam, yaitu abu-abu tua. Meski terbatas, warna alami batu andesit ini tetap menawan dan memancarkan kesan alaminya.


Permasalahan yang muncul ketika menggunakan batu andesit adalah lumut. Tapi hal masalah ini bisa dicegah dengan cara melapisi permukaan batu andesit dengan finishing khusus. Anda juga bisa menyikat permukaan batu andesit secara berkala untuk menghindari penumpukan lumut.


Anda dapat memanfaatkan batu andesit sebagai latar belakang air terjun mini, dinding kolam ikan, serta area pejalan kaki di sekitar kolam ikan. Apa pun konsep hunian Anda secara keseluruhan, batu andesit akan terlihat alami sempurna karena warnanya netral dan tanpa corak.


Quartzite


Selanjutnya ada quartzite yang tampilannya mirip marmer. Perbedaannya ada pada daya tahan terhadap zat asam, di mana quartzite lebih unggul. Untuk urusan tingkat kekerasan, quartzite lebih unggul daripada granit.


Batu alam quartzite adalah pilihan sempurna untuk menonjolkan nuansa alami di dapur dan kamar mandi. Pasalnya batu ini tahan terhadap zat asam yang biasa terkandung dalam bahan makanan. Pori-pori quartzite juga rapat sehingga tidak mudah menyerap cairan dan noda. Pilihan warna quartzite ada banyak, mulai dari pink, merah, ungu, kuning, hijau, dan biru.


Sandstone


Bagi beberapa orang, aktivitas mandi tidak sekadar momen untuk membersihkan diri. Tapi juga sebagai momen rileksasi. Terkadang momen ini bisa berlarut hingga hitungan jam. Wajar saja jika orang-orang mendesain kamar mandinya senyaman mungkin. Jika Anda ingin menikmati nuansa alami ketika mandi dan rileksasi, silakan gunakan sandstone.


Sandstone memiliki tekstur yang fleksibel. Hal ini menjadikannya mudah dibentuk menjadi benda apa pun. Baik itu cladding pada dinding, niche, atau patung. Meski fleksibel, sandstone tergolong kuat karena tahan terhadap terpaan segala cuaca.


Baca juga: Si Cantik Sandstone, Batu Alam yang Cocok untuk Interior & Eksterior Rumah


Sedangkan tekstur sandstone itu bersifat anti licin. Permukaan yang sedikit kasar membuat kaki telanjang lebih kuat menapak, meski dalam keadaan basah sekali pun. Kriteria ini sangat pas untuk lantai kamar mandi. Jika Anda ingin menggunakan sandstone sebagai pelapis dinding, silakan gunakan finishing polished agar tampil lebih berkilau.


Soal penampilan, batu ini hanya memiliki satu warna yaitu warna khas pasir. Namun Anda tidak perlu khawatir karena warna sandstone tersebut sifatnya netral. Anda bisa memadukannya dengan warna dan untuk konsep interior apa saja.


Onyx


Ingin hunian tampil alami, tapi juga mewah tiada tara? Kalau begitu, kami sarankan untuk menggunakan batu onyx. Batu ini memiliki sifat yang tembus cahaya. Bila diaplikasikan tanpa cahaya, nuansanya mewah dan alami. Begitu dipadukan dengan pencahayaan backlit, tampilannya semakin mewah.


Baca juga: Berkenalan dengan Onyx, Si Cantik Tembus Cahaya


Batu onyx cocok untuk diaplikasikan pada meja bar, dinding, juga headboard. Untuk menonjolkan kesan alami, pilihlah batu onyx yang berwarna cokelat atau hijau. Di antaranya adalah jenis wooden, green, dan multicolor lighting.


Temukan batu alam untuk nuansa alami di Fagetti


Apakah Anda sudah tidak sabar untuk menghadirkan nuansa alami dengan batu alam? Jangan buru-buru! Pertama, Anda perlu mempertimbangkan batu alam apa yang cocok. Jika sudah menemukannya, maka Anda bisa mulai mencari importir batu alam yang terpercaya.


Langkah ini sangat penting untuk menghindarkan Anda dari pembelian batu alam yang kurang berkualitas atau tidak layak pakai. Belum menemukan jawabannya? Serahkan saja ke Fagetti yang sudah bergerak di bidang importir batu alam sejak tahun 1986.


Fagetti menyediakan lebih dari 900 jenis batu alam yang berasal dari seluruh dunia, termasuk yang langka sekali pun. Pilihan Anda tidak terbatas dan impian untuk menghadirkan nuansa alami di rumah pun dapat terwujud.


Selain menyediakan aneka batu alam, Fagetti juga menyediakan layanan jasa potong batu alam ke bentuk yang Anda inginkan. Begitu juga dengan proses pemasangan dan perawatan. Sudah siap untuk #CreateYourPerfection bersama Fagetti? Hubungi Fagetti via WhatsApp dengan klik link berikut ini: Kirim Pesan ke Fagetti.

5 views0 comments

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia