• Fagetti

Wujudkan Rumah Mewah dan Berkelas dengan 5 Tips Ini!

Updated: Aug 7

Memiliki rumah mewah dan berkelas adalah impian banyak orang. Sebagaimana diketahui, rumah seringkali menjadi gambaran dari selera dan nilai-nilai yang dianut oleh pemiliknya. Rumah yang mewah dan estetik akan menghadirkan citra bahwa Anda adalah orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai keindahan.


Untuk mewujudkan rumah mewah dan berkelas, ada banyak hal yang harus dilakukan dan harus berfokus pada detail. Setiap inci bagian rumah Anda tidak boleh luput dari perhatian. Jika ingin menghadirkan kemewahan pada rumah, hal-hal berikut dapat Anda jadikan acuan.



1. Pemilihan warna


Hal pertama yang mempengaruhi kesan mewah dan berkelas pada rumah adalah pemilihan warna cat yang digunakan. Warna-warna cerah seperti biru, merah muda atau kuning memang menarik. Namun, Anda tidak dapat menggunakan warna-warna tersebut jika ingin membuat rumah tampak mewah. Anda sebaiknya memilih warna-warna netral dan tampak natural seperti beige, abu-abu muda, atau bahkan hitam dan putih.


Warna-warna netral akan lebih cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai gaya desain dan interior sehingga ruangan tidak terkesan terlalu ramai. Selain itu, pemilihan warna netral juga memberikan kesan kalem sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin menambahkan furnitur dengan desain yang mencolok. Anda juga bisa bebas menambahkan detail yang artistik seperti pajangan dan lukisan tanpa khawatir warnanya bertabrakan.


2. Jendela dan pencahayaan


Jendela adalah bagian yang berperan penting bagi pencahayaan di setiap bangunan, termasuk rumah. Pencahayaan yang baik akan memperlihatkan keindahan interior dan setiap detail yang ada di rumah. Selain itu, sekalipun hunian tidak terlalu luas, hal tersebut akan membantu setiap ruangan terlihat lebih lega. Anda membutuhkan jendela yang besar di setiap ruangan agar semuanya mendapatkan pencahayaan yang baik.


Sebenarnya, keberadaan jendela yang besar di berbagai ruangan, sudah menghadirkan nuansa terang. Untuk menambah kesan mewah pada jendela, Anda dapat menghiasinya dengan tirai jendela yang panjang. Pastikan Anda memilih warna dan motif yang elegan serta memiliki sentuhan kemewahan seperti warna emas atau perak.


Selain jendela, pencahayaan juga dapat dihadirkan dari pilihan warna lampu yang digunakan. Warna lampu yang cenderung kuning redup, adalah warna yang direkomendasikan untuk suasana malam yang terkesan elegan dan mewah.


3. Penggunaan batu alam


Rumah mewah belum lengkap tanpa adanya batu alam sebagai bagian dari interior maupun eksterior. Selain memberikan kesan mewah dan elegan, penggunaan batu alam juga memiliki banyak manfaat untuk hunian. Batuan ini sangat awet dan tahan lama sehingga keindahan bangunan akan terjaga dalam jangka waktu yang panjang.


Anda dapat menggunakan batu alam seperti marmer sebagai pengganti keramik pada lantai. Selain menambah kesan mewah dan berkelas, marmer juga akan memberi nuansa yang sejuk bagi rumah Anda. Dengan penggunaan warna netral pada dinding ruangan, kesan mewah dan elegan akan semakin terasa.


Baca juga: 7 Alasan Memakai Batu Alam untuk Rumah Idaman


Selain marmer, Anda dapat menggunakan batu alam lainnya yaitu granit untuk bagian eksterior rumah Anda. Batuan ini dapat dipasang pada dinding bagian dalam dan luar rumah, atau sebagai tambahan aksen pada tiang-tiang. Batu granit ini juga dapat Anda jadikan pilihan untuk interior dapur yang tidak hanya indah, namun juga kuat dan tahan lama.


4. Detail Interior


Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan untuk membuat rumah tampak berkelas dan estetik adalah detail pada interiornya. Berikut adalah beberapa detail yang dapat diterapkan.


