• Fagetti

Tambang Travertine Tivoli yang Sudah Terkenal Sejak Zaman Romawi Kuno

Updated: Jan 6



Italy menjadi rumah bagi berbagai jenis batu alam eksotis. Salah satunya batu travertine dengan pertambangannya yang terkenal di Tivoli. Tambang travertine itu sudah beroperasi sejak zaman Romawi Kuno.


Di negara tersebut, Travertine sebenarnya juga ditambang di daerah lain seperti Tuscany, Marche, Lazio, Campania, Molise. Tetapi kualitas travertine yang berasal dari tambang Tivoli dan Guidonia merupakan yang terbaik. Selain itu, tambang di kawasan yang berdekatan tersebut memiliki cadangan travertine yang berlimpah.


Asal mula nama travertine


Nama travertine juga lahir dari Tivoli. Pada zaman Romawi Kuno, batu alam itu dikenal dengan nama Lapis Tiburtinus atau batu Tibur. Alasan penggunaan nama tersebut sederhana, tambang batu terpenting berada di wilayah kota Tibur nama lain dari Tivoli pada zaman Romawi. Lambat laun, nama batu tersebut berubah menjadi travertine.


Baca juga: Travertine, Batu Alam Nan Eksotis untuk Material Dinding dan Lantai


Batu travertine adalah batugamping yang diendapkan oleh mata air, terutama di sumber mata air panas. Aliran air panas dalam proses pembentukan batu selama ribuan tahun menciptakan lubang-lubang yang tersebar di permukaan batu travertine. Warna batu travertine bervariasi dari putih susu, kuning, coklat tua, abu-abu hingga merah karang.


Arsitektur batu travertine


Bangsa Romawi Kuno menambang travertine untuk membangun kuil, saluran air, monumen hingga kompleks pemandian. Penggunaan batu travertine paling terkenal pada periode Romawi Kuno adalah Amphitheatre, Colosseum. Amfiteater terbesar di dunia ini menggunakan sekitar 100.000 meter kubik batu travertine dari Tivoli. Monumen ini mampu menampung 50.000 hingga 87.000 orang.


Baca juga: 9 Inspirasi Desain Travertine Nan Memesona


Dalam arsitektur modern, batu travertine dapat digunakan untuk semua jenis aplikasi arsitektur seperti bagian struktural, pelapis dinding dan fasad, pelapis lantai, furnitur, patung dan lain-lain. Bangunan travertine yang indah tersebar di beberapa negara seperti Getty Center di Los Angeles, Willis Tower di Chicago, Basilique du Sacre Coeur di Paris dan Hierapolis di Pamukkale Turki.


Jika Anda membutuhkan batu travertine Italy berkualitas, Anda bisa datang ke Fagetti yang membuka butiknya di Mangga Dua, Jakarta dan Cibitung, Bekasi. Segera hubungi lewat WhatsApp 0811-8887-359 untuk membuat janji temu dengan tim marketing Fagetti.

25 views0 comments