Warna dan aksen pada furnitur


Tidak dapat dipungkiri bahwa emas dan perak adalah dua warna yang kerap memberikan kesan mewah. Anda dapat mengaplikasikan kedua warna ini pada berbagai furnitur dan pajangan ataupun hiasan pada ruangan. Namun, bukan berarti hanya ada dua warna ini pada semua furnitur. Warna emas dan perak yang berlebihan justru akan membuat kesan yang norak dan heboh, alih-alih elegan.


Baca juga: Jangan Salah Pilih! Kenali 5 Perbedaan Marmer dan Keramik


Lampu gantung


Lampu gantung adalah furnitur yang juga menunjukkan selera yang tinggi akan seni dan keindahan. Tidak ada salahnya Anda memilih lampu gantung dengan desain yang glamour dan elegan untuk ruangan-ruangan di rumah.


Jangan lupa untuk mencocokkannya dengan furnitur lain yang telah Anda pilih untuk digunakan. Sementara itu, kuning yang calm dan hangat adalah warna cahaya yang cocok untuk nuansa mewah dan elegan terutama pada malam hari.


Hiasan kaca


Jika rumah tidak terlalu luas, Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan kaca yang besar sebagai hiasan. Agar tetap pada konsep mewah dan elegan, pilihan kaca hias dengan desain yang cocok untuk kesan tersebut.


Selain membuat ruangan terkesan terang, penggunaan kaca juga membuat ruangan tampak lebih luas. Penempatan kaca ini akan sangat efektif jika dilakukan di ruangan yang memiliki banyak furnitur seperti ruang keluarga.


Moulding


Moulding adalah cetakan timbul yang biasa digunakan di setiap sudut seperti sudut antara dinding dan lantai atau dinding dan langit-langit. Penggunaan moulding pada ruangan di rumah Anda akan memberikan aksen dan detail yang membuatnya tampak mewah dan berkelas. Warna yang umumnya digunakan untuk moulding adalah warna putih yang netral dan tidak akan bertolak belakang dengan warna dinding maupun lantai.


5. Taman dan tumbuhan dalam ruangan


Taman adalah salah satu hal yang tidak kalah penting jika Anda ingin mewujudkan hunian yang mewah dan estetik. Adanya taman akan membuat hunian menjadi lebih asri dan indah terutama jika Anda juga memperhatikan detailnya. Salah satu contohnya adalah konsep taman terbuka dengan dekorasi batu alam yang elegan atau kolam ikan hias yang estetik.


Baca juga: Berniat Pasang Lantai Marmer? 7 Hal Penting Ini Wajib Anda Ketahui


Selain itu, jika memungkinkan, Anda juga dapat menempatkan tanaman hidup di dalam ruangan rumah. Baik sebagai hiasan pada sudut tertentu, maupun penempatan dengan konsep indoor garden.


Selain menjadikan ruangan tampak estetik, tanaman hidup juga dapat membuat ruangan menjadi segar. Ada banyak sekali tumbuhan hidup dalam ruangan yang bisa Anda gunakan, terutama tumbuhan-tumbuhan tropis seperti palem hias dan pinus.


Penyedia batu alam terbaik untuk rumah mewah dan berkelas


Seperti yang disebutkan di atas, penggunaan batuan alam adalah salah satu cara agar rumah terlihat mewah dan berkelas. Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikannya, maka Anda dapat menghubungi Fagetti yang merupakan penyedia batu alam terlengkap di Indonesia. Di Fagetti, Anda dapat memilih lebih dari 900 jenis batu alam untuk berbagai keperluan terkait bangunan.


Baca: Marmer Fagetti Menghiasi Proyek-Proyek Prestisius di Indonesia


Melalui #CreateYourPerfection Fagetti tidak hanya menyediakan batu alam seperti marmer dan granit, namun juga melayani mulai dari pemrosesan, instalasi hingga perawatannya. Anda juga dapat menentukan sendiri desain yang Anda inginkan untuk kemudian diolah dengan menggunakan teknologi terkini. Tidak salah lagi, Fagetti dapat menjadi total solution untuk berbagai kebutuhan batu alam demi mewujudkan rumah mewah dan berkelas seperti keinginan Anda.

Copyright © 2020 PT. Fajar Gelora Inti. All rights reserved.

All trademarks are property of their respective owners.

Follow us:

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon

Indonesia